Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lakukan Manner Hands, 8 Idol Kpop Ini Dinilai Punya Sikap Gentleman

Sukses bikin hati penggemar meleleh!

Ajenk Rama

Tidak hanya tampan dan berbakat, tapi para idol Kpop juga terkenal dengan budaya sopan santunnya yang bisa bikin hati perempuan meleleh, lho. Salah satu budaya sopan santun yang terkenal di kalangan idol Kpop, adalah manner hands atau tangan santun. 

Nah, biasanya, manner hands yang dilakukan idol Kpop itu adalah sengaja tidak menyentuh pundak atau pinggul dari lawan jenis saat berfoto. Berkat manner hands ini, beberapa idol Kpop ini menuai pujian dan dinilai memiliki sikap gentle dan tidak mencuri kesempatan ketika berdekatan dengan lawan jenis. Panutan banget, ya

Hhmm, siapa sajakah idol Kpop yang melakukan manner hands dan mendapat predikat sebagai laki-laki yang gentleman? Yuk, cari tahu di bawah ini, Bela. 

1. Jackson 'GOT7'

Facebook.com/sunshinejacksonwang

Rapper andalan dari GOT7 ini memang terkenal sejak dulu dengan sikap sopan dan gentleman-nya terhadap orang lain, terutama perempuan. Malah, ia pernah menegur dengan keras seorang pria tak dikenal ketika ia melihat pria tersebut mendorong perempuan lain hingga terjatuh di depan matanya. 

Selain itu, saat berfoto dengan penggemar pun, ia berusaha untuk menyentuh pundak penggemarnya tersebut secara langsung. Ini salah satu bentuk manner hands yang selalu Jackson lakukan untuk menghargai seorang perempuan. 

Bahkan, sikap sopannya Jackson sampai Trending Topic di sosial media kala ia meletakkan jauh tangannya dari area dada Jessi dan menutup matanya ketika berhadapan dengan Jessi dari jarak dekat. 

Keduanya sempat berkolaborasi dengan menampilkan lagu "Nunu Nana" di perhelatan musik KBS Song Festival 2020. Tentu saja, aksi gentleman-nya Jackson kala itu langsung banjir pujian dari warganet. Good attitude banget, Bela. 

2. V 'BTS'

Koreaboo.com

Saat tampil di acara American Music Awars 2017, V 'BTS' sempat menuai kritikan karena aksinya yang dianggap tidak sopan oleh budaya Amerika. Padahal, perbedaan kultur ini justru di budaya Korea Selatan dinilai sangat sopan dan mempunyai sikap yang gentleman terhadap seorang perempuan, lho. 

Aksi manner hands V terlihat saat ia berusaha untuk tidak menyentuh pundak belakang seorang reporter perempuan yang memeluknya dengan antusias. Lihat saja, tangan V yang tampak menjaga jarak dari lawan jenisnya tersebut. Duh, bikin hati jadi meleleh, nih!

3. Jungkook 'BTS'

Wowkeren.com

Tidak hanya V, namun anggota termuda dari BTS, yakni Jungkook juga melakukan aksi manner hands yang sama ke penggemarnya. Demi menjaga sikap soapnnya ini, Jungkook beberapa kali terlihat tidak pernah meletakkan tangannya di atas pundak atau punggung penggemar. 

Sikap gentleman Jungkook ini tentu mendapat respons yang positif dari publik. Contohnya seperti foto di atas juga terlihat tangan Jungkook yang tampak menjauh dari pundak penggemar perempuannya, meski terlihat sekilas, ia berfoto sangat dekat dengan penggemar. 

4. D.O 'EXO'

Inikpop.com

Bernaung di bawah agensi SM Entertainment, D.O 'EXO' dikenal sebagai anggota yang mempunyai kepribadian yang hangat dan baik. Nggak heran, kalau D.O 'EXO' juga memiliki sikap manner hands terhadap penggemarnya. 

Tampak dari foto di atas, jika tangan D.O 'EXO' terlihat tetap mempertahankan tangannya menjauh dari bahu kedua penggemar perempuan yang berfoto bersamanya. 

5. Cha Eunwoo 'ASTRO'

Kstarlive.com

Sering membuat para perempuan terpesona dengan paras tampannya, ternyata tidak membuat Cha Eunwoo mengambil kesempatan untuk bisa lebih dekat dengan perempuan yang mengagguminya tersebut. 

Selain itu, Eunwoo 'ASTRO' juga mendapat predikat sebagai idol Kpop berkepribadian baik dan jenius. Meski berfoto sangat dekat, ternyata tangan Cha Eunwoo yang berada di belakang sama sekali tidak menyentuh lawan jenisnya, lho. 

6. Yoo Sungjae 'BTOB'

Twitter.com/yookiestar06

Laki-laki yang tengah menjalani wajib militer ini juga dikenal dengan sikap manner hands-nya, lho. Sikap santunnya tersebut sempat membuat Sungjae menjadi topik perbincangan dan mendapat acungan jempol di kalangan penggemar. 

Kala itu, Taeyeon 'SNSD' tengah memberikan pidato kemenangannya di acara musik, tangan Sungjae langsung menjaga kepala Taeyeon 'SNSD' dari confetti yang turun. Tidak hanya itu, saat berfoto dengan penggemar perempuan, tangan Sungjae terlihat tidak menyentuh bahu penggemarnya itu, lho. 

7. Changmin 'TVXQ'

Kstarlive.com

Jauh sebelum menikah dengan pasangannya, Changmin 'TVXQ' memang menjadi panutan untuk para idol Kpop lainnya. Selain tampan dan berbakat, ia juga memiliki kepribadian rendah hati dan jarang terlibat skandal miring, lho. 

Saat harus berada di atas panggung dengan Lee Yeon Hee, Changmin tetap menjaga tangannya. Ia tampak berhati-hati menyentuh bahu Lee Yeon Hee, hanya jari-jari Changmin saja yang menyentuh agar lawan jenis tersebut tetap merasa nyaman. Two thumbs buat manner hands-nya Changmin, deh!

8. Choi Siwon 'Super Junior'

Kpopstarz.com

Terakhir, satu lagi idol Kpop yang berasal SM Entertainment yang dianggap sangat menjaga sikap santunnya di depan publik, yakni Siwon 'Super Junior'. Tidak perlu diragukan lagi, apalagi Choi Siwon juga termasuk penganut agama yang taat. Tentu, sikap manner hands masuk ke dalam keseharian Siwon saat harus bertemu dengan siapa pun. 

Meski berfoto sangat dekat dengan seorang perempuan, lihat tangan Siwon satunya, ia sama sekali tidak menyentuh bahu atau pinggang perempuan tersebut, malah tangan Siwon ditaruh di tembok belakang. Wah, Siwon sopan banget, ya!

Sikap manner hands ini dilakukan agar penggemar perempuan yang berfoto atau memeluk idol Kpop tetap merasa nyaman, lho. Namun, idol Kpop ingin menjaga kehormatan dan menghargai ruang pribadi dari penggemar perempuannya. Pantas saja, para idol Kpop ini banjir pujian dari publik, ya. 

Itulah sederet idol Kpop dengan sikap gentleman-nya saat melakukan manner hands. Menurut kamu, siapa lagi yang mempunyai sikap serupa, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single