Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Idol K-Pop dengan MBTI INFJ, Si Unik yang Kreatif!

Nggak ragu-ragu untuk mengekspresikan dirinya

Anatasia Anjani

Salah satu jenis kepribadian yang unik berdasarkan Myer Briggs Type Indicator (MBTI) adalah INFJ. Untuk yang belum tahu, INFJ adalah tipe kepribadian dengan aspek introvert, intuitif, perasaan, dan menilai. Tipe ini kadang-kadang disebut sebagai advokat atau idealis, orang dengan kepribadian ini sering merasa disalahpahami.

Selain itu, mereka adalah perfeksionis yang santai. Sosok ini logis dan emosional, kreatif, dan analitis. Nah, bicara soal kepribadian, di Korea Selatan sendiri MBTI cukup menjadi perbincangan. Bahkan, konten beberapa idol K-Pop itu pun banyak yang membahas MBTI masing-masing member.

Lantas, siapa saja idol K-Pop yang punya MBTI INFJ? Yuk, cari tahu di sini!

1. Wonwoo ‘Seventeen’

Instagram/ everyone_woo

Idol yang lahir pada tanggal 17 Juli 1996 ini memiliki tipe MBTI INFJ. Dalam serial dokumenter Seventeen Hit The Road, ia mengaku sulit berinteraksi dengan orang baru dan lebih nyaman dengan lingkaran pertemanan yang kecil.

Rapper Seventeen ini juga lebih senang menghabiskan waktunya sendiri seperti bermain game, menonton film, dan membaca buku. Sisi kreatif yang dimiliki oleh Wonwoo, yaitu pandai menulis dan membuat video.

Wonwoo sendiri sering menuliskan kata-kata hangat untuk mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Carat (fans Seventeen) melalui platform Weverse.

2. Mark ‘NCT’

SM Entertainment

Si serba ada di tiap unit NCT, Mark Lee juga punya MBTI INFJ. Bukan tanpa sebab dirinya bisa debut di tiap unit NCT dan SuperM, sosok Mark dikenal sebagai idol yang memiliki banyak bakat. Ia adalah seorang rapper, producer, hingga dancer.

Nggak hanya itu saja, lho. Mark juga berhasil merilis lagu solonya yang berjudul Child. Melalui lagu itu, ia mengeluarkan semua kegelisahannya sebagai seorang penghibur. Dari lagunya, Mark mencoba memaknai kehidupan yang ia jalani. Sifat itu merupakan salah satu kekuatan INFJ.

3. Woozi ‘Seventeen’

Allkpop

Satu lagi member Seventeen yang ber-MBTI INFJ adalah Woozi. Dijuluki sebagai si jenius dalam grup, laki-laki bernama lengkap Lee Ji Hoon ini adalah seorang produser dan main vocal grup. Hampir seluruh lagu Seventeen ditulis oleh Woozi.

Bukan suatu hal yang mengherankan bagi Woozi, sosok INFJ ini memang dikenal sangat kreatif dan artistik. Tidak hanya itu, ia juga sangat menghargai pertemanannya dengan para member sehingga menuliskan beberapa lagu untuk mereka.

4. Yunjin 'Le Sserafim'

Instagram/ jenaissante

Rookie (grup baru) idol group Le Sserafim yang dikenal dengan lagunya, Fearless, juga memiliki member yang INFJ, yaitu Yunjin. Perempuan kelahiran tahun 2001 ini sangat berbakat dan berani menyuarakan apa pun yang ia rasakan.

Sosok INFJ memang dikenal sebagai kepribadian idealis yang percaya dengan nilai-nilai yang dipegangnya. Hal ini sangat terlihat dari Yunjin, ia mendukung komunitas LGBTQ yang mana isu ini sangat sensitif di Korea Selatan.

Tidak hanya itu saja, Yunjin juga menuliskan lagu solonya yang berjudul Raise Your Glass. Lirik bahasa Inggris dari lagu tersebut menyampaikan rasa frustrasi Yunjin. Pilihan kosakatanya membuktikan betapa jujurnya dia pada dirinya sendiri dan menunjukkan perasaannya apa adanya, tidak peduli apa yang orang katakan.

5. Heesung ‘Enhypen’

NME

Member tertua Enhype, Heesung, dikenal sebagai sosok yang penyayang dan totalitas. Bukan sesuatu mengherankan jika sifatnya sangat menggambarkan kepribadian INFJ.

Saat masih menjadi peserta survival show dalam I-Land, ia menjadi peserta dengan penggemar terbanyak. Fans sangat menyukai sifatnya yang perfeksionis ketika tampil di panggung.

6. Cha Eun Woo ‘Astro’

instagram.com/eunwo.o_c

Pemain K-Drama True Beauty, Cha Eun Woo, sempat membuat publik terkejut soal keinginannya untuk menikah. Visual grup Astro ini sangat cocok dengan kepribadian INFJ yang memiliki rasa kasih sayang yang kuat.

Ia juga peka terhadap apa yang orang lain rasakan, Eun Woo selalu menampilkannya dalam variety show yang diikutinya. Salah satunya variety show-nya yaitu Master In The House, di acara itu, ia bercerita soal cita-citanya di masa depan yang ingin berumah tangga.

7. Chaeryeong ‘ITZY’

Instagram/ itzyofficial_jp

Main dancer ITZY, Chaeryeong, juga seorang INFJ. Awalnya MBTI-nya adalah ESFJ, namun setelah melakukan tes ulang berubah menjadi INFJ.

Nggak mengejutkan, karena saat ia berada di tengah-tengah membernya yang berisik dan ramai, Chaeryeong tetap tenang dan kalem. Ini menunjukkan bagaimana ia benar-benar seorang INFJ.

8. Taeyeon ‘Girls Generation’

Instagram/ taeyeon_ss

Solois sekaligus leader Girl Generation, Taeyeon, mengatakan MBTI-nya berubah dari ISFJ menjadi INFJ. Taeyeon menyebut kepribadiannya sangat cocok dengan dirinya.

Taeyeong dikenal sebagai sosok yang dermawan, ia gemar memberikan donatur dalam jumlah besar.

Dia secara teratur menyumbangkan uangnya untuk amal dan menjadi anggota klub kehormatan Palang Merah di Korea. Selain itu, Taeyeon adalah sosok yang kreatif, hal itu terlihat dari musik-musik yang ditulisnya.

Ia juga sering dipuji oleh penggemarnya karena pemikirannya yang bijaksana, salah satunya saat diminta saran untuk menjaga kesehatan mentalnya. Menurutnya, untuk menjaga kesehatan mental, kita harus mempercayai diri sendiri dan mengurangi ekspektasi terhadap orang lain.

Itulah beberapa idol yang memiliki MBTI INFJ, si kreatif yang unik. Siapa, nih, yang MBTI-nya sama dengan idol K-Pop di atas?

IDN Media Channels

Latest from Single