Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bentuk Self-Love, Ini 10 Alasan Kamu Harus Kencan dengan Diri Sendiri

Ungkapan kasih sayang pada diri sendiri

Natasha Cecilia Anandita

Nge-date atau dating biasanya dikaitkan dengan berpacaran atau bersenang-senang dengan orang lain yang disebut pasangan. Tapi, ini juga bisa, lho, dilakukan nggak hanya dengan pacar atau suamimu. Misalnya, dengan sahabat, saudara, ibu atau ayah. 

Selain dengan orang lain, kamu juga bisa dating dengan dirimu sendiri. Daripada mengasihani diri sendiri dan meratapi kejombloanmu, lebih baik bersenang-senang dengan dirimu sendiri. 

Ini hal yang mengasyikkan, lho, Bela. Ada banyak hal bermanfaat yang bisa kamu ambil juga. Bagi kamu yang belum pernah mencoba dan merasa awkward kalau bepergian sendiri, berikut ada 10 alasan yang bisa kamu pertimbangkan mengapa kamu harus nge-date sama dirimu sendiri melansir dari Bolde!

1. Bentuk dari perawatan diri

pexels.com/Rodnae Productions

Kamu perlu self care atau perawatan diri, hal ini bisa menjadi bagian untuk melakukan itu. Merawat diri sendiri penting untuk kesejahteraanmu secara keseluruhan. Dengan nge-date sama diri sendiri, kamu bisa melakukan perawatan diri dan menunjukkan cinta sekaligus penghargaan pada dirimu.

Kamu itu hebat dan pantas untuk dirayakan. Namun, tak perlu pasangan romantis untuk mewujudkannya. Menghormati nilai positif dalam dirimu adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menemukan kepuasan bahkan saat kamu single.

2. Kamu bisa melakukan apa yang kamu inginkan

unsplash.com/istockphoto

Saat berkencan, kamu memiliki kebebasan untuk memilih dengan tepat apa yang ingin kamu lakukan. Apakah itu pergi ke bioskop, berjalan-jalan di taman, atau mencoba restoran baru, kamulah yang memutuskannya.

Mungkin menyenangkan ketika orang lain yang merencanakan kencan, tetapi kadang ada hal yang kamu inginkan tapi tak terungkap karena terlalu malu untuk mengatakannya. Saat dengan dirimu sendiri, kamu akan lebih leluasa dan memilih apa yang kamu mau.

3. Lebih percaya diri

unsplash.com/istockphoto

Berkencan dengan diri sendiri dapat membantu kamu merasa lebih percaya diri dan memberdayakan diri. Ini membuktikan bahwa kamu mampu menikmati kebersamaan dengan dirimu sendiri dan bersenang-senang tanpa bergantung pada orang lain. Jujur aja, rasanya enak banget!

4. Cara yang bagus untuk mencoba hal-hal baru

unsplash.com/istockphoto

Saat berkencan, kamu memiliki kesempatan untuk mencoba hal-hal baru yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya. Kamu dapat menjelajahi lingkungan baru, mencoba makanan baru, atau menonton film baru yang mungkin belum pernah kamu tonton bersama orang lain. Selain itu, kamu terhindar dari rasa bosan atau terjebak dalam rutinitas.

5. Fokus pada diri sendiri

unsplash.com/istockphoto

Saat berkencan dengan orang lain, terkadang perhatian dan fokusmu hanya pada kebutuhan dan keinginan si dia dan mengorbankan dirimu. Tapi, saat kamu berkencan dengan diri sendiri, kamu bisa fokus sepenuhnya pada diri sendiri dan kebutuhanmu. 

6. Kesempatan untuk memutuskan hubungan

unsplash.com/istockphoto

Di dunia yang sibuk saat ini, mungkin sulit untuk memutuskan koneksi dari teknologi atau dunia maya. Saat kamu mulai berkencan dengan diri sendiri, kamu memiliki kesempatan untuk menyingkirkan smartphone-mu dan hidup di dunia nyata. Terutama bagi kamu yang sangat sibuk, hal ini patut kamu lakukan setidaknya sekali dalam seminggu. 

7. Cara yang bagus untuk menghilangkan stres

unsplash.com/istockphoto

Hidup terkadang membuat stres dan kamu perlu bersantai. Berkencan dengan diri sendiri bisa menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan menyegarkan diri. Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, kamu dapat mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

8. Kamu bisa mengenal dirimu lebih dalam

unsplash.com/istockphoto

Menghabiskan waktu sendirian dan melakukan hal-hal yang kamu sukai dapat membantumu belajar lebih banyak tentang diri sendiri. Kamu mungkin menemukan minat, hobi, atau aktivitas baru yang bahkan tidak kamu sadari. Ini juga membantu menyadari bahwa kamu sebenarnya adalah teman yang cukup hebat. Ada banyak hal untuk dicintai tentangmu.

9. Sangat menyenangkan

unsplash.com/allef-vinicius

Bukan hanya memberdayakanmu, nge-date dengan diri sendiri juga bisa menyenangkan! Kamu dapat melakukan sesuatu yang istimewa untuk diri sendiri dan menikmati me time yang berkualitas.

10. Sebagai tindakan mencintai diri sendiri

unsplash.com/jackson-david

Terakhir dan paling penting, berkencan dengan diri sendiri adalah sebuah tindakan mencintai diri sendiri. Dengan menunjukkan kepada diri sendiri bahwa kamu layak mendapatkan waktu, perhatian, dan kepedulian yang berkualitas, kamu memperkuat hubungan dengan diri sendiri dan membangun fondasi harga diri serta rasa hormat yang tidak bisa dihancurkan.

Itulah 10 alasan mengapa kamu harus kencan dengan dirimu sendiri dan nggak perlu selalu nge-date dengan orang lain. Berani coba?

IDN Media Channels

Latest from Single