Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Keuntungan Berteman dengan INFP, Si Setia Kawan

Seorang pendengar yang baik dan tidak suka menghakimi

Anatasia Anjani

Dalam menjalin hubungan pertemanan, INFP adalah sosok yang loyal. INFP adalah singkatan dari Introvert, Intuition, Feeling, dan Perception. Menurut mereka, persahabatan sangat penting dan harus dijaga. Alasannya, INFP sering merasa kesepian, sehingga membutuhkan sosok disampingnya. 

INFP juga menyukai gagasan tentang memiliki seseorang yang dapat dipercaya dan diandalkan dalam kondisi apa pun. INFP mengharapkan seseorang yang ingin menghabiskan waktunya bersama mereka, sehingga persahabatan adalah hal yang sangat berharga.

Bagi INFP menjadi teman sangatlah penting dan bermakna, sehingga mereka menganggap persahabatan sebagai sesuatu yang serius. Tak heran, jika INFP dianggap sebagai sosok yang setia kawan.

Nah, apa saja keuntungan berteman dengan INFP? Simak penjelasan berikut ini, ya!

1. Pemberi nasihat yang bijak

unsplash.com/Kinga Cichewicz

Salah satu keunggulan dari INFP adalah pandai menganalisis situasi sekitar. Dari kemampuan menganalisis itu, INFP mampu memberikan saran yang terbaik. 

Ada hari ketika kita merasa kesal dan bersalah, INFP akan datang untuk menghiburmu. Jika kamu mengalami hari yang buruk dan bercerita dengan INFP, mereka akan mendengarkanmu dengan seksama.

INFP memiliki kemampuan untuk mencari tahu akar masalahnya dan memberikan solusi terbaik.

2. Jarang menghakimi sahabatnya sendiri

https://www.pexels.com/Foto oleh Julia Larson

INFP sangat jarang menghakimi sosok temannya sendiri. Hal ini dikarenakan INFP percaya setiap aksi yang dilakukan memiliki alasan di baliknya. INFP adalah orang yang tepat untuk diajak curhat ketika kamu berbuat salah dan membutuhkan ruang aman untuk meluapkannya.

Dia mengerti bahwa setiap orang dapat berbuat salah dan itu merupakan hal yang wajar. Walaupun terkadang INFP kurang memanjakan kamu, mereka akan selalu berusaha untuk memahami kamu.

Wah, cocok untuk menjadi best friend for life, nih!

3. Mereka spontan dan menyenangkan

Pexels.com/Gustavo Fring

Terlepas dari sikapnya yang serius, INFP sangat mengapresiasi hal yang terjadi padanya. Mereka diibaratkan seperti anak kecil yang mudah senang. Ketika mereka merasa nyaman di sekitar seseorang, mereka tidak akan malu-malu menunjukkan sisi konyolnya.

Suka mengajak orang melakukan sesuatu secara mendadak? INFP akan bersedia melakukannya. Kamu bisa menghubungi INFP saat tengah malam dan mengajaknya membuat kue.

Mereka akan menjawabnya dengan antusias. Energi baik dari INFP juga menularkan teman-teman sekitarnya.

4. Menerima kekurangan kamu

unsplash.com/DESIGNECOLOGIST

Jika diibaratkan dengan sesuatu, INFP seperti buku harian untuk mencurahkan perasaan baik ataupun buruk. Kamu dapat memberi tahu mereka semua pemikiran yang menyedihkan sekalipun dan mereka tidak akan pernah mengejeknya.

Jika kamu mengalami hari yang buruk, INFP juga ikut merasakannya dan berempati dengan semua emosi temannya. Walaupun kamu mengirimkan pesan sedih dan putus asa, INFP tidak akan menghakimi dan mentertawakanmu.

INFP akan mengatakan untuk tidak takut dan menyampaikan pesan yang menenangkan. Mendengarkan dan menghibur teman adalah kelebihan INFP.

5. Sangat melindungi sahabatnya

pexels.com/Rodnae Productions

Hal yang tidak disukai INFP adalah konflik, namun daripada menghindarinya, INFP lebih suka membela orang-orang yang sesuai prinsipnya.

Selain itu, INFP juga menghargai waktu sendiri dan tidak terlalu gusar ketika mereka disinggung. Tetapi jika kawannya disinggung, INFP akan membelanya.

Seorang INFP bisa langsung datang ketika orang yang disayangi membutuhkan bantuan dan berani melawan siapa pun yang menghentikannya.

6. Melihat potensi sahabatnya sendiri

unsplash.com/Omar Lopez

Jika kita cenderung ragu dengan kemampuan diri sendiri, seorang INFP bisa melihat kebaikan dalam diri setiap orang yang mereka temui. Ketika kamu sedang terpuruk, dia akan datang untuk menyemangatimu dengan tulus dan penuh kasih sayang.

Meskipun begitu, INFP juga memiliki daftar orang-orang yang ingin dijauhinya agar tidak menyebabkan konflik. Dia suka melihat kelebihan orang lain dan menganalisisnya dengan tepat. Jadi ketika dia memilihmu menjadi teman berarti kamu adalah sosok yang tepat.

Itulah keuntungan berteman dengan INFP, jangan sampai dilepas, ya!

IDN Media Channels

Latest from Single