Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Doa untuk Orang Meninggal, Laki-Laki, Perempuan, dan Umum

Semoga tenang di sisi-Nya

Dina Lathifa

Ketika mendengar kabar ada yang meninggal dunia, wajib bagi kita untuk mendoakannya. Doa untuk orang meninggal agar segala dosanya diampuni oleh Allah SWT, amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT, dan semoga yang meninggal mendapatkan tempat terbaik di akhirat. Seperti dalam hadis yang ada dalam kitab al-Adzkar an-Nawawi, berbunyi:

"Dari Ummu Salamah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: Ketika kalian menyaksikan orang sakit atau meninggal maka berkatalah yang baik. Sesungguhnya malaikat mengamini terhadap apa yang kalian katakan." (H.R. Muslim).

Semua doa baik dapat kamu panjatkan untuk keluarga atau teman yang wafat. Namun, ada juga doa yang dikhususkan untuk orang yang meninggal. Ini kumpulan doa untuk orang meninggal, baik untuk keluarga, teman, dan saudara.

1. Doa untuk orang yang meninggal

Pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari

Doa untuk orang meninggal yang pertama bisa ditujukan untuk perempuan maupun laki-laki. Berikut adalah doanya yang bisa kamu baca.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

(Allahummaghfirli wa la hu wa’qibni min hu ‘uqbaa hasanah)

Artinya: "Ya Allah, ampuni diriku dan dia dan berikan kepadaku darinya pengganti yang baik."

Jika ingin menyesuaikan dengan jenis kelamin dari orang yang meninggal dunia, maka pada bagian "wa la hu" dan "min hu" adalah untuk laki-laki. Sedangkan jika yang meninggal adalah perempuan, ganti dengan "wa la ha" dan "min ha".

2. Doa untuk orang yang meninggal berjenis kelamin laki-laki

Pexels.com/Pixabay

Selanjutnya, doa berikut ini bisa kamu baca jika orang yang meninggal berjenis kelamin laki-laki. 

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

(Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.)

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka."

3. Doa untuk orang yang meninggal berjenis kelamin perempuan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Apabila jenis kelamin orang yang meninggal dunia adalah perempuan, maka doa untuk orang meninggal tersebut adalah sebagai berikut. 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

(Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.)

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka."

4. Doa jika orangtua meninggal

Pexels.com/Abdullah Ghatasheh

Kamu dapat membacakan salah satu dari doa yang ada di atas juga saat ada keluarga yang meninggal dunia. Jika ayah yang meninggal, bacakan doa untuk laki-laki. Jika ibu yang meninggal, bacakan doa untuk perempuan.

Namun, ada doa lain yang dapat kamu bacakan untuk kedua orangtua yang meninggal dunia. Doa ini juga dapat kamu baca saat orangtua masih ada di dunia.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

(Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.)

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

5. Doa lainnya jika orangtua meninggal

unsplash.com/Julie Blake Edison

Selain itu, kamu juga bisa menutup doa untuk orang tua dengan doa sapu jagad berikut ini. 

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ. اَلْفَاتِحَةْ …

Rabbanaa aatina fid duniaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar. Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘an maa yashifuuna, wa salaamun ‘alal mursaliina, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin, wa ‘alaa aalihii, wa shahbihii, wa sallama, wal hamdulillaahi rabbil ‘alamiin. 

Artinya: "Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

6. Doa ketika mendengar ada yang meninggal

Pexels.com/Ali Arapoğlu

Sementara jika mendengar kabar ada yang meninggal dunia, bacalah doa untuk orang meninggal dunia yang umum berikut ini. 

اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ

(Innalillahi wa innaa ilaihi raji’un)

Artinya:  “Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah, dan kepada Allah jualah kami kembali.”

7. Doa ketika mendengar ada yang meninggal (lengkap)

unsplash.com/Elyas Pasban

Selain doa di atas, kamu juga bisa membaca bacaan doa ketika ada orang yang meninggal lebih lengkap berikut ini. 

إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن وَإِنَّا إليَ رَبِّنِا َلمُنْقَلِبُون الَلهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ ِفي اُلمحِسنِينِ وِاجْعَلْ ِكتابَهُ ِفي ِعلّيِّين وَاْخلُفْهُ في أَهْلِهِ في الغَابِرين وَلا تحَرِْمْنا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ\

(Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu ‘indaka fil muhsinin, waj’al kitabahu fi ‘illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba’dahu.)

Artinya: “Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang menginggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.”

8. Doa memohon ampunan untuk umat Islam

pexels.com/Thirdman

Doa untuk orang meninggal berikut ini bisa kamu bacakan untuk memohon ampunan untuk umat Islam secara umum. Baik itu orang tua, guru, maupun orang lainnya. 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

(Allahummaghfir lil muslimiina wal muslimaat, wal mukminiina wal mukminaat, al-ahyaa’i minhum wal amwaat, min masyaariqil ardhi ilaa maghaaribihaa, barrihaa wa bahrihaa, khushuushan ilaa aabaa’inaa, wa ummahaatinaa, wa ajdaadinaa, wa jaddaarinaa, wa asaatidzatinaa, wa mu‘allimiinaa, wa li man ahsana ilainaa, wa li ashhaabil huquqi ‘alaynaa.)

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”

Itulah kumpulan doa untuk orang meninggal dunia. Mari doakan keluarga, teman, atau orang terdekat yang baru saja wafat agar almarhum/almarhumah meninggal dalam keadaan baik dan semua amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. 

IDN Media Channels

Latest from Single