Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Rekomendasi Film tentang Anak Kembar, Harus Ditonton!

Ayo coba memahami ikatan anak kembar!

Anatasia Anjani

Kelahiran anak menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Terlebih, jika ternyata bayi yang dinanti merupakan calon bayi kembar.

Anak kembar berarti dua orang anak atau lebih yang lahir dalam satu masa kehamilan yang sama. Kisah anak kembar yang beragam juga banyak dipotret melalui berbagai film. Apa saja? Simak rekomendasi berikut ini, yuk, Bela!

1. The Parent Trap (1998)

E! Online

Salah satu film populer dengan tokoh kembar adalah The Parent Trap. Dalam film ini, sosok anak "kembar" diperankan oleh satu artis, yakni Lindsay Lohan. Mengisahkan anak kembar perempuan identik yang terpisah karena perpisahan orangtua mereka, Annie dan Hallie pada awalnya tidak tahu satu sama lain. Sejak lahir, keduanya hidup masing-masing.

Annie tinggal bersama ibunya, seorang desainer terkemuka di London. Sementara, Hallie hidup dengan sang ayah, seorang pemilik kebun anggur di California.

Suatu waktu pada liburan musim panas, keduanya bertemu dan menyadari hubungan keduanya, terutama dengan adanya fakta wajah mereka yang sama persis. Dari sini, Annie dan Hallie menyusun rencana untuk membuat keluarga mereka kembali bersatu.

Keduanya memutuskan untuk bertukar identitas dan mengenal masing-masing orangtua yang tidak pernah mereka temui sebelumnya, sampai akhirnya mereka berusaha untuk kembali menyatukan keduanya.

Disutradarai Nancy Meyers, film yang dinominasikan sebagai Best Family Feature (Comedy) dalam Young Artist Award 1999 ini menjadi film yang melambungkan nama Lindsay Lohan. Berdurasi 2 jam 8 menit, film ini membawa penonton mengikuti petualangan tokoh utama dalam berupaya kembali menemukan arti keluarga.

2. You & Me & Me (2023)

My Drama List

Film Thailand berlatar tahun 1999 ini menceritakan dua remaja kembar bernama You dan Me. Hubungan keduanya digambarkan sangat dekat, selalu menghabiskan waktu bersama sejak kecil hingga remaja, tak pernah terpisah terlalu lama. Lahir dari telur yang sama, wajah keduanya hampir identik, dibedakan dengan tahi lalat di pipi yang dimiliki Me. 

Ikatan yang dimiliki keduanya membuat keduanya bertukar rahasia—termasuk rasa suka yang tumbuh di masa remaja mereka. Keberadaan Mark di lingkungan keduanya, pada akhirnya membuat You menaruh hati padanya. Tentu saja Me mengetahui hal itu. Namun, semakin lama menghabiskan waktu bersama, Mark jauh lebih terbuka pada Me. Hubungan ketiganya pun menjadi rumit, terutama bagi Me dan You yang tidak pernah berada dalam situasi itu.

Didapuk sebagai pemeran utama, Baipor Thitiya Jirapornsilp berhasil memerankan kedua tokoh dengan sangat baik. Dibantu arahan sang sutradara kembar, Wanwaew Hongvivatana dan Waewwan Hongvivatana, film ini masuk ke dalam nominasi Best New Film di ajang Beijing International Film Festival.

Tayang pada awal tahun ini, saat ini You & Me & Me bisa ditonton melalui platform streaming Netflix.

3. She's The Man (2006)

Youtube

Film yang dibintangi Amanda Bynes ini mengisahkan Viola Hastings yang menyamar menjadi saudara kembar laki-lakinya, Sebastian. Ini dimulai dari kesukaannya bermain sepak bola, namun sekolahnya tidak mengizinkan tim perempuan berlatih sepak bola. Berpikir bahwa tidak bisa mengubah aturan saat itu juga, ia mencari jalan pintas dan menemukan solusinya melalui kembarannya. Saat Sebastian "kabur" dari asrama, Viola yang mengetahuinya justru masuk menggantikannya tanpa sepengetahuan Sebastian. 

Hidup di asrama untuk kali pertama, ia menikmati hari-harinya dan bergabung dengan tim sepak bola. Namun, persoalan muncul saat benih-benih perasaan muncul terhadap teman sekamarnya, Duke. Sayangnya, Duke sudah menyukai gadis lain di sekolah, yakni Olivia. Tapi ternyata, Olivia jatuh cinta pada Sebastian.

