Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berhubungan Intim Setelah Subuh Saat Bulan Puasa, Batalkah?

Ketahui dulu, yuk, hukumnya.

Raga Putra Wiwaha

Puasa merupakan ibadah wajib yang diperintahkan oleh Allah selama satu bulan lamanya, yakni di bulan Ramadan. Selain itu, Allah juga memerintahkan ibadah puasa sunnah lainnya yang dilakukan pada waktu tertentu seperti 9 Dzulhijjah, Senin-Kamis dan pertengahan bulan. Pada intinya puasa yaitu menahan diri dari sesuatu yang dapat membatalkan puasa. Lantas bagaimana jika kamu dan pasangan berhubungan intim saat puasa setelah subuh. Apakah batal? 

Berhubungan intim saat puasa

Freepik.com/Jcomp

Selama menjalankan ibadah puasa, hal-hal yang perlu diperhatikan karena dapat membatalkan puasa seperti makan, minum, dan berhubungan intim terlebih selama seharian penuh dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Jika hubungan intim dilakukan setelah sholat subuh, artinya sudah memasuki waktu puasa sehingga tidak diperbolehkan.

Mandi wajib saja tidak cukup karena perbuatan yang dilakukan jelas-jelas sudah membatalkan puasa apalagi jika hubungan intim suami istri dilakukan saat sudah memasuki waktu puasa. Ibadah puasa dilaksanakan mulai dari waktu imsak atau terbit fajar hingga setelah terbenam matahari.

pexels.com/Vlada Karpovich

Perintah untuk berpuasa sebagaimana tercantum dalam Quran Surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Pada dasarnya, puasa artinya adalah menahan diri dari perbuatan yang awalnya halal atau boleh yakni makan, minum, dan berhubungan intim. Walaupun dengan istri sendiri dan dalam hubungan halal, melakukan hubungan intim pada batas waktu ibadah puasa tetap tidak diperbolehkan.

Sehingga jelas bahwa hubungan intim yang dilakukan dalam jangka waktu dari terbit fajar hingga terbenam matahari adalah dilarang dan membatalkan puasa. Suami istri tetap bisa berhubungan intim di bulan Ramadan hanya di waktu setelah berbuka hingga menjelang sahur.

Cara mengganti batalnya puasa karena hubungan intim

Pinterest.com/Womangettingmarried

Jika batalnya puasa disebabkan karena makan dan minum bisa diganti atau di-qada di luar bulan Ramadan. Namun bagaimana jika terlanjur berhubungan intim saat puasa setelah subuh karena tidak bisa menahan hawa nafsu?

Suami istri yang melakukan hubungan intim setelah subuh saat puasa otomatis batal puasanya, sehingga meskipun memaksakan diri untuk tetap berpuasa, ibadah puasa yang dilakukan tidak sah. Mereka harus tetap mengganti atau mengqadanya di luar bulan Ramadhan.

Selain itu, terdapat tambahan kewajiban lainnya, yakni harus membayar kafarat dengan berpuasa dua bulan berturut turut atau memberi makan 60 orang miskin, atau memerdekakan hamba sahaya. Sehingga kewajiban yang harus dilakukan untuk mengganti puasa yang batal karena berhubungan intim jatuhnya lebih berat.

Waktu berhubungan intim saat puasa

Pinterest.com/Creativemarket

Melakukan hubungan intim suami istri selama bulan puasa sebetulnya memang tidak dilarang dalam agama Islam selama mengikuti aturan tertentu. Memang tidak ada dalil khusus yang menjelaskan tentang waktu khusus untuk berhubungan intim.

Namun, sebagai umat muslim kamu bisa belajar dari riwayat yang menceritakan tentang kebiasaan orang saleh di zaman dahulu dalam memilih waktu berhubungan intim. Berikut ini beberapa waktu diperbolehkannya behubungan intim saat puasa, di antaranya:

1. Malam hari

Toa Heftiba/Unsplash

Batas waktu untuk menjalankan ibadah puasa adalah mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selama waktu tersebut, umat muslim dilarang untuk melakukan aktivitas yang dapat membatalkan seperti makan, minum, dan berhubungan suami istri. Sehingga selama seharian penuh harus benar-benar menahan diri dari godaan.

Baru setelah waktu berbuka tiba yakni saat matahari sudah terbenam, maka aktivitas tersebut boleh dilakukan oleh umat muslim baik makan, minum, maupun berhubungan intim suami istri. Perlu diketahui bahwa ada tiga waktu aurat yang dianjurkan untuk berhubungan suami istri ketika tidak sedang berpuasa.

