Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kebiasaan yang Bikin Kamu Nggak Menarik di Mata Orang Lain

No. 7 paling penting!

Astri Amalia

Menjadi menarik bukan berarti seputar memiliki tampang yang rupawan. Nyatanya, seseorang dianggap menarik jika memiliki tutur kata, perilaku, hingga kebiasaan-kebiasaan yang positif. Oleh karena itu, mau secantik atau setampan apa pun wajah seseorang, kalau suka melakukan kebiasaan negatif, nggak akan bikin dia menarik di mata orang lain. Memangnya, apa saja kebiasaan itu? Untuk menjawabnya, simak ulasan selengkapnya yang dikutip dari laman Psych2Go berikut ini ya, Bela.  

1. Bergosip

unsplash.com/Ben White

Mungkin banyak dari kita yang terkadang sulit menolak untuk bergosip. Tapi, mau semenarik apa pun topiknya, berbicara tentang seseorang di belakang hanya membuatmu terlihat sangat nggak menarik. Perilaku ini memberi kesan bahwa kamu nggak dapat dipercaya dan nggak bisa menghormati privasi orang lain, Bela.

Selain itu, saat kamu memulai percakapan dengan gosip, orang yang kamu ajak bicara kemungkinan juga merasa nggak nyaman. Mereka juga bisa bertanya-tanya, apakah suatu hari mereka akan menjadi objek gosipmu.

2. Terlalu percaya diri

pexels.com/Labskiii

Adalah hal yang sangat baik jika kamu punya kepercayaan diri yang tinggi, tapi kalau jatuhnya terlalu percaya diri, bisa bikin kamu kelihatan nggak menarik. Misalnya, kamu selalu memamerkan seputar pencapaian atau kesuksesanmu. Meski kenyataannya kamu memang sosok yang sangat sukses, tapi orang juga bisa berpikir kamu bertingkah lebih unggul untuk membuat mereka terlihat lebih rendah dibanding kamu. Jadi coba perhatikan, apa kamu punya kebiasaan yang satu ini, Bela?

3. Suka terlambat

Pexels/Khoa Võ

Terkadang, kita datang terlambat dalam beberapa situasi karena hal-hal yang sebenarnya nggak dapat dikendalikan. Misalnya, saat terjebak dalam kemacetan parah yang membuatmu terlambat 10 menit untuk kencan. Terlambat karena alasan seperti itu sesekali seharusnya bukan suatu masalah besar.

Namun, kalau kamu sering kali terlambat karena alasan lain, seperti nggak bangun tepat waktu, atau mandi 5 menit sebelum rencana bertemu seseorang, kamu bisa dianggap seenaknya dan nggak bisa menghargai orang lain.

4. Pesimis

Pexels.com/Hadi Slash

Banyak dari kita yang mudah tersedot ke dalam pesimisme. Sebagian akan terus berjuang menjadi sosok yang optimis, tapi sebagian yang lain mungkin memilih terjebak dalam pesimisme. Seseorang yang selalu merasa pesimis dan menyebarkan perasaan negatifnya ke orang lain, hanya akan membuatnya dijauhi orang-orang di sekitar. Itu karena orang lain melihat pesimisme sebagai sesuatu yang nggak menarik dan merasa jadi terpengaruh oleh hal negatif.

5. Punya sikap yang kasar dan arogan

pexels.com/Liza Summer

Sangat jelas jika seseorang yang berlaku kasar akan dipandang sangat nggak menarik oleh orang lain. Bukan cuma nggak menarik, orang lain juga malas untuk mendekatimu kalau kamu kerap berperilaku kasar dan arogan. Sikap itu menunjukkan bahwa kamu nggak menghargai orang lain dan hanya menciptakan situasi yang nggak nyaman dan nggak aman bagi orang-orang di sekitarmu.

6. Terlalu banyak bicara

Pexels.com.SHVETS Production

Bela, bagaimana perasaanmu saat berada di sekitar orang yang mendominasi percakapan? Apakah menurutmu perilaku mereka itu menarik? Bisa jadi jawabannya tidak.

Kita semua pasti ingin dilibatkan dalam sebuah percakapan. Jika seseorang berbicara terlalu banyak, orang lain akan merasa nggak didengar dan pendapat mereka terasa nggak penting. Jadi, kalau kamu nggak mau jadi sosok yang nggak menarik, berhati-hatilah agar nggak mendominasi setiap percakapan, ya.

7. Lupa nama orang

istock

Poin terakhir ini sangat penting untuk dicatat. Sebelum kamu mengetahui lebih banyak tentang seseorang, pasti kamu mengenal nama mereka terlebih dahulu. Lagi pula, ini adalah hal pertama yang dikatakan semua orang ketika berkenalan dan sangat penting untuk selalu mengingatnya.

Kalau kamu terus-menerus lupa nama orang, mereka bakal berpikir kalau kamu adalah sosok yang nggak peduli dengan mereka. Terlebih kalau kamu menambahkan alasan susah mengingat nama, bisa jadi kamu hanya meninggalkan kesan buruk pada orang lain, meskipun kamu nggak bermaksud demikian.

Itulah tadi 7 kebiasaan yang bikin kamu nggak menarik di mata orang lain. Ada kebiasaan di atas yang kamu miliki nggak nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single