Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Efek Samping Pil KB Andalan, Sudah Tahu?

Umumnya terjadi pada awal penggunaan

Raden Putri

Ada banyak cara untuk mencegah kehamilan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi pil KB. Nah, pil KB sendiri merupakan alat kontrasepsi umum yang sering dipakai oleh banyak orang untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan. Obat ini berupa pil yang akan bekerja untuk mencegah tubuh memproduksi sel telur, sehingga kehamilan tidak akan terjadi karena tidak ada yang bisa dibuahi oleh sperma.

Salah satu jenis pil KB yang banyak digunakan oleh masyarakat umum adalah pil KB Andalan. Selain membantu dalam perencanaan kehamilan, alat kontrasepsi ini juga dapat mengatasi sindrom pramenstruasi atau PMS, hingga membantu mengurangi menstruasi yang menyakitkan. Tetapi, di samping kegunaan dan manfaatnya, terdapat beberapa efek samping pil KB Andalan.

Apa pun jenis pil KB yang digunakan, konsumsi pil KB dapat memengaruhi kadar hormon seseorang. Jadi, sangat mungkin tubuh akan merasakan efek samping pil KB Andalan. Adapun beberapa efek samping pil KB Andalan tersebut, adalah mual, sakit kepala, perubahan berat badan, hingga munculnya bercak darah di luar periode menstruasi. Untuk mengetahui penjelasan mengenai efek samping pil KB Andalan, yuk, simak rangkuman informasi di bawah ini.

1. Mual

Pexel.com/Andrea Piacquadio

Efek samping pil KB Andalan yang pertama adalah perasaan mual ringan. Hal ini biasanya akan dialami oleh seseorang baru pertama kali mengkonsumsi pil KB Andalan. Adapun cara untuk mencegah timbulnya mual ini adalah dengan meminum pil setelah makan atau sebelum tidur. Jika perasaan mual ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan cukup parah, maka ada baiknya untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter.

2. Sakit kepala

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Hormon yang terdapat dalam pil KB Andalan bisa meningkatkan frekuensi migrain dan sakit kepala. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon estrogen dan progesteron pada perempuan. Perubahan kedua hormon inilah yang dapat memicu migrain dan menjadi salah satu efek samping pil KB Andalan. Tetapi, efek samping ini biasanya tergantung pada jenis pil dan dosisnya. Namun, jika sakit kepala tersebut ditimbulkan oleh PMS, maka meminum pil KB dapat membantu mengurangi rasa sakitnya.

3. Perubahan berat badan

Pexels.com/SHVETS production

Perubahan atau penambahan berat badan sering kali dicantumkan dalam kemasan pil KB sebagai salah satu kemungkinan efek sampingnya. Meski belum ada penelitian yang membuktikan, tetapi secara teori pil KB dapat mengakibatkan retensi cairan semakin meningkat. Jadi, dapat menyebabkan peningkatan lemak dan massa otot. Meski begitu, beberapa orang justru melaporkan adanya penurunan berat badan saat mengkonsumsi pil KB.

4. Perubahan suasana hati

Pexels.com/Liza Summer

Hormon memiliki peran yang penting dalam mengatur emosi dan suasana hati seseorang. Sedangkan, mengonsumsi pil KB dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh. Jadi, salah satu efek samping pil KB Andalan adalah perubahan suasana hati karena memang terjadi perubahan pada hormon di dalam tubuh.

5. Nyeri payudara

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Saat baru mulai meminum pil KB, seseorang mungkin akan merasakan nyeri payudara sebagai salah satu efek sampingnya. Cara untuk mengatasi efek samping ini adalah dengan menggunakan bra pendukung yang sesuai dengan ukuran payudara.

6. Siklus menstruasi terlewat

Pexels.com/Sora Shimazaki

Salah satu efek samping pil KB Andalan adalah dapat menyebabkan menstruasi yang sangat ringan atau tidak menstruasi sama sekali. Hal ini menyebabkan siklus menstruasi yang biasanya akan terlewat dan tidak lagi teratur. Efek samping ini juga disebabkan oleh hormon yang terkandung dalam obat tersebut.

7. Bercak darah di luar periode menstruasi

Pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Efek samping pil KB Andalan yang terakhir adalah keluarnya bercak darah di luar periode menstruasi. Hal ini biasanya umum terjadi pada beberapa bulan pertama penggunaan alat kontrasepsi tersebut. Bercak yang dapat berupa pendarahan ringan ini umumnya keluar sebagai cairan yang berwarna coklat. Efek samping ini terjadi disebabkan oleh tubuh yang mengalami penyesuaian dengan perubahan kadar hormon dari obat tersebut. Konsumsi pil KB rutin akan membantu mengatasi efek samping ini.

Itulah 7 efek samping pil KB Andalan yang perlu kamu ketahui. Efek samping ini umumnya timbul pada awal pemakaian dan akan membaik seiring berjalannya waktu.

IDN Media Channels

Latest from Sex