Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Arti Emoji Love dalam Chat, Bukan Hanya Sekadar Cinta

Jangan salah pilih warna, Bela!

Dina Lathifa

Ketika mengirimkan emoji hati di aplikasi chat pada seseorang, warna apa yang biasanya kamu pilih, Bela? Mungkin pilihan utama adalah emoji hati warna merah karena itu adalah lambang yang paling umum.

Namun, ada banyak orang yang menggunakan emoji hati warna berbeda untuk mengungkapkan rasa sayangnya, mulai dari kuning, ungu, merah muda, dan sebagainya. Tapi, tahukah kamu jika masing-masing warna ini memiliki makna yang berbeda?

Nyatanya, tiap-tiap emoji hati memiliki makna yang berbeda tergantung pada warna dan bentuknya. Maka, pemakaiannya pun turut berbeda.

Apa saja arti emoji love? Yuk, cari tahu bersama-sama!

1. Emoji hati warna putih

Canva.com/Dina Lathifa

Ada emoji love warna putih yang merupakan tambahan baru dalam aplikasi chat atau media sosial. Warnanya putih polos mengesankan hati yang suci. Pemakaian emoji hati putih ini cocok ketika kamu ingin memberikan dukungan pada seseorang yang baru saja kehilangan orang terkasihnya. Selain itu, kamu bisa juga menggunakan emoji ini sekadar untuk melengkapi estetika caption di media sosial.

Sayangnya, kamu nggak bisa menggunakan emoji ini pada seseorang yang baru ditinggalkan hewan peliharaannya. Pada situasi lain berdasarkan konteks pesannya.

Kamu nggak bisa menggunakan emoji hati putih untuk menunjukkan dukungan anti rasisme pada gerakan BLM (Black Lives Matter), atau membicarakan keistimewaan hak berkaitan dengan warna kulit.

2. Emoji hati warna cokelat

Canva.com/Dina Lathifa

Sejatinya, emoji hati warna cokelat adalah milik orang-orang berkulit sawo matang dan gelap. Sebagian orang mungkin menggunakan emoji hati ini sebagai tanda menunjukkan rasa solidaritas.

Namun ada baiknya kamu nggak menggunakan emoji hati ini jika nggak memiliki warna kulit yang sama. Kalau ingin menunjukkan dukungan, ganti dengan emoji hati warna merah yang klasik.

3. Emoji hati warna merah dan flat

Canva.com/Dina Lathifa

Sekilas sama, namun emoji hati warna merah ini terlihat lebih flat atau datar. Lambang hati ini lebih mirip dengan yang kamu lihat pada deck atau kartu.

Arti emoji love merah ini memiliki arti yang sama seperti emoji hati merah yang klasik, yaitu menunjukkan rasa cinta dan perasaan baik. Namun, ada baiknya nggak menggunakan ini terlalu sering karena memang emoji hati ini kurang awam untuk sebagian orang.

4. Emoji hati 'Ariana'

Canva.com/Dina Lathifa

Emoji hati berwarna putih dengan garis luar berwarna merah ini memiliki sebutan 'Ariana Copy Paste Heart'. Kalau memilikinya dalam aplikasi pesanmu, emoji hati ini memiliki makna jiwa muda, rasa cinta yang tergambar secara estetik, dan menunjukkan pada sahabatmu betapa kamu mencintainya; seperti Ariana Grande.

Hindari mengirimkan atau menggunakan emoji ini pada hubungan kasual, atau hubungan yang kamu ingin terlihat kasual. Kirimkan hanya untuk temanmu atau gunakan sebagai caption untuk unggahan media sosial yang estetik. 

5. Emoji hati merah klasik

Canva.com/Dina Lathifa

Emoji hati merah klasik adalah emoji hati yang paling sering digunakan dalam berkirim pesan. Ini juga diyakini sebagai emoji hati yang paling romantis. Kalau pasangan barumu mengirimkan emoji ini, tandanya ia menyatakan rasa cintanya padamu. Namun jika sudah menjalin hubungan cukup lama dan hanya emoji ini yang kamu dapatkan, hubungan kalian perlu 'angin segar'.

Di sisi lain, arti emoji love merah klasik ini juga memiliki makna cinta yang platonis dan nggak lekang waktu, emoji yang menunjukkan dukungan pada seseorang yang sedang kehilangan atau berduka.

Kamu dapat mengirimkan emoji ini pada pasangan di awal-awal menjalin hubungan, atau mengirimkannya pada teman sebagai bentuk dukunganmu padanya. Namun, hindari mengirimkan emoji ini pada gebetan yang baru kenal di kencan pertama.

6. Emoji hati warna jingga atau oranye

Canva.com/Dina Lathifa

Emoji hati warna jingga biasanya digunakan oleh laki-laki yang nggak bisa berkomitmen atau masih ragu menyatakan perasaannya pada seseorang tapi ingin tetap menjaga kedekatan yang ada. Sangat disarankan untuk nggak menggunakan emoji ini pada seseorang yang benar-benar kamu cintai. Kecuali kalau memang kamu nggak ingin menjalin hubungan dengan seseorang lebih dari sekadar teman.

7. Emoji hati warna kuning

Canva.com/Dina Lathifa

Emoji hati warna kuning umumnya digunakan dalam hubungan kekeluargaan, pertemanan, atau hubungan asmara yang berubah menjadi pertemanan. Emoji ini juga sering terlihat saat perayaan Hari Ibu Internasional. Misalnya, dalam percakapan dengan Nenek atau dengan orang lain yang akrab denganmu.

