Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Alasan Cowok Ganteng Tapi Jomblo, Pilihan atau Memang Nasib?

Kadang-kadang bikin kamu penasaran nggak, sih?

Fithriyah Saiidah

Cowok ganteng sering dinilai dan identik dengan label playboy, karena banyak yang mengira dengan ketampanan itu bisa menarik hati banyak perempuan untuk dimilikinya. Namun, pernah lihat cowok ganteng belum punya gandengan alias jomblo? Ternyata nggak sedikit, lho, cowok ganteng tapi jomblo atau berstatus single.

Walaupun kalau dari segi ketampanan, tampilan, hingga gaya berjalan si dia paling keren dibandingkan cowok lain, bisa jadi saat ditanya dia masih berstatus single. Kadang memang membuat heran, sih, kenapa ya cowok ganteng masih jomblo? Bagi perempuan rasanya jadi ingin nembak duluan, sedangkan bagi laki-laki jadi bikin iri karena ingin merasa dikejar-kejar juga.

Banyak yang bilang sifat cantik dan ganteng itu relatif, tapi tentunya bisa dibedakan, ya. Ganteng juga bukan hanya dari fisik, lho. Berikut 5 ciri-ciri cowok ganteng menurut netizen:

  1. Ganteng karena sifatnya yang baik dan sopan
  2. Cowok bertubuh tinggi dan bugar
  3. Cowok yang ramah dan banyak senyum
  4. Ganteng karena pemberani
  5. Terlihat ganteng dari pakaian yang cocok dipakainya

Setuju sama ciri-ciri cowok ganteng di atas? Kalau kurang bisa tambahkan versi ganteng darimu, ya. Sekarang, kalau ditanya apa, sih, alasan cowok ganteng tapi jomblo, yuk simak tulisan di bawah ini!

1. Orangnya pemalu

pexels.com/RODNAE Productions

Alasan cowok ganteng jomblo yang pertama bisa jadi karena dia pemalu. Banyak yang beranggapan cowok ganteng ternyata kurang memiliki kepercayaan diri dibanding cowok lainnya untuk mendekati seseorang yang dicintai. 

Agak lucu ya alasannya, tapi bisa juga cowok ganteng jomblo karena dia benar-benar seorang pemalu yang belum berani mengungkapkan perasaannya langsung ke cewek. Hmm, kalau begini, hubungan asmara nggak akan terjalin sampai ada cewek yang lebih aktif dan sedikit berani untuk jujur mengungkapkan rasa cintanya duluan.

2. Belum bisa move on

pexels.com/Lena Sjo

Ternyata cowok juga punya sisi lembut dalam hatinya. Jadi jangan heran kalau belum bisa move on menjadi alasan cowok ganteng tapi jomblo. Bisa jadi karena dia memiliki luka lama yang belum dilupakan. Di satu sisi lainnya, dia tak ingin melukai pacar barunya jika dia masih belum melupakan seseorang sepenuhnya.

Kalau ini yang menjadi alasan cowok jomblo, akan sulit bagi kamu memaksakan diri untuk mendekatinya atau berusaha membuat dia melupakan mantan kekasihnya. Selain itu, nggak perlu bertanya-tanya juga akan mantan kekasihnya, bisa-bisa dia malah makin susah move on.

3. Banyak pekerjaan

pexels.com/cottonbro

Alasan yang sering diungkapkan bagi cowok ganteng jomblo adalah karena banyak pekerjaan. Cowok ganteng tentunya memiliki standar yang tinggi juga dalam mencapai kesuksesan. Dia nggak akan mudah melirik perempuan yang ada di kanan dan kirinya hanya untuk dipermainkan. 

Cowok ganteng tapi jomblo karena banyak pekerjaan, akan cenderung fokus terhadap apa yang sudah dia targetkan. Bukan karena nggak laku, tapi cowok ganteng jomblo ini sedang mempersiapkan suatu hal yang besar dengan matang. Kadang mereka memang akan buat kejutan ketika dirinya sudah merasa sukses. Mungkin akan memilih langsung menikah dan nggak neko-neko dalam hubungan asmara.

4. Punya standar tinggi dalam memilih pasangan

Pexels.com/Mentatdgt

Cowok ganteng tentunya juga punya standar yang tinggi dalam memilih pasangan. Nggak hanya cantik, tentunya juga harus didukung dengan emosional yang baik dan kemampuan-kemampuan komunikasi dalam menjaga hubungan asmara yang lebih serius. 