Kerumitan ini menjadi sekelumit yang harus dihadapinya, terlebih ketika tiba-tiba Sebastian kembali tanpa ia tahu bahwa selama ini Viola masuk menggantikannya!

Selain Amanda Bynes, film ini turut dibintangi Channing Tatum, Laura Ramsey, serta James Kirk. Film yang disutradarai Andy Fickman dan berhasil menghibur penonton dan membuatnya terpilih sebagai pemenang Teen Choice Award 2006 Kategori Komedi.

4. Summer Breeze (2008)

IMDB

Film Indonesia yang dibintangi Chelsea Olivia Wijaya, Marcel Chandrawinata, serta Mischa Chandrawinata ini merupakan adaptasi novel berjudul sama karya Orizuka. Film ini mengisahkan cinta segitiga dari ketiga tokoh utama, yaitu Reina, serta si kembar Ares dan Orion.

Berteman sejak kecil, tak lama Reina harus pindah ke Amerika karena pekerjaan ayahnya. Ares dan Orion yang menyukai Reina harus mengalami perpisahan menyedihkan. Waktu berlalu dan keduanya bertambah dewasa. Tanpa diketahui, ketika si kembar berulang tahun yang ke-20, Reina kembali.

Pertemuan itu membuatnya menyadari adanya jurang antara Ares dan Orion, berbeda dengan hubungan yang ada saat mereka kecil. Setelah ditelusuri, ia menemukan bahwa perbedaan perlakuan dari sang ayah membuat Ares dan Orion sulit menyukai satu sama lain. Bahkan, keduanya bisa dikatakan saling membenci. Kehadiran Reina pada akhirnya bisa kembali mendekatkan keduanya, namun persoalan muncul saat keduanya terlibat perkelahian dengan pihak lain.

5. The Shining (1980)

The Telegraph

Film bergenre horor ini sangat identik dengan dua sosok anak perempuan kembar bergaun biru yang diperankan Lisa dan Louise Burns. Meskipun bukan sebagai tokoh utama, sosok kembar keduanya yang dimunculkan sebagai "penampakan" membuat keduanya disebut-sebut sebagai tokoh kembar paling mengerikan dalam sejarah perfilman.

The Shining sendiri mengisahkan tentang penulis bernama Jack Torrance yang mendapatkan pekerjaan sebagai penjaga Hotel Overlook yang tutup selama musim dingin. Ia membawa istrinya, Wendy, dan anaknya yang memiliki indra keenam, Danny, untuk tinggal di sana sambil lanjut mengerjakan proyek menulisnya.

Sebelumnya, sang Manajer Hotel, Stuart Ullman, memperingatkan Torrance bahwa terdapat kejadian buruk yang menimpa penjaga hotel sebelumnya, yang akhirnya membunuh keluarga dan dirinya sendiri. Bahkan, seorang koki juga mengingatkannya untuk tidak mendekati kamar 237.

Seiring berjalannya waktu, Danny merasakan bahwa ada hal-hal ganjil yang terjadi di hotel. Ia juga "digiring" masuk ke kamar 237, yang pada akhirnya semakin membuatnya menjadi sasaran serangan teror—terutama dari si kembar. Pun semakin lama, Torrance merasakan keanehan dan hasrat ingin menghabisi keluarganya seperti yang terjadi pada penjaga hotel sebelumnya. 

Film ini merupakan hasil karya Stanley Kubrick yang disebut-sebut sebagai karya terbaiknya. Diadaptasi dari novel karya Stephen King dengan judul sama yang diterbitkan pada 1977, faktanya tokoh si kembar merupakan ide dari Stanley. Dalam novelnya, anak penjaga hotel merupakan dua kakak beradik yang tidak digambarkan sebagai anak kembar identik.

Apa pun genre film yang kamu nikmati, tak ada salahnya menyelam dalam kisah anak kembar seperti yang ada di film-film tersebut.

Hadir dalam berbagai tema dan berasal dari berbagai negara, penggambaran tentang anak kembar tidak semata hanya dilihat tanpa masalah, melainkan dengan keunikan dan masalahnya masing-masing.

Jadi, film mana yang mau kamu tonton?

IDN Media Channels

Latest from Single