Envanto Elements

Waktu yang dimaksud tersebut adalah setelah isya, sebelum subuh, dan siang hari waktu dzuhur. Hal tersebut sebagaimana firman Allah dalam Quran Surat An Nur ayat 58 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِيْنَ مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ وَالَّذِيْنَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلٰثَ مَرّٰتٍۗ مِنْ قَبْلِ صَلٰوةِ الْفَجْرِ وَحِيْنَ تَضَعُوْنَ ثِيَابَكُمْ مِّنَ الظَّهِيْرَةِ وَمِنْۢ بَعْدِ صَلٰوةِ الْعِشَاۤءِۗ ثَلٰثُ عَوْرٰتٍ لَّكُمْۗ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌۢ بَعْدَهُنَّۗ طَوَّافُوْنَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ عَلٰى بَعْضٍۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Hendaklah hamba sahaya (laki-laki dan perempuan) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig (dewasa) di antara kamu, meminta izin kepada kamu pada tiga kali (kesempatan) yaitu, sebelum shalat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari, dan setelah shalat Isya. (Itulah) tiga aurat (waktu) bagi kamu. Tidak ada dosa bagimu dan tidak (pula) bagi mereka selain dari (tiga waktu) itu; mereka keluar masuk melayani kamu, sebagian kamu atas sebagian yang lain. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat itu kepadamu. Dan Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.

Menurut riwayat dari Muqatil bin Hayyan, sebab turunnya ayat ini adalah karena ada suami istri yang sering membuatkan makanan untuk Rasulullah dari kalangan anshar. Pada suatu ketika, budak atau pembantunya masuk ke kamar untuk menemui mereka tanpa izin. Padahal di waktu yang mereka tidak sukai untuk ditemui.

Lalu, sang istri pun melaporkan kepada Rasulullah terkait hal tersebut hingga akhirnya turun ayat yang mengatur tentang waktu untuk melakukan hubungan intim suami istri.

2. Setelah tahajud

Pinterest.com/Mina

Waktu terbaik untuk menjalankan ibadah sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir hingga menjelang subuh. Rasulullah juga telah mencontohkan kepada umat muslim dengan membiasakan tidur di awal waktu agar bisa bangun di pertengahan atau sepertiga malam terakhir untuk melakukan salat tahajud.

Berdasarkan Hadis Riwayat An Nasai, dari Aisyah disebutkan bahwa Rasulullah mendekati istrinya setelah sholat tahajud. Berikut bunyi hadits tersebut yaitu:

Rasulullah SAW tidur di awal malam, kemudian bangun tahajud. Jika sudah memasuki waktu sahur, beliau shalat witir. Kemudian kembali ke tempat tidur.

Jika beliau ada keinginan, beliau mendatangi istrinya. Apabila beliau mendengar adzan, beliau langsung bangun. Jika dalam kondisi junub, beliau mandi wajib. Jika tidak junub, beliau hanya berwudhu kemudian keluar menuju shalat jamaah.” (HR an-Nasai 1680 dan dishahihkan al-Albani).

Dari perkataan Aisyah tersebut, maka sebagian ulama menganjurkan agar suami istri melakukan hubungan intim setelah sholat tahajud di akhir malam dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut:

  • Mendahulukan beribadah kepada Allah dalam kondisi masih kuat
  • Menghindari tidur dalam keadaan junub sehingga bisa langsung mandi sebelum sholat subuh
  • Saat akhir malam, umumnya pikiran sudah rileks dan kosong mengingat terkadang pikiran orang di waktu awal malam masih penuh
Pexels.com/Yan Krukov

Dari penjelasan di atas, jelas bahwa hukum melakukan hal tersebut adalah batal. Sehingga tidak boleh untuk melakukan aktivitas tersebut selama waktu mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Puasa adalah belajar untuk menahan diri dari godaan, maka sebaiknya tahanlah diri dari nafsu syahwat selama satu bulan penuh di waktu yang telah ditentukan. Hubungan intim masih tetap diperbolehkan selama sudah memasuki waktu berbuka dan sebelum waktu sahur selesai.

Setelah mengetahui hukum berhubungan intim saat puasa setelah subuh yaitu tidak diperbolehkan, maka sebaiknya Kamu berusaha untuk senantiasa menjaga hawa nafsu dari aktivitas tersebut selama menjalankan ibadah puasa.

IDN Media Channels

Latest from Sex