Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Ciri-Ciri Orang Iri Hati dan Dengki Padamu, Hati-Hati!

Perkataannya jangan dimasukkan ke dalam hati

Nafi' Khoiriyah

Merasa iri dengan pencapaian orang lain dalam taraf yang wajar mungkin tidak begitu masalah. Namun, jika sifat iri itu dibiarkan sampai menyimpan dengki pada seseorang maka akan menjadi masalah yang serius. 

Sebab, sifat iri dan dengki tersebut akan membuat hubungan pertemanan antara dua pihak menjadi tidak sehat. Apalagi jika perkataan yang keluar dari orang yang iri dengki tersebut memengaruhi keberhasilanmu. 

Supaya kamu lebih berhati-hati dengan orang semacam itu, ciri-ciri orang iri hati dan dengki berikut ini perlu diketahui. 

1. Mereka memberikan pujian palsu

unsplash.com/Brooke Cagle

Ciri-ciri orang iri hati dan dengki yang pertama adalah menunjukkan pujian yang palsu. Mereka mencoba menyembunyikan emosi berupa iri dan dengki dalam hatinya dengan menunjukkan kegembiraan dan penghargaan. 

Namun, kamu akan melihat bahwa ucapan dan pujian yang keluar tidak sesuai dengan bahasa tubuh mereka. Jadi, dapat diketahui bahwa orang tersebut menunjukkan pujian sebagai formalitas saja seperti orang lain memberikan selamat kepadamu. 

2. Mereka sering membandingkan dirinya denganmu

pexels.com/olia danilevich

Saat merasa iri dengan orang lain, mereka akan mencoba membandingkan diri mereka dan menemukan kesalahan pada dirimu. Seolah-olah, semua yang kamu capai selama ini hanyalah keberuntungan dan bukan hasil perjuanganmu. 

Bahkan, mereka tidak akan segan untuk menunjukkan kelemahanmu dan membandingkannya dengan orang lain yang lebih baik. Sebab, orang tersebut menganggap semuanya sebagai persaingan. 

Jadi, keberhasilan yang kamu dapatkan seolah-olah telah merenggut miliknya. Keberhasilan itu juga dipandang sebagai kegagalan untuknya.

3. Mereka sering membicarakan pencapaiannya

pexels.com/Christina Morillo

Selain tidak senang mendengarkan pencapaian orang lain, ciri-ciri orang iri hati dan dengki juga sering membanggakan pencapaiannya sendiri. Saat kamu berbicara dengannya, mereka akan mengalihkan pembicaraan tentangmu dengan memusatkan obrolan pada dirinya sendiri. 

Sebab, mereka merasa seolah-olah terancam dengan seseorang yang lebih baik dari mereka. Dalam pikirannya, orang tersebut merasa harus berada di atas orang lain dan menjadi lebih baik dari kebanyakan orang. 

Hal itu dilakukannya agar mereka nyaman dan puas dengan diri mereka sendiri saat prestasi dan pengalamannya lebih unggul dari orang lain. 

4. Mereka meremehkan pencapaianmu

pexels.com/ELEVATE

Orang yang iri dan dengki sering merasa bahwa diri mereka tidak cukup baik. Mereka merasa kesuksesan orang lain merenggut kesuksesannya. Padahal, kenyataannya tidak demikian. 

Maka dari itu, dengan cara meremehkanmu, mereka akan merasa dirinya lebih baik. Jika kamu menerima pujian dari orang lain, orang itu akan memiliki cara lain untuk menimpalinya. Pujiannya yang tidak tulus pun akan terlihat dari bahasa tubuhnya. 

5. Mereka sering memotong pembicaraan

unsplash.com/Jarritos Mexican Soda

Salah satu ciri-ciri orang iri hati dan dengki yang tanpa sadar sering ditemui adalah sering memotong dan mengubah topik pembicaraan. Biasanya, mereka akan tiba-tiba menyela saat kamu mencoba berbagi tentang kesuksesan atau pencapaianmu. 

