Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Ciri-Ciri Teman Posesif yang Kadang Kamu Nggak Sadari

Pernahkah temanmu berperilaku seperti ini?

Andhina Effendi

Teman adalah salah satu orang yang memiliki peran penting dalam hidup kita. Teman menjadi pendukung kita di saat kita lagi sedih, tempat kita berbagi kegembiraan, dan sosok yang selalu ada buat kita. Kadang kita pun memiliki rasa takut atau khawatir jika kehilangan mereka.

Dalam sebuah hubungan, baik itu hubungan asmara maupun hubungan pertemanan, selalu ada kemungkinan sifat posesif. Tentu saja, jika hal itu berlebihan bisa merusak hubunganmu dengan dia.

Bagaimana kamu tahu temanmu itu posesif atau tidak? Simak saja ciri-ciri teman posesif berikut ini.

1. Dia selalu bercerita tentang dirimu

https://www.pexels.com/@cottonbro

Dari orang-orang, kamu tahu bahwa dia selalu bercerita tentang dirimu dan berusaha agar semua orang tahu kalau kalian adalah teman dekat. Apa pun topik percakapannya, dia selalu berusaha untuk membawa namamu. Tentu hal itu nggak masalah jika dilakukan sesuai porsinya, tapi jika sudah berlebihan tentu akan membuat orang lain merasa terganggu.

2. Dia terlalu protektif

Pexels.com/Charlotte May

Kamu memperhatikan bahwa dia sangat protektif padamu. Dia beranggapan bahwa kamu adalah sosok yang lemah yang harus dilindungi. Dengan mudahnya, dia akan memberikan usaha lebih untuk selalu menjagamu.

3. Dia selalu menghakimi orang yang kamu suka

Pexels.com/Anna Shvets

Jika kamu menyukai seseorang atau baru menjalin hubungan dengan seseorang, dia kerap menghamiki orang tersebut. Dia selalu mencari-cari keburukan dan kesalahannya. Kebiasaan ini bisa mengganggu, lho, nggak hanya mengganggu hubungan pertemanan tapi juga asmaramu.

4. Dia cemburu jika kamu pergi dengan orang lain

Pexels.com/Yaroslav Shuraev

Dia berharap jika kamu pergi hangout harus bersamanya. Makanya dia akan sebal, bahkan merasa cemburu, jika kamu pergi hangout dengan orang lain atau bahkan tampak bersenang-senang dengan teman baru.

5. Dia membenci orang yang menyakitimu

Unsplash.com/Sam Manns

Kamu mungkin sempat menjalani hubungan yang tidak mengenakkan dan akhirnya putus. Namun, temanmu justru menjadi orang yang terang-terangan tak mau memaafkan mantanmu dan terang-terangan membencinya. Walaupun kamu sudah move on, tampaknya temanmu malah tidak, tuh.

6. Orang terdekatmu merasa risih

Unsplash.com/Elevate

Keluarga atau pacarmu pasti akan merasa ada yang salah dengan sifat posesif temanmu. Jika orang terdekatmu merasa risih dengan perilaku posesif temanmu, maka hal itu telah mengganggu hubunganmu dengan orang lain, lho.

7. Dia benci jika ada orang lain memanggilmu sahabat

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Bagi dia, kamu adalah teman dan sahabatnya. Makanya dia bakal benci banget kalau sampai ada orang lain yang memanggilmu sahabat. Ini sudah ciri pasti temanmu itu posesif. Hati-hati, deh, Bela.

8. Marah jika kamu tak minta bantuannya

Pexels.com/Gabby K

Dia ingin selalu ada untukmu, di saat suka maupun duka. Dia ingin menjadi orang pertama yang kamu hubungi saat kamu mendapatkan masalah. Tapi jika dia marah-marah hanya karena kamu tak minta bantuannya, dia sudah bersikap terlalu posesif.

Itu dia ciri-ciri teman posesif yang perlu kamu ketahui, Bela. Kadang kamu menganggap perilakunya adalah perhatian, padahal dia ingin mengekangmu. Tetap berhati-hati, ya, jangan sampai pertemanan kalian menjadi toxic.

IDN Media Channels

Latest from Single