Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bagaimana Cara Meminta Tolong yang Baik? Ini Tipsnya

Penting untuk mengetahui cara meminta tolong yang baik

Astri Amalia

Sebagai manusia, adalah hal yang amat lumrah ketika kita membutuhkan pertolongan orang lain. Karena pada dasarnya, manusia akan saling bergantung dan membutuhkan satu sama lain. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara meminta tolong yang baik.

Melansir Proactive, kemampuan untuk meminta tolong yang baik dapat melindungi kita dari rasa kewalahan secara mental, membangun ketahanan dan kapasitas saat menerima penolakan, membangun koneksi dengan orang lain, hingga menimbulkan dampak positif, baik untuk diri kita, maupun orang lain yang kita mintai tolong. 

Lantas, bagaimana cara meminta tolong yang baik? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara meminta tolong yang baik

psychologytoday.com/Photo by kleferpix. Adobe Stock.

Untuk mengetahui bagaimana cara meminta tolong yang baik, Popbela sudah rangkum 5 cara meminta tolong yang baik dari laman Psyche berikut ini. Scroll artikelnya hingga selesai, ya!

1. Hapus asumsi negatif terkait meminta pertolongan

proactivehm.com.au

Cara satu ini sangat penting diterapkan jika kamu masih sering merasa ragu-ragu atau bahkan bersalah ketika meminta tolong pada orang lain. Pahamilah asumsi negatif yang menghalangi kamu meminta pertolongan. Asumsi ini bisa mencakup:

  • Asosiasi negatif: Ketika kamu mengaitkan meminta pertolongan sebagai bentuk kemalasan.
  • Kritik dari dalam diri: Saat suara hatimu mengatakan bahwa meminta tolong hanya menunjukkan kelemahanmu.
  • Khawatir akan pandangan orang lain: Kamu cenderung overthinking dengan pandangan orang lain terhadapmu saat meminta tolong.
  • Punya narasi terkait pengorbanan diri: Kamu merasa perlu menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhanmu sendiri, serta kekhawatiran akan membebani seseorang yang kamu mintai bantuan.
  • Berpikir akan ditolak: Kamu membuat asumsi bahwa orang lain nggak akan ada yang mau membantumu.

Meskipun pikiran penolakan menjadi salah satu hal yang cukup umum dimiliki banyak orang, tapi sebenarnya orang-orang kemungkinan jauh lebih bersedia untuk membantu. Yup, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kita sering kali meremehkan kemungkinan seseorang mengatakan 'ya' untuk permintaan tolong.

Kebanyakan orang pun akan merasa senang ketika mereka bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain. Jadi penting untuk diingat bahwa nggak apa-apa kok, Bela meminta pertolongan orang lain!

2. Pilih orang yang tepat untuk dimintai pertolongan

unsplash.com/Alvin Mahmudov

Kalau kamu sudah mantap untuk meminta pertolongan, cara meminta tolong yang baik selanjutnya adalah memilih sosok yang tepat untuk dimintai tolong. Misalnya, kalau kamu mau curhat dan hanya ingin sekadar didengarkan, kamu bisa minta tolong pada sahabat terbaikmu.

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk meminta tolong pada seseorang yang pernah kamu bantu sebelumnya.

Nah, tetapi kalau kamu punya permasalahan yang cukup pelik terkait emosional maupun mental, minta tolonglah kepada ahli kesehatan mental, ya.

3. Pertimbangkan waktu terbaik untuk meminta tolong

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Cara meminta tolong dengan baik lainnya adalah memilih waktu yang tepat. Jangan meminta tolong pada orang yang terlihat buru-buru atau sedang stres. Kemungkinannya, mereka akan lebih sensitif dan cenderung memberikan respons yang kurang mengenakkan untukmu, Bela.

4. Ungkapkan maksud dan tujuanmu secara jelas

unsplash.com/ Andrea Tummons

Selanjutnya, cara meminta tolong yang baik adalah dengan membuat permintaan tetap sederhana dan spesifik. Lupakan tentang rasa nggak nyamanmu saat meminta tolong dan hindari berbasa-basi. Misalnya, saat kamu mau meminta tolong temanmu untuk menemanimu ke toko buku, gunakan kalimat seperti, "Aku berminat pergi ke toko buku hari ini, apa kamu mau menemaniku?"

Hindari penggunaan kalimat seperti, "Aku biasanya nggak mau meminta pertolonganmu untuk hal ini, tapi..." Selain terlalu panjang lebar, penggunaan kalimat seperti itu kemungkinan bikin orang lain kesal.

5. Ucapkan terima kasih

unsplash.com/Alexas_Fotos

Cara meminta tolong yang baik terakhir adalah mengucapkan 'terima kasih' kepada orang yang telah membantumu. Meskipun ucapan ini terdengar begitu sederhana, tapi punya dampak yang begitu luar biasa. Dengan menyampaikan rasa terima kasih, orang lain akan merasa sangat dihargai dan punya pandangan positif terhadapmu.

Bagaimana jika permintaan tolongmu ditolak?

unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Nggak bisa dipungkiri bahwa akan ada momen di mana orang lain menolak permintaan tolong kita. Bisa jadi karena mereka sedang nggak punya kapasitas untuk membantu. Rasanya mungkin akan cukup menyakitkan untuk mendengar penolakan. Maka dari itu, kamu bisa pertimbangkan opsi lain, yaitu dengan meminta tolong dari sumber bantuan yang berbeda.

Nah, itu tadi cara meminta tolong yang baik. Bagaimana, kamu siap untuk mempraktikkannya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single