Cowok yang seperti ini tidak akan mudah membuat komitmen dengan seseorang yang bukan menjadi standarnya. Dia juga akan berusaha kuat untuk selalu menjaga perasaannya agar tidak mudah jatuh hati ke orang yang salah. Tentunya ada beberapa kriteria cewek idaman bagi cowok ganteng dengan standar tinggi seperti ini.

5. Enggan berkomitmen

pexels.com/Andrea Piacquadio

Jangan kaget, memang ada, kok, tipe cowok ganteng jomblo yang memutuskan untuk tetap single, karena dia enggan berkomitmen. Setiap kali menjalin hubungan, dia selalu senang saat masih ada di fase pacaran, tapi begitu bicara serius soal pernikahan, biasanya dia langsung melarikan diri.

Alasan cowok enggan berkomitmen juga macam-macam. Bisa jadi dia sangat menikmati masa bujangnya, masih suka bersenang-senang tanpa kenal waktu, bisa dekat dengan banyak perempuan tanpa harus punya tanggung jawab perasaan, dan dia percaya kalau menjadi single lebih baik daripada terikat dalam pernikahan.

6. Kurang pergaulan

pexels.com/Daffa Rayhan Zein

Kurang pergaulan dan tidak memiliki teman bisa menjadi penyebab cowok ganteng tapi jomblo. Bukan rahasia lagi kalau lingkup pertemanan bisa mempertemukan seseorang dengan jodohnya. Bagi siapa pun yang kurang pergaulan, dirinya akan sulit menemukan pengalaman dan referensi yang baik dalam hidup.

Dari lingkup pertemanan yang luas, nggak hanya menambah relasi yang semakin banyak, tapi juga membentuk pribadi lebih baik dengan pengalaman-pengalaman baru. Untuk membuat pengalaman baru tentunya nggak sendiri, pasti akan ada banyak orang yang membantumu termasuk si dia.

Kalau kata pepatah Jawa “witing tresno jalaran soko kulino”, cinta hadir karena terbiasa bertemu. Karena terbiasa bertemu dalam suatu kegiatan, bisa saja membawa pada hubungan percintaan.

7. Sibuk dengan dunianya sendiri

pexels.com/Pavel Danilyuk

Alasan cowok ganteng jomblo karena sibuk dengan dunianya sendiri, kurang lebih sama dengan cowok yang menganggap dirinya yang enggan berkomitmen. Dia nggak ingin terburu-buru membuat komitmen hubungan cinta yang serius. Alih-alih ingin sendiri, sebenarnya dirinya juga masih nyaman dengan kebiasaan yang berfokus pada pribadinya.

Misalnya, mengerjakan hobi, ingin membahagiakan orang tua, ingin memperbaiki diri dulu atau ingin memiliki pertemanan yang luas tanpa ada batasan juga tuntutan. Bedanya dengan tipe cowok yang enggan berkomitmen, tipe cowok yang asyik dengan dunianya sendiri masih mungkin untuk punya pasangan jika dirasa waktunya sudah tepat. Sedangkan cowok yang enggan berkomitmen bisa jadi akan single selamanya.

8. Sok jual mahal

pexels.com/Ahha Xaboba

Alasan cowok ganteng jomblo karena sok jual mahal ini, biasanya menjadi salah satu cewek jadi nggak suka. Iya, sih, ganteng, tapi kalau sok jual mahal atau merasa dirinya paling ganteng sedunia, rasanya orang juga akan malas mendekati.

Mungkin niat awalnya supaya nggak dicap playboy, tapi malah jatuhnya sok jual mahal. Lebih baik jaga terus komunikasi dan sikap yang baik pada semua orang agar tidak menimbulkan prasangka-prasangka buruk termasuk dinilai sok jual mahal atau sombong.

9. Penyuka sesama jenis

Pexels.com/Los Muertos

Bukan tidak mungkin orientasi seksual seseorang menyebabkan seorang cowok menjadi single atau jomblo. Bisa saja, cowok ganteng jomblo ini belum terbuka soal seksualitasnya, sehingga dia memilih untuk tidak menjalin hubungan dengan siapa pun. Dia juga tidak mau mengaku terang-terangan pada teman dekat atau keluarga kalau sebenarnya dia gay atau penyuka sesama jenis. Jadi dia akan bilang saja kalau dia jomblo dengan beberapa alasan di atas.

Nah, itulah 9 alasan cowok ganteng tapi jomblo. Nggak usah heran kalau ternyata cowok ganteng yang kita kagumi memilih untuk sendiri. Setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda, jadi kita pahami saja, ya.

IDN Media Channels

Latest from Single