Mereka akan terlihat tidak antusias dan justru mengalihkan pembicaraan pada topik yang lainnya. Sebab, mendengarkan orang berbicara tentang pencapaiannya bisa memicu rasa cemburu dan mengingatkan mereka dengan kekurangannya sendiri. 

Jadi, alih-alih senang dengan pencapaian orang lain, mereka justru memusatkan pikiran pada kekurangan diri sendiri. Hal itu akan membuatnya tidak nyaman sampai-sampai tidak tahan mendengarkan ucapan orang lain. 

6. Mereka melontarkan pertanyaan yang sensitif

unsplash.com/Alexis Brown

Bukan hanya memotong pembicaraan saja, orang yang pada dasarnya sudah bermasalah akan menanyakan pertanyaan yang tidak nyaman atau sensitif kepadamu. Mulanya, orang tersebut mungkin tampak antusias dengan obrolannya denganmu. 

Namun, sikap antusias tersebut kemudian menjadi terasa tidak nyaman karena pertanyaan yang mereka lontarkan kepadamu. Hal itu mereka lakukan untuk menggoyahkan kepercayaan dirimu. Sebab, orang iri dan dengki tidak akan membiarkan orang lain tampak percaya diri dan bahagia. 

7. Mereka suka bergosip tentangmu

unsplash.com/Ben White

Saat bersamamu, ia mungkin akan menunjukkan pujian dan penghargaan atas pencapaianmu. Namun di balik itu, ia akan mulai membicarakan kekurangan dan kelemahanmu dengan orang lain.

Biasanya, ciri-ciri orang iri hati dan dengki ini akan kamu ketahui dari orang ketiga yang mendengar gosip tentangmu. Jika sudah seperti itu, maka sebenarnya apa yang dilakukannya tidak ada hubungannya denganmu.

Kebiasaan buruk bergosip dan menjelek-jelekkan orang lain itu sudah tertanam pada diri mereka.

8. Mereka sering mencurigai orang lain

unsplash.com/Trung Thanh

Bukan hanya padamu saja, orang yang memiliki sifat iri dan dengki juga akan sering mencurigai dan tidak percaya kepada orang lain di sekitarnya. Hal itu dilakukannya karena merasa tidak aman pada diri mereka sendiri. 

Jika kamu sering mendengar ucapan curiga itu, maka cobalah untuk melihat dengan lebih jernih. Sebab, kecurigaan yang diucapkan oleh orang yang iri dan dengki bisa jadi tidak berdasar dan tidak masuk akal. 

9. Mereka membuatmu merasa buruk dengan pencapaianmu

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Orang yang iri dan dengki akan melakukan apa saja untuk membuatmu merasa buruk terhadap diri sendiri. Bahkan, pada saat kamu sukses sekalipun, mereka terlihat mengabaikanmu dan menunjukkan ketidaksukaan mereka. 

Meskipun seolah-olah kamu disalahkan, tetapi sebetulnya orang tersebut hanya cemburu denganmu. Maka dari itu, jangan biarkan orang semacam itu menjatuhkanmu. Sadari bahwa ucapan dan tindakannya adalah cara untuk mereka merasa lebih baik tentang dirinya sendiri. 

10. Mereka mendemotivasi kamu

unsplash.com/Abo Ngalonkulu

Ciri-ciri orang iri hati dan dengki yang terakhir adalah mereka sering mendemotivasi kamu. Orang tersebut mungkin akan terlihat mendukung dan memberi semangat pada awalnya.

Namun seiring berjalannya waktu, ia justru akan menanamkan keraguan dalam dirimu. Jika kamu merasa ucapannya justru menghalangi langkahmu, maka kemungkinan besar orang itu iri kepadamu. 

Maka, saat kamu menemui orang yang sering meragukan kemampuanmu seperti itu, sebaiknya segera menjauh. Sebab jika tidak, bisa jadi ucapannya akan membuatmu tidak termotivasi dan merasa tidak percaya diri.

Demikian sepuluh ciri-ciri orang iri hati dan dengki yang perlu kamu sadari. Semoga kita dihindarkan dari orang semacam ini dan didekatkan dengan teman-teman yang baik ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single