Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Fakta Menarik Kepribadian ISFJ, Si 'Pelindung' Baik Hati!

Kepribadian ini juga dikenal punya empati yang tinggi

Astri Amalia

ISFJ merupakan salah satu tipe kepribadian introvert berdasarkan Myers Briggs Type Indicator atau yang lebih dikenal sebagai MBTI. ISFJ sendiri merupakan singkatan dari introverted, sensing, feeling, judging, dan memiliki sekitar 9% hingga 14% dari populasi dunia, yang berarti ISFJ merupakan tipe kepribadian yang cukup umum.

Kepribadian introvert satu ini juga dikenal dengan julukan The Protector atau Pelindung, karena mereka merupakan kepribadian yang berhati hangat, punya empati yang tinggi, dan siap untuk selalu melindungi orang-orang di sekelilingnya. Selain itu, ada 9 fakta menarik lainnya tentang tipe kepribadian ISFJ. Apa saja faktanya? Simak informasinya di bawah ini, ya!

1. Sosok yang selalu belajar dari kesalahan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

ISFJ dikenal sebagai salah satu kepribadian yang akan selalu belajar dari pengalaman hidup mereka, termasuk dari setiap kesalahan yang mereka lakukan. Ketika melakukan suatu kesalahan, mereka tahu persis bagaimana menghindari situasi tersebut di lain waktu. Karena ISFJ merupakan sosok yang praktis, mereka pun lebih mudah menemukan solusi atas segala permasalahan yang mereka hadapi.

2. Suka memendam emosi

Pexels.com/Pixabay

Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh ISFJ adalah kecenderungan mereka untuk  mengabaikan dan memendam emosi. Alih-alih membagikan perasaan mereka, seorang dengan tipe kepribadian ISFJ malah akan memendamnya, hingga pada titik munculnya perasaan negatif terhadap orang lain. Ketika seorang ISFJ menghadapi kondisi yang terpuruk, mereka akan lebih memilih untuk diam daripada menceritakan kesedihan mereka tersebut, karena mereka tahu itu hanya dapat membebani orang lain.

3. Kaku terhadap perubahan

Pexels.com/Moose Photos

ISFJ merupakan kepribadian yang akan berusaha kuat untuk mempertahankan berbagai hal di dalam kehidupan mereka dan sering kali dianggap sebagai salah satu tipe kepribadian yang kaku terhadap perubahan. Secara alami, ISFJ memang punya sifat yang terstruktur dan sifat inilah yang membuat mereka menjadi kesulitan untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi di dalam hidup mereka.

4. Pekerja keras

Pexels.com/mentatdgt

Mereka yang memiliki tipe kepribadian ini juga dikenal sebagai pengambil keputusan yang super kompeten dan sangat serius dalam pekerjaan yang terkadang tampak berlebihan bagi orang lain. Ketika mereka sudah menetapkan tujuan dalam hidup, mereka akan berusaha sekeras mungkin untuk mencapainya. Karena mereka yakin, bahwa ketika mereka berusaha dengan sungguh-sungguh, impian mereka suatu saat pasti akan tercapai.

5. Sosok yang cinta damai

Pexels.com/ Elina Fairytale

Bukan hal yang aneh bagi ISFJ untuk menyembunyikan pendapat atau preferensi mereka demi menjaga perdamaian. Hal ini disebabkan karena ISFJ membenci konflik dan menganggap masalah sebagai suatu hal yang begitu menegangkan. Namun, jauh dari rasa benci mereka terhadap konflik, sebenarnya mereka hanya tidak suka melihat orang lain terluka. 

6. Punya kepekaan yang tinggi

Freepik.com/jcomp

Fakta menarik lainnya tentang kepribadian ISFJ adalah punya tingkat kepekaan yang tinggi. Mereka yang memiliki kepribadian ini mampu menyadari hal-hal kecil di sekelilingnya, termasuk dengan merasakan perasaan orang-orang sekitar. Saking tingginya kepekaan yang mereka miliki, mereka nggak akan mau sembarangan dalam berucap atau bertindak. Saat melihat orang terdekat yang sedang bersedih, mereka akan segera berusaha untuk menghiburnya.

7. Sosok yang ramah

Freepik.com/wayhomestudio

Kepribadian ini juga dikenal dengan keramahannya dengan orang-orang di sekitar. Walaupun di satu sisi hal ini menjadi hal yang positif, namun di sisi lain hal ini bisa jadi bumerang bagi mereka. Keramahan yang mereka tunjukkan bisa saja dimanfaatkan secara negatif oleh orang lain, sehingga penting bagi mereka yang memiliki kepribadian ISFJ untuk membuat batasan sehat dengan orang di sekelilingnya.

8. Pendengar yang baik

Pexels.com/Elle Hughes

ISFJ juga dikenal sebagai sosok pendengar yang sangat baik, lho. Setiap cerita yang disampaikan oleh orang di sekitarnya akan mereka simak dan proses dengan baik. Bahkan, ISFJ dikatakan memiliki memori yang sangat kuat, sehingga mereka tentu akan mengingat detail cerita yang orang lain bagikan. Nggak heran kalau ISFJ juga akan benar-benar mengingat nama seseorang yang baru saja mereka kenal.

9. Altruistik

freepik.com/freepik

ISFJ adalah kepribadian yang jauh dari kata egois. Sebaliknya, mereka begitu altruis dan akan mementingkan kebutuhan orang lain terlebih dahulu dibandingkan kepentingan dirinya sendiri. Mereka juga sering berkorban untuk orang lain, dan biasanya, mereka  melakukannya tanpa keluhan, karena sifat alami mereka yang tidak menginginkan perhatian. ISFJ hanya ingin melayani orang lain dan membuat mereka bahagia dan nyaman.

Nah, jadi itulah beberapa fakta menarik seputar tipe kepribadian ISFJ. Apakah ISFJ merupakan tipe kepribadian MBTI-mu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single