Emoji hati warna kuning ini dapat kamu gunakan di fase hubungan awal, yang mana kamu ingin menunjukkan rasa kasih sayang tanpa takut terlihat agresif. Kamu juga dapat menggunakan emoji ini untuk menunjukkan rasa kekeluargaan.

8. Emoji hati warna hijau

Canva.com/Dina Lathifa

Mungkin kamu sering melihat emoji hati warna hijau dalam kalimat-kalimat yang mendukung gerakan penghijauan. Padahal sebenarnya, artinya nggak berhubungan dengan hal tersebut, Bela.

Emoji hati warna hijau ini memiliki makna yang lebih menggambarkan perasaan si pengirim ketimbang penerimanya. Kamu dapat menggunakan emoji ini pada orang yang kamu kenal.

Namun bukan sebagai teman dekat, melainkan orang yang menjadi teman dari temanmu, atau pada adik kelas. Namun, jangan menggunakan emoji pada orang yang sama sekali nggak kamu kenal.

9. Emoji hati warna biru

Canva.com/Dina Lathifa

Emoji hati warna biru melambangkan hubungan pertemanan yang standar, bukan sahabat dekat yang menjadi teman curhatmu atau sosok yang kamu sudah anggap sebagai saudara sendiri.

Jadi, kamu dapat mengirimkan emoji ini pada grup chat yang berisikan teman-teman biasa, atau mengirimkannya pada orangtuamu dalam pesan yang sekadar menanyakan kabarnya.

10. Emoji hati warna ungu

Canva.com/Cesilia Sasanda

Emoji cinta berwarna ungu ini kerap dikaitkan dengan boy grup asal Korea Selatan, BTS. Berawal dari ungkapan “I purple you”, ada banyak penggemar yang memakai emoji tersebut di media sosial. Cinta dan kepercayaan antara fans dengan BTS menjadi arti emoji love berwarna ungu yang menawan ini.

11. Emoji hati warna hitam

Canva.com/Cesilia Sasanda

Jika kamu sedang sedih, kamu bisa menggunakan emoji berwarna hitam. Dengan emoji ini, seseorang dapat mengekspresikan rasa sedih dan sakit yang dia rasakan.

Ketika temanmu mengalami sesuatu dan mengirimkan emoji tersebut, dia mungkin sedang merasa sedih. Sebagai teman, kamu bisa menghiburnya agar dia bisa melupakan hal tersebut.

Di sisi lainnya, arti emoji love hitam juga cukup populer di media sosial. Biasanya, lambang hati ini banyak dipakai untuk menampilkan pesona e-girl atau e-boys yang unik.

12. Emoji hati ganda

Canva.com/Cesilia Sasanda

Selanjutnya, emoji dua hati yang saling berdekatan. Ada hati yang lebih besar di depan dan hati yang lebih kecil di belakangnya. "Love is in the air" merupakan ungkapan cinta yang ingin diperlihatkan oleh emoji hati ganda. 

Selain itu, emoji satu ini mempunyai berbagai macam arti. Misalnya, sebagai bentuk apresiasi atau memuji orang yang kamu sayangi. Lambang hati ini sangat sempurna untuk mengungkapkan perasaan cinta secara mendalam bagi orang terkasih.

13. Emoji hati yang berkembang

Canva.com/Cesilia Sasanda

Lambang hati yang sedang berkembang lebih besar ini mempunyai berbagai macam arti juga. Pada dasarnya, lambang hati ini ingin menggambarkan hati yang bertumbuh dan berkembang. 

Bisa juga menunjukkan seseorang yang sedang berdebar kencang yang cukup sering digunakan. Bahkan, arti emoji love bentuk ini juga memperlihatkan bahwa kamu sedang mencintai banyak orang sekaligus.

14. Emoji hati dengan kilauan

Canva.com/Cesilia Sasanda

Bentuk emoji ini cukup estetik karena bertabur dengan kilauan yang memesona. Untuk artinya, emoji bentuk hati dengan kilauan ini cukup universal. Kamu bisa saja memakainya untuk menegaskan sesuatu yang lucu atau memberikan kesan ceria. 

Selain itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencairkan suasana di ruangan chat dengan emoji ini. Tidak heran, emoji ini dapat dipakai dalam berbagai situasi.

15. Emoji hati yang terbelah dua

Canva.com/Cesilia Sasanda

Kamu pasti sudah tidak asing dengan emoji satu ini. Lambang hati yang terbelah dua ini cukup populer dipakai di media sosial atau ruang chat. Banyak orang memakai emoji ini untuk mewakili kekecewaan dan kesedihan ditinggal orang yang dicintainya. 

Selain menunjukkan hubungan yang kandas, emoji ini juga mengekspresikan kejadian yang menyedihkan. Tidak jarang, orang yang tidak mau mengungkapkan perasaannya secara langsung bisa diwakilkan dengan emoji ini.

Itulah arti emoji love berdasarkan warna dan bentuknya. Kamu bisa mengirimkan emoji hati warna-warni tanpa mengisyaratkan apa pun atau untuk menunjukkan perasaan yang penuh warna.

Kamu nggak harus berpaku pada makna emoji hati yang ada, Bela. Semoga bisa bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Single