Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Hal yang Membatalkan Puasa antara Suami dan Istri

Jangan sampai ibadah puasa kamu sia-sia!

Rosita Meinita

Bulan Ramadan ini merupakan salah satu ajang untuk mengumpulkan pahala. Ramadan tahun ini pun berbeda dari Ramadan sebelumnya, karena kamu lebih banyak beraktivitas #dirumahaja. Intensitas kamu bertemu dengan suami jadi lebih sering dan bisa-bisa kemungkinan kamu batal puasa juga lebih besar, nih!

Walaupun nggak berniatan untuk berhubungan seks terkadang kita nggak sadar, lho, Bela melakukan hal yang membatalkan puasa bersama suami. Wah, apa saja ya itu?

1. Membuka situs dewasa

freepik.com/ freepik

Nah, mungkin kamu akan nggak sadar melakukan hal ini, yaitu membuka situs dewasa. Hal ini akan mengurangi pahalamu lho Bela, karena kamu secara sengaja membuka foto maupun video yang merangsangmu. Hal ini boleh saja dilakukan, asal setelah buka puasa tiba ya.

2. Bermesraan hingga keluar sperma

freepik.com/ user10752789

Walaupun bermesraan sendiri bukan dimaksudkan langsung berhubungan seks, tetapi kegiatan ini memancing untuk adanya ejakulasi. Bermesraan bisa bermacam-macam, baik itu berciuman, berpelukan, mandi bersama, ataupun cuddle.

Jika pasangan nggak bisa mengontrol keluarnya sperma, ejakulasi akan membatalkan puasa.

3. Bertengkar di siang hari

freepik.com/ yanalya

Rumah tangga memang akan ada asam manisnya, salah satunya dengan adanya pertengkaran. Bertengkar juga akan mengurangi pahala berpuasa, karena kamu dan pasangan nggak bisa mengatur emosimu.

Hal-hal kecil seperti ini sebaiknya bisa dikurangi dengan melakukan hal yang bermanfaat semisal bersih-bersih rumah, memasak bersama dan bekerja bersama.

4. Melakukan hubungan seks di siang hari.

freepik.com/ boggy

Walaupun berhubungan seks sah-sah saja dilakukan oleh suami istri, hal ini akan membatalkan puasamu jika dilakukan pada siang hari.

Seperti yang tertera pada QS. Al-Baqarah: ayat 187, berhubungan seks boleh saja dilakukan saat malam hari di bulan puasa. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar untuk menahan hawa nafsumu ya, Bela.

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan

IDN Media Channels

Latest from Sex