Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Humoris dan Kreatif! Inilah 10 Fakta Kepribadian ESFP

Suka tunjukkan empati lewat act of service

Astri Amalia

ESFP atau singkatan dari extraverted, sensing, feeling, dan perceiving merupakan salah satu kepribadian ekstrovert MBTI yang sangat karismatik dan penuh dengan semangat. Karena dianggap sebagai sosok entertainer atau penghibur, mereka sering kali mendapat stereotip yang selalu ingin menjadi pusat perhatian.

Padahal, ESFP punya begitu banyak kualitas positif dan menarik dalam diri mereka, salah satunya adalah kreatif. Bukan hanya itu, ada 10 fakta menarik lainnya dari kepribadian ekstorvert satu ini. Apa sajakah itu? Untuk mengetahui jawabannya, kita simak bersama poin-poinnya berikut ini, yuk!

1. Punya banyak akal

Pexels.com/Antoni Shkraba

ESFP disebut sebagai salah satu kepribadian yang penuh dengan ide dan kreativitas. Ketika berada dalam kebosanan, ESFP menggunakan insting kreatif mereka untuk mengembangkan berbagai hal yang berada di sekitar mereka dengan tujuan mendapatkan kesenangan. Termasuk ketika berada di dalam krisis, mereka sangat pintar menemukan solusi dan peluang untuk keluar dari zona tersebut.

2. Suka bertualang

Unsplash.com/Holly Mandarich

ESFP merupakan sosok petualang yang tentunya sangat tertarik dengan alam, termasuk tempat dan orang-orang baru. Selain itu, mereka akan sangat senang membuat pengalaman baru dan berkenalan dengan budaya baru, serta mengunjungi alam bebas yang belum pernah mereka jamah sebelumnya. ESFP merupakan tipikal yang nggak bisa duduk diam, maka dari itu mereka cenderung senang bepergian dan menantang batas kemampuan diri mereka sendiri.

3. Sosok yang realistis

Unsplash.com/Denys Nevozhai

Selain memiliki sensor ekstrovert yang dominan, ESFP juga dikenal sebagai sosok yang praktis dan realistis. Walaupun praduga terkadang dapat membuat seseorang terhibur, nyatanya ESFP lebih memilih untuk menjadi realistis dengan apa yang sedang terjadi di dalam kehidupan mereka. ESFP merasa bahwa dengan menjadi realistis dapat membuat diri mereka menjadi lebih tenang.

4. Sosok yang peka

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika ada pertanyaan seputar kepribadian yang paling peka, salah satu jawabannya sudah pasti kepribadian ESFP. Saking pekanya seorang ESFP, secara alami mereka akan menyadari berbagai hal yang terjadi di sekitar secara cepat, seperti halnya sadar dengan suasana hati seseorang yang berubah.

Di samping itu, ESFP terkadang merasa bahwa banyak orang yang "tenggelam" dalam lamunan, sehingga melewatkan banyak hal penting yang saat ini berada di hadapan mereka. Padahal, dengan hidup di masa kini, sudah pasti semua orang akan hidup dengan lebih bahagia dan penuh dengan kedamaian.

5. Sosok yang bijaksana dan tulus

Pexels.com/Amina Filkins

ESFP sangat penyayang dan senang untuk membuat orang lain bahagia dan nyaman. Walaupun senang membuat orang lain bahagia, tapi bukan berarti mereka akan berpura-pura. Menjadi tulus dan otentik sangatlah penting bagi ESFP. Sebaliknya, mereka pun akan menghargai orang lain dengan kualitas diri yang serupa. Semakin tulus dan jujur orang lain kepada ESFP, maka semakin nyaman ESFP untuk berada di dekatnya.

6. Mendambakan pekerjaan berdasarkan nilai diri yang dimiliki

Pexels.com/Yan Krukov

ESFP merasa yakin bahwa apa yang mereka lakukan dalam hidup akan berdampak positif pada dunia. Salah satunya yaitu dengan menunjukkan aspek pengembangan dan ekspresi diri mereka kepada khalayak luas. Mereka pun paling anti bekerja di "belakang layar". Mereka percaya, untuk membuat perubahan sekecil apa pun, perlu usaha untuk menunjukkannya secara nyata.

7. Humoris

Unsplash.com/Omar Lopez

Terlahir sebagai seorang entertainer atau penghibur, nggak aneh jika ESFP mendapat predikat kepribadian yang paling humoris. Mereka sangat pandai membuat lelucon atau bertukar candaan sarkastik. Tetapi di sisi lain, ESFP juga sensitif dan sangat berhati-hati agar mereka nggak menyakiti perasaan orang lain.

Terkadang, ESFP juga menggunakan humor sebagai cara untuk mengalihkan perhatian, terutama jika mereka sedang terlibat dalam percakapan yang terasa nggak nyaman dengan orang lain.

8. Menunjukkan empati melalui tindakan

Unsplash.com/Omar Lopez

Bagi beberapa orang, words of affirmations atau kata-kata penegasan akan sangat membantu mereka ketika berada dalam keadaan yang rentan. Namun, ESFP punya pandangan berbeda saat membantu orang-orang di sekitar mereka. Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, ESFP merupakan kepribadian yang praktis, sehingga mereka paham apabila seseorang membutuhkan lebih dari sekadar basa-basi dan saran secara general.

Ketika seseorang yang mereka sayangi berada dalam kondisi tertekan, ESFP akan melakukan sesuatu untuk meringankan bebannya, entah itu dengan mengasuh anak-anaknya, mengajaknya jalan-jalan di malam hari untuk mengalihkan pikirannya, hingga dengan menunjukkan kreativitas dengan membuat mixtape lagu-lagu favoritnya!

9. Suka bercerita

Unsplash.com/Brooke Cagle

ESFP sangat gemar menceritakan kisah-kisah menarik, sehingga mereka pun dilabeli sebagai sosok pendongeng yang hebat. Karena secara naluriah, mereka tahu cara membuat cerita menjadi menarik. Apalagi ketika mereka menyelipkan candaan saat bercerita, orang lain yang mendengarnya pun jadi semakin tertarik dengan cerita yang mereka sampaikan.

Karena ESFP memiliki kepekaan yang tinggi, mereka dapat dengan mudah mengetahui apakah seseorang mulai merasa bosan atau kehilangan minat terhadap cerita yang mereka sampaikan.

10. Sosok yang belajar dari pengalaman

Unsplash.com/Microsoft Edge

ESFP menyerap informasi dengan lebih baik ketika mereka secara aktif berpartisipasi dalam dunia di sekitar mereka. Jangan sesekali memaksa ESFP duduk diam dan mendengarkan ceramah selama berjam-jam, karena mereka akan merasa mati rasa dan lesu. Biarkanlah mereka berpetualang di alam bebas, agar mereka dapat terlibat dalam dunia sekitar mereka, dan mendapatkan berbagai hal menarik.

Jadi itulah 10 fakta seputar kepribadian ESFP. Apakah ESFP merupakan kepribadian MBTI-mu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single