Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Ciri-Ciri Teman Sejati Menurut Agama Islam

Teman yang dapat menuntunmu menuju surga-Nya

Citra Purnamasari

Memiliki teman yang seru dan bisa diajak berbincang tentang apa saja pastinya menyenangkan. Apalagi jika kamu bisa berbagi rahasia dan keluh kesah tanpa keraguan tentu akan membuatmu beranggapan bahwa mereka adalah sahabat yang sejati.

Memang benar, sahabat sejati pastinya dapat menjadi pendengar yang baik dan selalu ada di saat kita membutuhkan. Tapi tahukah kamu bahwa ada pula teman sejati yang dapat menuntunmu ke jalan kebaikan?

Berikut ini beberapa ciri-ciri teman sejati menurut agama Islam yang wajib kamu ketahui. Apa sajakah? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Beriman kepada Allah SWT dengan cara ibadah

Freepik.com/Free Picture

Bicara tentang teman sejati yang baik menurut agama tentunya adalah teman yang taat beribadah. Mereka selalu mengutamakan hubungan dengan Allah SWT dan memperkuat ikatan melalui ibadah.

Salat yang tak pernah ditinggalkan, rajin membaca Alquran, dan selalu mengamalkan amalan yang saleh jelas menjadi pertanda bahwa dia merupakan teman sejati yang dapat menuntun kita ke jalan yang lebih baik.

Memilih-milih teman memang bukanlah hal yang baik, tapi bukan berarti kita selalu meniru perilaku buruk dari teman-teman kita. Jika memiliki teman yang baik tentu kita dapat menjadikannya sebagai panutan.

2. Sosok yang ceria dan murah senyum

pixabay.com/ Samuel Bolarinwa

Berteman dengan seseorang yang selalu ceria dan memancarkan aura positif tentu akan membuat suasana hati kita pun jadi lebih baik. Apalagi jika kita tengah memiliki masalah dan ingin membuat pikiran tenang, tentu berteman dengan sosok seperti ini akan membuat kita jadi lebih mudah lega dan melupakan setiap beban yang ada.

Apalagi sifat murah senyum pun adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh Rasulullah SAW. Perlu diingat juga senyum merupakan sedekah paling murah yang bisa diberikan oleh kita selaku manusia.

Kamu tentu ingin kan memiliki teman yang senantiasa memancarkan aura positif? Tak bisa dipungkiri, sifat baik ini bisa juga menular padamu, lho.

3. Selalu berbaik sangka

Freepik.com/Freepik

Terkadang teman bisa menjerumuskan kita pada rasa benci terhadap sesama. Adanya gosip dan hasutan yang buruk tentu dapat mempengaruhi cara pandang kita terhadap seseorang.

Namun tidak jika kamu memiliki teman yang senantiasa berbaik sangka atau husnudzon. Sifat ini tentu akan mempengaruhi kita secara tak langsung. Kedamaian dalam hidup juga bisa didapatkan dari selalu berbaik sangka terhadap orang lain.

Fitnah dan kebencian juga bisa diatasi jika terus berbaik sangka. Memiliki teman yang memiliki sifat seperti ini jelas akan memberi kita ketenangan dan jauh dari konflik.

4. Menolong ketika teman membutuhkan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Teman tidak hanya menemani ketika kita sedang senang, ciri-ciri teman sejati menurut agama Islam berikutnya adalah teman yang menolong kita ketika dalam kesulitan.

Terkadang justru orang-orang yang mengaku sebagai teman malah meninggalkan kita di saat sulit. Tapi tidak dengan teman sejati, jika dia mampu maka dia akan mengulurkan bantuan pada kita.

Sifat tolong menolong adalah hal baik yang wajib dimiliki oleh setiap manusia. Apalagi menolong teman, tentu hal tersebut juga merupakan sifat tauladan yang wajib ditiru. Jika kamu memiliki teman dengan sifat tersebut bisa jadi dia merupakan teman yang sejati.

5. Menjaga rahasia dan aib teman

unplash.com/Hobi industri

Teman menjadi sosok yang selalu tahu kisah kita entah itu baik atau buruk. Bahkan kita tak jarang ‘curhat’ tentang masalah dalam hidup hingga keburukan diri sendiri yang tidak bisa kita ungkap ke orang lain.

Tapi, ada juga, lho teman yang malah membocorkan rahasia bahkan aib kita pada orang lain. Tentu itu bukanlah hal yang terpuji dan membuat kita malu serta dapat menimbulkan gosip dan fitnah.

Namun, jika kita memiliki teman yang justru mampu menjaga lisan dan rahasia yang kita miliki serta tidak membongkar aib pada orang lain maka percayalah, dia merupakan teman sejati yang bisa melindungimu.

6. Merupakan sosok yang Amanah

Freepik.com

Mampu menjaga amanah jelas merupakan sifat terpuji. Apalagi jika sifat tersebut ada pada sahabat kita.

Ketika kita mempercayakan sesuatu padanya dan dia bisa menjaga amanah tersebut maka dia bisa dikatakan sebagai sahabat yang sejati. Sehingga kamu tidak akan ragu untuk memberinya kepercayaan terhadap sebuah tindakan yang penting.

Bahkan, bisa menjaga amanah juga menjadi sifat mulia yang juga wajib dimiliki seorang pemimpin. Wah, sahabatmu bisa nih jadi seorang pemimpin yang baik.

7. Selalu mengajak ke jalan kebaikan

unsplash.com/Hasan Almasi

Ciri-ciri teman sejati menurut agama Islam yang terakhir tentunya adalah selalu mengajak ke jalan kebaikan. Teman merupakan salah satu faktor yang menentukan tak hanya gaya hidup namun juga kepribadian kita.

Ada banyak orang yang terjebak dengan pergaulan yang salah karena memilih teman yang justru menyeret mereka ke jalan yang tidak di ridhoi oleh Allah SWT.

Namun, jika kamu memiliki teman yang suka mengingatkanmu untuk rajin beribadah, memperingatkanmu untuk tidak berbuat hal buruk, dan senantiasa memberi contoh baik, maka jelas dia merupakan sahabat yang sejati bagimu.

Itulah beberapa ciri-ciri teman sejati menurut agama Islam yang siapa tahu ada pada sahabat atau bahkan dirimu sendiri. Ingat, persahabatan yang sejati tidak hanya berlangsung di dunia namun juga kelak di akhirat. Semoga artikel ini tak hanya memberimu pengetahuan tentang sahabat yang baik, namun juga bisa menginspirasimu untuk jadi salah satunya.

IDN Media Channels

Latest from Single