Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Coba Hal Unik, Ini 8 Cara Menghibur Diri Sendiri Saat Sedang Bad Mood

Coba sendiri maupun dengan orang lain

Natasha Cecilia Anandita

Saat merasa sedih atau down, cara terbaik untuk menghibur dan menyemangati diri sendiri bisa dengan menemukan aktivitas yang seru dan menawarkan rasa pencapaian yang memuaskan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghibur diri sendiri saat sedang bad mood

Mulai dari melibatkan keluarga atau teman-temanmu, atau melakukan sesuatu seru sendiri. Berikut ada beberapa cara menghibur diri sendiri yang bisa kamu coba lakukan yang telah Popbela rangkum dari beberapa sumber. 

1. Jalan-jalan santai

unsplash.com

Saat bosen atau sedang bad mood, kadang melakukan aktivitas fisik menjadi cara yang bisa menghibur. Ini melepaskan endorfin yang membuatmu lebih bahagia. Tapi, kalau kamu bukan seseorang yang suka atau sering olahraga, cukup jalan-jalan santai juga bisa menghibur.

Kamu bisa membawa anabulmu sekalian atau hanya berjalan sendiri menikmati suasana. Tempat yang bisa kamu kunjungi mungkin, mengelilingi kompleks atau lingkungan rumah, taman atau tempat jogging yang teduh dengan banyak tanaman, menyusuri pantai, atau mungkin di trotoar jalanan dengan view gedung tinggi yang indah. 

2. Mengunyah permen karet

freepik.com

Mengutip dari Best Life, sebuah studi yang diterbitkan dalam Psychiatry and Clinical Neurosciences menemukan bahwa mengunyah permen karet beraroma dapat memicu keadaan "konsentrasi santai" seperti saat sedang bermeditasi. Rasa peppermint, khususnya, meningkatkan fungsi kognitif dan ternyata memiliki efek relaksasi mental. 

3. Bertemu atau berbicara dengan temanmu

unsplash.com/istock

Saat sedang bad mood, menelepon atau bertemu temanmu adalah cara yang bagus untuk menghibur diri sendiri. Bercakap-cakap dengan mereka membuat suasana hatimu lebih membaik karena bisa meluapkan isi hatimu. Pastikan teman yang kamu hubungi adalah seseorang yang umumnya positif, suka menularkan kebahagiaan, dan bisa mengerti serta menjadi pendengar yang baik untukmu. 

4. Bernyanyi

unsplash.com/istock

Tak hanya mendengarkan lagu saja, bernyanyi bisa menjadi cara menghibur diri sendiri. Bernyanyi membutuhkan postur tubuh yang baik dan pernapasan dalam yang teratur, yang keduanya dapat meningkatkan mood.

Selain itu, bernyanyi juga mengurangi stres, meningkatkan endorfin, dan melepaskan oksitosin, menurut terapis musik, Melissa Wenszell. Gabungan semua hal ini membuat bernyanyi menjadi cara yang bagus untuk menempatkan dirimu dalam suasana hati yang baik.

5. Pose berdiri tegak

bestlifeonline.com

Jika kamu merasa sedih, cobalah berdiri atau duduk tegak, dengan bahu ke belakang dan kepala ke atas, alih-alih membungkuk dengan tangan bersilang di depan dada. Sikap semacam ini disebut "pose kekuatan", dan sebenarnya dapat membuat kamu merasa lebih kuat.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry menyebut semakin ceria (alias lebih tegak) jalan mereka, semakin positif ingatan para peserta tentang pengalaman itu. Duduk tegak akan menghasilkan kepercayaan diri yang lebih besar—itu adalah emosi positif, suatu bentuk kebahagiaan.

6. Retail therapy

unsplash.com/istock

Belanja menjadi salah satu kegiatan yang bisa menghibur dirimu. Retail therapy adalah saat kamu berbelanja dengan tujuan utama membuat dirimu merasa lebih baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa 62% pembeli membeli sesuatu untuk menghibur diri. Sebanyak 28% lainnya melakukan pembelian untuk merayakan sesuatu.

Mengutip dari WebMD, ada manfaat psikologis untuk berbelanja. Pertama, ini membantu kamu merasa memegang kendali. Para ahli mengatakan bahwa tindakan membuat pilihan saat berbelanja dapat memulihkan perasaanmu untuk mengendalikan hidupmu.

Kedua membawa kebahagiaan. Kamu bisa mendapatkan dorongan emosional dan psikologis dengan mengunjungi toko atau bahkan menjelajah barang secara online. Nggak perlu membeli, melakukan window shopping atau mengisi keranjang online saja, bisa membuat kamu lebih baik.

7. Mewarnai atau menggambar

unsplash.com/istock

Studi menunjukkan bahwa ada hubungan antara seni dan penyembuhan untuk mengembalikan keseimbangan emosional seperti yang dijelaskan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health.

Melukis, menulis, menggambar, mewarnai bisa jadi jalan keluar yang positif untuk melepaskan tekanan emosional, melatih otot kreatif, sampai meningkatkan suasana hati. Studi yang sama juga melaporkan bahwa hanya mengamati sesuatu yang kreatif aja dapat mengangkat semangatmu. 

8. Lakukan kebaikan

freepik.com

Melakukan hal yang baik untuk orang lain juga bisa membuat kamu merasa lebih baik dan terhibur. Contohnya bisa dengan membelikan kopi untuk orang asing, donasi untuk amal, masak makan malam untuk teman atau keluarga. Sikap baik seperti ini meningkatkan kebahagiaanmu, menurut sebuah studi kecil dari Nature Communications. Sebuah teori menyebut bahwa tindakan ini membuat kamu lebih bahagia adalah karena hal itu menarik kamu keluar dari fokus mengkhawatirkan diri sendiri.

Itulah 8 cara menghibur diri sendiri saat sedang bad mood atau down. Mau coba, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single