Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

40 Kata Bijak untuk Anak, Memotivasi dan Menyentuh Hati

Ucapkan hal-hal positif untuk anak

Natasha Cecilia Anandita

Kata-kata memiliki kuasa yang sangat kuat. Lewat kata-kata, orang bisa membangun maupun menghancurkan. Jika untuk anak, kita semua pasti ingin memberikan doa dan kata-kata terbaik untuk dirinya. 

Mengucapkan kata-kata bijak dan positif untuknya merupakan suatu doa dan ajaran agar sang anak tumbuh menjadi lebih baik. Berikut ada 40 kata bijak untuk anak yang memotivasi dan menyentuh hati yang telah Popbela kumpulkan dari berbagai sumber. 

Kata bijak untuk anak yang memotivasi

unsplash.com/istockphoto

1. “Setiap orangtua tidak akan ingin anaknya menjadi seperti mereka, tetapi mereka ingin anak-anaknya akan lebih baik dari mereka.”

2. “Kita memang boleh berharap pada sesuatu, tetapi tidak bermimpi kosong. Cobalah untuk menjadikan harapanmu itu menjadi kenyataan.”

3. “Jangan terlalu bergantung kepada keberuntungan, karena keberuntungan tidak akan datang pada orang yang tidak berusaha.”

4. “Jangan takut jika telah membuat kesalahan. Namun, pastikan bahwa tidak melakukannya kembali”.

5. “Tanpa adanya rasa sakit, seorang manusia tidak akan belajar menjadi kuat. Tanpa adanya rasa kecewa, seorang manusia tidak akan belajar menjadi pribadi yang dewasa. Tanpa pernah merasa kehilangan, seorang manusia tidak akan belajar arti sebuah keikhlasan.”

6. “Hidup memang penuh cobaan. Namun, cobalah untuk tetap bersyukur. Hidup yang dipenuhi dengan kesabaran akan selalu berjalan makmur.”

7. “Terima, jalani, nikmati, lupakan, ikhlaskan, dan lalui. Itulah hal-hal yang akan selalu terjadi pada proses kehidupan kita.”

8. “Nak, berjuanglah untuk hal-hal yang memang pantas untuk diperjuangkan. Kini, saatnya untuk menemukan titik terang untuk menjadi pemilih mengenai hal yang ingin kamu perjuangkan.”

9. “Hidup adalah sebuah proses untuk berbenah. Ambilah selalu pelajaran yang dapat membantu kamu semakin bijaksana ketika mengambil langkah.”

10. “Jadilah pribadi yang menyenangkan. Sebarkanlah senyuman dan jagalah lisan agar tidak melukai hati orang lain.”

Kata bijak untuk anak yang menyentuh hati

unsplash.com/istockphoto

1. “Ketika semua orang menjauh karena kesalahanmu, seorang ibu tidak akan pernah melakukan itu dan akan tetap bersamamu.”

2. “Menjadi ibu yang sempurna memang mustahil, tetapi seorang ibu tentu akan berusaha menjadi ibu terbaik untuk anak-anaknya.”

3. “Ketika hidupmu bahagia, ibu tidak akan pernah meminta untuk membagi kebahagiaanmu kepadanya. Namun, ketika kamu terluka, ibu ingin kamu selalu datang karena ibu akan selalu menerima bagian dari lukamu.”

4. “Nak, ingatlah selalu Tuhan-mu, terutama di masa senangmu. Maka, ketika kamu berada di masa sulit, Tuhan akan memudahkan jalannya.”

5. “Setiap ibu akan berjuang untuk memberi kebahagiaan pada anaknya. Sekalipun ia harus mengorbankan kebahagiaannya sendiri.”

6. “Jika kamu sedang sedih, ingatlah bahwa keluarga adalah tempat untuk kamu kembali.”

7. “Saat diri sudah lelah, hati sudah patah dan hidup terasa tidak berarah, ibu akan tetap ada untukmu.”

8. “Kehidupan memang akan selalu memberi  banyak ujian. Namun, doa dari ibu juga akan selalu menguatkan.”

9. “Nak, yakinlah bahwa tidak ada satu hal pun yang akan hilang dari dirimu. Semua itu pasti akan ada penggantinya. Tuhan akan selalu mengganti sesuatu yang hilang menjadi sesuatu yang lebih baik."

10. “Syukurilah setiap apa yang kamu miliki nak. Jangan pernah membandingkan dengan orang lain.”

