Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Indonesia Bertema Keluarga yang Bisa Kamu Tonton

Menghangatkan hati dan memberikan pelajaran hidup.

Gita Laras

Film tentang keluarga selalu memberikan kesan tersendiri bagi penontonnya. Ada yang membuat haru dan menghangatkan hati, hingga memberikan pesan mendalam tentang kehidupan. 

Berikut ini ada 10 daftar film Indonesia yang latar belakang ceritanya membahas tentang hubungan keluarga. Mungkin bisa menjadi rekomendasi tontonan untuk kamu.

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Diangkat dari buku dengan judul yang sama, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) bercerita tentang keluarga Narendra yang bahagia. Kakak beradik Angkasa, Aurora, dan Awan juga terlihat kompak dan saling mendukung satu sama lain. 

Namun, di balik itu semua, keluarga ini memiliki rahasia dan pernah mengalami duka mendalam. Film NKCTHI mengajak penonton untuk saling terbuka dengan orang yang disayangi, juga belajar bagaimana menghadapi kehilangan dan bangkit kembali.

2. Dua Garis Biru

Cerita berpusat pada kehidupan Bima dan Dara yang berusia 17 tahun. Mereka melakukan hubungan seks di luar nikah hingga Dara hamil. Kehidupan Dara dan Bima pun berubah setelahnya. Selain masalah sekolah, mereka juga harus menghadapi konflik keluarga. Dalam film ini kita akan melihat bagaimana dinamika hubungan Dara dan Bima dengan keluarganya.

3. Susah Sinyal

Ellen adalah seorang pengacara sukses dan single mother. Kesibukannya di kantor membuat Ellen jarang menghabiskan waktu dengan putrinya, Kiara. Ini membuat hubungan mereka renggang dan membuat Kiara tumbuh sebagai remaja pemberontak. 

Setelah ibunya meninggal, Ellen mengajak Kiara berlibur ke Sumba untuk mengatasi kesedihan mereka berdua. Melalui liburan ini, Ellen dan Kiara memiliki banyak waktu bersama dan mulai memahami satu sama lain

4. Keluarga Cemara

Abah mendadak bangkrut akibat hutang perusahaan yang disebabkan oleh kakak iparnya. Abah, Emak, Euis, dan Ara harus pindah ke desa kecil yang jauh dari kota dan tinggal di rumah warisan orang tua Abah. 

Mereka pun harus menyesuaikan diri dengan kehidupan baru yang sangat berbeda dengan sebelumnya. Meski berada di tengah kekurangan dan keterbatasan, Abah, Emak, Euis, dan Ara menemukan arti penting keluarga.

5. Sabtu Bersama Bapak

Gunawan Garnida menderita kanker dan hidupnya divonis tidak akan lama lagi. Ini membuat Gunawan sedih karena tidak bisa menemani kedua anaknya tumbuh dewasa. Ia pun memutuskan untuk merekam video berisi pesan-pesan dan cerita untuk anaknya. Setelah Gunawan meninggal, video tersebut rutin ditonton setiap hari Sabtu usai mereka pulang sekolah.

6. Tersanjung The Movie

Baru saja dirilis di Netflix, film ini bercerita tentang kehidupan Yura yang malang. Meski membahas tentang persahabatan dan kisah cinta segitiga, unsur keluarga pada Tersanjung The Movie ini juga cukup banyak. Bagaimana Yura mengikhlaskan kematian ibu kandungnya, memaafkan ayahnya, serta bisa berdamai dengan ibu tirinya membuat penonton terharu.

7. Lovely Man

Cahaya, gadis berusia19 tahun berusaha mencari ayahnya di Jakarta. Mereka berpisah sejak Cahaya berusia empat tahun. Setelah bertemu, Cahaya mendapati kenyataan bahwa ayahnya sekarang menjadi seorang transgender. Pertemuan Cahaya dengan ayahnya membuka kembali percakapan di antara mereka yang telah terputus selama 15 tahun.

8. Cek Toko Sebelah

Kesehatan Koh Afuk semakin memburuk karena faktor usia. Ia pun ingin mewariskan toko sembakonya kepada Erwin. Namun, Erwin sudah memiliki kariernya sendiri dan tidak begitu ingin melanjutkan usaha sang ayah. 

Di sisi lain, Yohan, kakak Erwin, merasa kecewa kepada sang ayah yang dianggapnya pilih kasih. Sebagai anak tertua, ia merasa berhak meneruskan toko tersebut. Meskipun terlihat penuh konflik, film ini dibumbui dengan komedi sehingga membuat kamu tertawa sekaligus terharu.

9. Tampan Tailor

Topan, seorang penjahit baru saja kehilangan istrinya dan hidup dalam kekurangan. Anaknya, Bintang, dikeluarkan dari sekolah karena tidak ada biaya. Meski begitu, Topan tidak menyerah. Ia mencoba segala pekerjaan untuk menyambung hidup dan membahagiakan Bintang. Film ini mengajarkan kepada kita untuk tidak kehilangan harapan meski keadaan sangat sulit.

10. Kulari Ke Pantai

Film ini bercerita tentang dua saudara sepupu, Sam dan Happy. Mereka memiliki karakter berbeda sehingga sulit akur. Suatu hari, Sam dan Happy liburan bersama dan melakukan perjalanan darat ke beberapa tempat di Pulau Jawa. 

Melalui perjalanan ini, Sam dan Happy belajar untuk saling mengenal. Banyak juga hal-hal menarik yang mereka temukan selama di perjalanan!

Itulah 10 rekomendasi film Indonesia bertema keluarga terbaik yang bisa kamu tonton. Kamu juga bisa mengajak keluarga kamu untuk menyaksikannya bersama-sama lho, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single