Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Setelah Ditolak, Ini 7 Cara Memperjuangkan Cintamu

Tak perlu langsung menyerah

Andhina Effendi

Semua orang tentu setuju, penolakan itu rasanya menyakitkan. Tapi apakah kamu lantas menyerah setelah cintamu ditolak? Semua itu kembali lagi pada dirimu. Jika kamu memang masih ingin memperjuangkan cintamu, boleh saja, namun tetap harus tahu batasnya, ya, Bela.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memperjuangkan cintamu setelah ditolak.

1. Pahami bahwa kamu akan merasa berbagai tahapan kesedihan

Unsplash.com/Zachary Kadolph

Merasa sedih itu wajar, jadi jangan berusaha untuk menyangkalnya. Kamu mungkin merasa tak percaya akan penolakan itu. Ada pula rasa kaget, marah, rasa sakit, kecewa, hingga kesedihan yang sangat dalam. Tak perlu terburu-buru untuk menghilangkannya, karena memang akan perlu waktu bagi kamu untuk move on.

2. Berhenti menyalahkan dirimu sendiri

Unsplash.com/Maria Victoria Heredia

Kamu pun harus berhenti menyalahkan dirimu sendiri akan penolakan itu. Tak semua penolakan yang kamu terima, karena ada kesalahan dalam dirimu. Kadang, dia yang menolakmu memang punya alasan tersendiri.

3. Jaga jarak dulu untuk sementara

Pixabay.com/Free-photos

Untuk sementara waktu, jaga jarak dulu dengan si dia. Jika kamu terlalu memaksakan diri, dia malah akan semakin risih dan lama-lama menjauh darimu. Jaga jarak ini juga bisa memberikan kamu waktu untuk menyembuhkan rasa sakit hati.

4. Saat perasaanmu sudah kembali tenang, tetap jaga hubungan

readersdigest.ca

Ketika kamu sudah mulai tenang dan semua kesedihan itu sudah mereda, nggak ada salahnya bagi kamu untuk menjaga hubungan baik dengan si dia, terutama jika kamu masih mau mencoba lagi. Namun jangan terkesan memaksakan, ya, Bela. Tetap jaga hubungan, tapi tak perlu terlalu intens. Cukup menekankan saja, bahwa kamu masih terbuka untuk pertemanan dengannya.

5. Fokus pada dirimu

https://www.pexels.com/@olly

Daripada terlalu fokus untuk mendapatkan dirinya, lebih baik kamu fokus pada dirimu dan bagaimana kamu bisa meningkatkan kualitas diri. Sibukkan dirimu dengan hobi baru, berkenalanlah dengan teman-teman baru, dan nikmati waktu bersama orang-orang yang bisa mendapatmu bahagia. Siapa tahu, ketika kamu terlihat makin percaya diri, si dia jadi lebih tertarik padamu atau justru ada orang lain yang lebih menarik darinya.

6. Dekati si dia, namun tetap beri kenyamanan padanya

Pixabay.com/Мария Ткачук

Jika kamu ingin mendekati si dia lagi, boleh saja, tapi jangan lupa untuk memberikan kenyamanan padanya. Pahami juga perasaan si dia yang baru menolakmu. Tentu ada perasaan canggung yang hinggap di hatinya. Saat mulai menjalin pertemanan lagi dengannya, usahakan tetap menjaga kenyamanan kalian berdua.

7. Tetap harus menerima hasil akhirnya

freepik.com

Kamu mungkin sudah beberapa kali mencoba, tapi ternyata tak berhasil juga mendapatkan hatinya, jangan berkecil hati, ya. Kamu sudah seharusnya siap menerima apa pun hasil akhirnya. Tak semua hal bisa kamu dapatkan. Justru kamu harus menanamkan keyakinan pada dirimu, bahwa kamu pasti akan mendapatkan yang terbaik. Jika kamu tak mendapatkannya, mungkin dia bukan yang terbaik untukmu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperjuangkan cinta setelah mendapat penolakan. Intinya, lakukan semuanya perlahan-lahan, ya, dan jangan terlalu memaksakan diri. Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Single