Kata bijak untuk anak dengan bahasa Inggris

unsplash.com/istockphoto

1. "Find your passion. Look for what inspires you. Find what you love to do and pursue it with all your heart. You may well find a way how to make money from doing it."
(Temukan gairahmu. Carilah apa yang menginspirasimu. Temukan apa yang kamu sukai dan kejar dengan sepenuh hati. Kamu mungkin akan menemukan cara bagaimana menghasilkan uang dari melakukannya.)

2. "Love hurts. But it is so much better than closing yourself off for fear of being hurt and not experiencing love."
(Cinta memang menyakitkan. Tapi, lebih baik daripada menutup dirimu karena takut untuk tersakiti dan tak pernah merasakan cinta)

3. "Never compare yourself to others. It's a waste of energy. You are unique and have your own gifts to offer the world."
(Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Itu hanya menghabiskan tenaga. Kamu adalah anakku yang unik dan memiliki bakat sendiri untuk ditawarkan kepada dunia.)

4. "Be grateful. List the things you are grateful for everyday."
(Bersyukurlah. Buatlah daftar hal-hal yang kamu syukuri setiap hari.)

5. "Expect to fail. Failure is not fatal. Learn the lessons, then get back up and try again. Have outrageous dreams. You'll be amazed at what comes true."
(Jangan ragu untuk gagal. Kegagalan bukanlah hal yang fatal. Pelajari pelajarannya, lalu bangkit dan coba lagi. Milikilah mimpi yang besar. Kamu nantinya akan kagum dengan apa yang menjadi kenyataan.)

6. "We are always proud of you, no matter what the result."
(Kamu selalu bangga padamu, meski kamu tak menjadi juaranya.)

7. "How much I love you can never change. You do not have to win for me to love you more than I could ever tell you."
(Betapa ibu mencintaimu tidak pernah bisa berubah. Kamu tidak harus menjadi pemenang untukku, ibu mencintaimu lebih dari yang bisa ibu katakan kepadamu.)

8. "Nobody is great at a new activity when they first begin. But by working hard, you can become the best you can be."
(Tidak ada seorang pun yang hebat dalam aktivitas yang baru pertama kali dicobanya. Tetapi dengan bekerja keras, kamu bisa menjadi yang terbaik dari yang kamu bisa.)

9. "This may seem difficult right now, but once you’ve worked through it, you’ll feel much better."
(Ini mungkin tampak sulit saat ini, tetapi setelah kamu berhasil melewatinya, kamu akan merasa jauh lebih baik.)

10. "Life is not easy, but you are a loving person who is loved in return. That is the most important thing."
(Hidup itu tidak mudah, tetapi kamu adalah orang yang penuh kasih dan amat dicintai. Ingatlah hal yang penting ini.)

Kata bijak untuk anak penuh kasih

unsplash.com/istockphoto

1. “Cinta dari orangtua adalah hal yang paling menenangkan. Meskipun tak banyak wujud, tetapi akan meneduhkan seluruh hati.”

2. “Tidak ada manusia yang akan menyayangi kamu lebih dari seorang ibu. Ia akan tetap rela menyayangimu, meskipun bukan ibu yang paling kamu sayangi.”

3. “Anakku, jangan bersedih meskipun ibu tidak cukup waktu untuk memelukmu, yang harus kamu tau adalah hati ibu akan selalu memelukmu sepanjang waktu.”

3. “Cinta seorang ibu seperti kehidupan ini, tidak perlu diminta, ia pasti datang dengan sendirinya.”

4. “Nak, cintaku padamu jauh lebih kuat dari sebuah besi. Kasihku padamu jauh lebih lebut dari sebuah bulu.”

5. “Besarnya cintaku padamu dapat membentang dunia berkali lipat. Bahkan ketika dunia sedang tidak berpihak padamu, cintaku akan tetap terbentang luas.”

6. “Sejak kamu lahir ke dunia, ibu merasa bahwa kamu seperti matahari yang dapat menyinari seisi bumi ini.”

7. “Cinta seorang ibu adalah cinta yang sepatutnya diteladani. Ia banyak memberi tanpa meminta balasan.”

8. “Orangtua adalah tempat seorang anak untuk berlindung dari segala hal yang tidak menyenangkan.”

9. "Saat semua orang menghina dan menjauhimu karena kekalahanmu, tapi saat itu ibumu tidak pernah menjauh atapun malu untuk tetap bersamamu."

10. "Ibu yang sangat mencintaimu mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum engkau katakan."

Itulah 40 kata bijak untuk anak yang memotivasi dan menyentuh hati. 

IDN Media Channels

Latest from Single