Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Adab Anak Kepada Orangtua dan Cara Memuliakannya

Karena sebagai anak kita wajib menghormati orangtua.

Angga Prayudhatama

Agama Islam dalam ajarannya, menekankan adab kepada orangtua agar bisa berbakti dan menghormati. Di dalam Alquran telah diperintahkan kepada anak untuk tidak melawan ataupun berkata yang tidak sepantasnya kepada orangtua.

Orangtua merupakan orang yang telah melahirkan dan menjaga kita sedari kecil. Orangtua adalah pendidik, pengayom, dan sosok yang seharusnya menjadi teladan bagi kita. Maka tak heran jika kita selalu diajarkan untuk bisa menyayangi mereka, saat hidup maupun saat mereka telah tiada.

Lalu apa saja adab kepada orangtua dan cara menghormatinya menurut agama Islam? Berikut ini pembahasannya.

1. Mengucapkan perkataan mulia kepada kedua orangtua

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Perintah untuk berkata yang sopan santun tertuang pada surat Al-Isra berikut ini:

{وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا (23) وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّي ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا (24) }

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (QS. Al-Isra: 23-24)

2. Berbuat baik pada kedua orangtua

Pinterest.com/momjunction

Seorang anak juga mempunyai kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan ataupun dilupakan, yakni berbuat baik kepada orangtua. Seperti adab kepada orangtua yang telah dijelaskan pada surat Alquran di atas dalam Al-Isra ayat 23.

Allah SWT berfirman:

{وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا}

Artinya: Dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu. (Al-Isra: 23)

Berbuat baik bisa dengan selalu membantu orangtua, bertutur kata dan berperilaku baik, menghormati orangtua, merawat mereka di hari tua, dan menyayangi mereka dengan tulus.

3. Bersyukur dengan keberadaan kedua orangtua

Freepik.com

Rasa syukur yang dimaksud telah tertera pada Surat Luqman ayat 14

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

Setiap umat Muslim dianjurkan untuk selalu bersyukur atas berkat dari Allah SWT serta keberadaan orangtua terutama ibu yang sudah melahirkan, mendidik, serta mengasuh sejak kecil. Hal itu bentuk tanda rasa syukur kepada kedua orangtua untuk memuliakannya selama masih hidup di dunia.

4. Tidak mengatakan kata kasar dan "ah"

Freepik.com/Odua

Anjuran ini sesuai dengan firman Allah yang telah dicantumkan pada Alquran dalam surat Al-Isra ayat 23. Di dalamnya menjelaskan bahwa sebagai anak, kita harus menjaga dan merawat kedua orangtua ketika sudah berumur lanjut.

{إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ}

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan 'ah' kepada keduanya (Al-Isra: 23)

Selain itu, kita juga harus menjaga setiap kata yang keluar dari mulut untuk tidak mengatakan kalimat kasar ataupun ‘ah’. Artinya, meskipun kata-kata ringan sekalipun harus tetap dijaga agar tidak menyakiti hati kedua orangtua.

5. Adab kepada orangtua janganlah membentaknya

pexels.com/Rodnae Productions

Perihal adab yang berkaitan dengan kedua orangtua memang tercantum lengkap dalam Alquran surat Al-Isra ayat 23. Begitu pula anjurannya untuk tidak membentak kedua orangtua.

Hubungan anak dan orangtua tentu tak lepas dari konflik. Ada kalanya, kita berbeda pendapat dengan orangtua, namun hal itu tidak berarti kita bisa berkata kasar dan membentak orangtua. 

Seberapa kesalnya kita pada orangtua, selalu ingat bahwa sosok orangtua adalah sosok yang harus kita hormati.

6. Berkata dengan sopan dan santun

depositphotos.com

Selain kita tidak boleh berkata kasar dan membentak orangtua, kita juga tidak boleh mengeluarkan perkataan ataupun perilaku yang buruk kepada kedua orangtua. Allah memberikan perintah kepada setiap umatnya agar berbuat baik dan berkata yang sopan kepada kedua orangtuanya.

Allah SWT berfirman:

{وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا}

Artinya: "Dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." (Al-Isra: 23)

Perkataan yang mulia adalah tutur kata yang lemah lembut, penuh kasih sayang, dan rasa hormat.

7. Mengasihi orangtua

Freepik.com/Odua

Adab kepada orangtua yang berikutnya adalah mengasihi kedua orangtua. Kamu bisa memberikan kasih sayang dan perhatian kamu kepada kedua orangtua, seperti mereka menyayangimu selagi masih kecil.

Bersikaplah rendah hati pada orangtua. Jangan merasa sombong, apalagi berada di atas orangtua, misalnya karena kamu memiliki pendidikan tinggi atau karier yang hebat. Bagaimanapun, kesuksesan yang kamu capai, sedikit banyak merupakan buah dari doa dan restu orangtua. Sudah sewajarnya kamu selalu mengasihi mereka.

8. Mendoakan orangtua

Freepik.com/Odua

Seorang anak mempunyai kewajiban untuk mendoakan kedua orangtuanya supaya diberikan ampunan oleh Allah dan keberkahan umurnya selama hidup. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 41.

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ ࣖ

Artinya: "Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).” (QS. Ibrahim: 41)

Demikianlah delapan adab anak kepada orangtua yang menjadi kewajiban kamu agar bisa dijalankan dengan baik. Ketika orangtua sudah lanjut usia sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga dan merawatnya. Saat mereka meninggal pun, kita harus terus mendoakan mereka.

IDN Media Channels

Latest from Single