Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Doa agar Haid Cepat Selesai dan Ikhtiar yang Bisa Dilakukan

Jangan lupa berdoa selain usaha ya, Bela

Elga Windasari

Haid atau menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya dinding rahim bagian dalam. Dinding rahim ini mengandung banyak pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Ini siklus yang terjadi setiap bulan sehingga haid sering juga disebut sebagai tamu bulanan.

Lamanya haid bisa berbeda pada tiap perempuan. Umumnya, siklus haid berlangsung antara 1-15 hari. Namun, kebanyakan perempuan mengalami haid selama 6-8 hari. Sayangnya, ada juga perempuan yang siklus haidnya mencapai 15 hari dan belum juga selesai.

Dalam Islam, jika darah haid tak kunjung berhenti lebih dari 15 hari disebut dengan istihadhah. Ada beberapa alasan mengapa haid tak kunjung berhenti, salah satunya adalah kesehatan.

Jika ini sering terjadi, kamu mungkin harus memeriksakan diri ke dokter. Namun, selain itu tentu saja jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar haid cepat selesai dan nggak lebih dari 15 hari.

Doa agar haid cepat selesai dari Alquran

freepik.com

Allah SWT mendengar segala bentuk doa, termasuk doa dalam bahasa Indonesia. Namun, jika ingin membaca doa dalam bahasa Arab, maka kamu bisa membaca Surat Al-Anbiya ayat 84 yang berbunyi:

رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

(Robbi annii massani yadh dhurru wa anta arhamar roohimiin)

Artinya:

"Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

Doa agar haid cepat selesai berdasarkan hadis

pexels.com/Anastasia Shuraeva

Selain Surat Al-Anbiya ayat 84 di atas, ada juga hadis shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari dan menjadi sebagai salah satu doa agar haid cepat keluar. Doanya adalah sebagai berikut:

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

(Allahumma Rabbannasi, adzhibil ba'sa isyfi anta asy-syafi la syifa'a illa syifauka syifaan la yughadiru saqoman)

Artinya:

"Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah, Engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit." (HR. Bukhari).

Tata cara membaca doa agar haid cepat selesai

freepik.com/odua

Sebenarnya, kamu bisa membaca kedua doa di atas kapan pun. Namun, ada tata cara yang bisa kamu lakukan saat membaca doa agar lebih mungkin diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT, yaitu:

  • Memuji Allah SWT dengan bacaan hamdalah

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

(Alhamdulillahi rabbil 'alamin)

  • Membaca sholawat atas Nabi Muhammad

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

(Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihii ajma'iin)

  • Membaca Istighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ.

(Astaghfirullahaladzim)

  • Mengucapkan doa agar haid bisa segera selesai

Bisa membaca salah satu dari dua doa di atas atau kedua-duanya.

  • Membaca Al Fatihah sebanyak tiga kali

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ  ۙصِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

(Bismillahir-rahmanir-rahim alhamdulillahi rabbil-'alamin ar-rahmanir-rahim maliki yaumiddin iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in ihdinas-siratal-mustaqim siratal lazina an'amta 'alaihim gairil-magdubi 'alaihim walad-dallin)

Ikhtiar yang bisa dilakukan agar haid cepat selesai

pexels.com/Karolina Grabowska

Selain berdoa kepada Allah SWT, tentu saja kamu juga harus melakukan usaha atau ikhtiar agar haid bisa cepat selesai. Jika haid lebih dari 15 hari terus berlangsung, kamu mungkin perlu berkonsultasi langsung ke dokter. Namun, selain itu ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

  • Istirahat yang cukup

Tahukah kamu kalau kurang tidur bisa menyebabkan lelah secara fisik dan emosional sehingga bisa mengacaukan siklus haid? Itulah mengapa tubuh perlu istirahat yang cukup. Usahakan setiap malam tidur selama 7-8 jam.

  • Olahraga teratur

Selain bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, olahraga teratur ternyata juga membantu meringankan aliran menstruasi. Hasilnya, siklus haid jadi berlangsung dan selesai lebih cepat.

  • Jaga berat badan

Fluktuasi berat badan, bahkan kegemukan atau kekurusan, sama-sama bisa mengacaukan siklus haid dan membuat tamu bulanan jadi nggak konsisten. Itulah mengapa kamu harus menjaga berat badan agar tetap ideal. Dengan mempertahankan berat badan di angka BMI normal akan membuat periode haid lebih cepat selesai.

  • Pakai atau ganti alat kontrasepsi

Jika kamu belum pakai alat kontrasepsi apa pun, maka bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi pil KB dan melakukan suntik KB untuk mengatur siklus menstruasi. Cara mengontrol kelahiran hormonal ini dapat mengurangi kram dan mempersingkat jumlah hari haid setiap bulan.

Namun, jika kamu sudah memakai alat kontrasepsi tertentu, ada kemungkinan itu nggak cocok dengan tubuhmu. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter dan kemungkinan kamu akan direkomendasikan untuk mengganti jenis alat kontrasepsi sampai cocok dengan tubuhmu.

  • Konsumsi suplemen vitamin D

Mengapa vitamin D? Ternyata, vitamin ini bisa membantu melancarkan haid. Faktanya, haid yang tak lancar bisa terjadi karena adanya sindrom ovarium polikistik atau PCOS. Dengan kombinasi suplemen vitamin D, kalsium, dan metformin, maka haid bisa menjadi lebih lancar.

Itulah doa agar haid cepat selesai dan ikhtiar yang bisa kamu lakukan agar siklus haid bisa terjadi dengan normal. Ingat ya, Bela, Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika siklus haid dirasa sudah tak normal.

Nah, sekarang sudah tahu kan doa agar haid cepat selesai dan cara mengatasinya? Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single