Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Ayat Alkitab Tentang Persahabatan

Sahabat adalah orang yang selalu ada untukmu.

Andhina Effendi

Seseorang bisa memiliki banyak teman, tapi biasanya hanya ada segelintir orang yang bisa menjadi sahabat. Hal itu karena sahabat adalah orang-orang terpilih dalam hidup kita yang selalu ada di saat suka maupun duka. 

Tentang persahabatan pun tertuang dalam ayat-ayat Alkitab yang bisa menjadi bimbingan bagi kamu dalam menjalin persahabatan yang baik dan penuh kasih sayang. Tak hanya itu, dalam ayat-ayat ini, kamu pun bisa menemukan saran dalam memaafkan sahabat atau ketika harus menghadapi masa-masa sulit bersama sahabat.

Di bawah ini adalah beberapa kutipan ayat firman Tuhan terbaik yang berkaitan dengan persahabatan.

1. Tentang kasih sayang pada sahabat

Pexels.com/Ichad Windhiagiri

Amsal 17:17 : Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.

 

Samuel 1:26 : Merasa susah aku karena engkau, saudaraku Yonatan, engkau sangat ramah kepadaku; bagiku cintamu lebih ajaib dari pada cinta perempuan.

 

Amsal 19:4 : Kekayaan menambah banyak sahabat, tetapi orang miskin ditinggalkan sahabatnya.

 

Amsal 17:9 : Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib.

 

Roma 12:10-11 : Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. 

2. Tentang pentingnya saling tolong-menolong

Pexels.com/Monstera

Filipi 2:4 : Dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.

 

Galatia 6:2 : Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

 

Amsal 18:24 : Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara.

 

Mazmur 133:1 : Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!

 

Roma 12:10-11 : Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. 

3. Sahabat yang kamu pilih punya dampak bagi kehidupanmu

https://www.pexels.com/@cottonbro

Amsal 22:24-25 : Jangan berteman dengan orang yang cepat marah, dan jangan bergaul dengan seorang pemarah, supaya jangan sampai kamu mempelajari jalannya, dan memasang jerat bagi dirimu sendiri.

 

Amsal 16:28 : Orang yang curang menimbulkan pertengkaran, dan seorang pemfitnah menceraikan sahabat yang karib.

 

Mazmur 26:4
Aku tidak duduk dengan penipu, dan dengan orang munafik aku tidak bergaul.

 

Amsal 27:5-6 : Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi. Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah.

 

Amsal 27:10 : Jangan kautinggalkan temanmu dan teman ayahmu. Jangan datang di rumah saudaramu pada waktu engkau malang. Lebih baik tetangga yang dekat dari pada saudara yang jauh.

4. Kekuatan persahabatan itu nyata adanya

https://www.pexels.com/@elevate

Ibrani 10:24-25 : Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

 

Amsal 27:17 : Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.

 

1 Korintus 15:33 : Janganlah kamu sesat. Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

 

Amsal 15:22 : Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.

 

1 Tesalonika 5:11 : Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.

Itulah deretan ayat-ayat Alkitab tentang persahabatan. Jagalah persahabatan yang kamu miliki, Bela, karena mereka hadir untuk membuat hidupmu lebih bermakna.

IDN Media Channels

Latest from Single