Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Obat Perangsang Wanita Alami untuk Tingkatkan Gairah

Semuanya tersedia di rumah dan tentang gaya hidupmu

Natasha Cecilia Anandita

Libido atau hasrat seksual merupakan faktor yang memengaruhi seseorang dan pasangan untuk mencapai kepuasam. Bagi hubungan romantis, adanya hasrat seksual bisa mempererat hubungan suami istri. Bagi mental sendiri, ini sangat baik untuk kesehatan.

Libido setiap orang berbeda-beda. Ada berbagai faktor internal dan eksternal dapat memengaruhi libido atau gairah, mulai dari kadar hormon hingga obat-obatan dan kebiasaan tidur.

Merasa kurang bergairah sesekali adalah wajar, tapi jika itu terjadi secara terus-menerus, mungkin ada kondisi yang menyebabkannya. Jika tidak diatasi, kurangnya gairah atau rangsangan bisa berdampak pada kesejahteraan mental bahkan dalam hubungan. 

Nah, berikut ada obat perangsang wanita alami yang bisa kamu coba lakukan di rumah.

1. Makan buah-buahan

pexels.com/jack-sparrow

Beberapa buah tertentu dinilai dapat menambah gairah atau berfungsi sebagai obat perangsang alami. Beberapa buah tersebut di antaranya adalah buah ara, pisang, alpukat, kurma, dan stroberi.

Buah-buah tersebut dinilai sebagai makanan penambah libido atau afrodisiak. Mereka juga menyediakan vitamin dan mineral penting yang dapat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan meningkatkan kehidupan seks yang sehat.

2. Makan makanan tertentu

pexels.com/budgeron-bach

Selain buah, ada makanan tertentu yang bisa menambah gairah, seperti cokelat dan sarden. Sepanjang sejarah, cokelat telah menjadi simbol hasrat, bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena kekuatannya untuk meningkatkan kenikmatan seksual.

Cokelat mempromosikan pelepasan bahan kimia seperti serotonin, yang dapat menghasilkan beberapa efek afrodisiak dan peningkatan mood. Serotonin juga mungkin terlibat dalam pengaturan aliran darah ke jaringan genital alias organ intim.

Sementara itu, sarden dan jenis makanan laut lainnya mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi yang sehat. Zat ini membantu mendukung sistem dopamin di otak yang dapat meningkatkan rangsangan dan gairah seksual. 

3. Coba ramuan herbal

pexels.com/elina-sazonova

Obat perangsang alami selanjutnya adalah ramuan herbal. Ada beberapa obat herbal yang dapat meningkatkan fungsi seksual, termasuk tanaman maca, tribulus, gingko, dan ginseng.

Menambahkan kemangi atau bawang putih ke makan malam romantis juga bisa dicoba. Kamu juga bisa menambahkan anggur atau wine untuk makan malam romantis, tapi jangan sampai terlalu banyak, ya, Bela.

Bau kemangi dapat merangsang indra, sementara bawang putih mengandung allicin tingkat tinggi, yang bertindak untuk meningkat aliran darah. Ginkgo biloba, ekstrak yang berasal dari daun pohon ginkgo, juga dapat meningkatkan disfungsi seksual pada wanita pascamenopause. 

4. Tingkatkan kepercayaan dirimu

unsplash.com/toa-heftiba

Terkadang, kurang percaya diri dapat memicu rendahnya gairah seseorang. Hal-hal ini dapat membuatmu enggan untuk berhubungan seks dan menikmati momen bercinta. Hal yang paling sering membuat rasa kurang percaya diri adalah bentuk tubuh.

Untuk mengatasinya, cobalah mengalihkan fokus dari kekuranganmu kepada apa yang menjadi kelebihanmu. Kamu juga bisa fokus pada kenikmatan yang dialami saat berhubungan seks. Jika butuh bantuan, jangan segan untuk berkonsultasi pada ahlinya. 

5. Kelola stres dengan baik

pexels.com/jonathan-borba

Di sela kesibukan, coba untuk meluangkan waktu untuk bermeditasi dan menghilangkan stres. Meski tubuh segar bugar, tapi jika kamu stres, dorongan seksual pun akan semakin menurun. Penelitian sendiri menemukan bahwa perempuan lebih rentan terhadap efek stres pada kehidupan seks. Untuk menghilangkan stres, kamu bisa mempertimbangkan meditasi, berlatih tai chi, atau mengikuti kelas yoga.

6. Tidurlah yang cukup

pexels.com/Andrea Piacquadio

Tak hanya menimbulkan banyak penyakit, tidur yang tidak cukup juga bisa mengurangi gairahmu, lho, Bela. Untuk merangsang kembali, kamu bisa menjaga tidurmu agar berkualitas dan cukup.

Healthline memberikan tips untuk meningkatkan energi dan gairah seks dengan tidur siang saat kamu bisa, serta makan makanan sehat yang tinggi protein dan karbohidrat kompleks.

7. Berolahraga secara teratur

pexels.com/kampus-production

Olahraga yang teratur dapat membantu libido dalam banyak cara. Olahraga bisa sebagai cara untuk merasa lebih nyaman dan percaya diri. Ini juga dapat meningkatkan stamina  meningkatkan citra tubuh serta meningkatkan suasana hati.

8. Coba lebih intim dengan pasangan

pexels.com/cottonbro

Kedekatan emosional penting untuk keintiman seksual. Jika kamu bertengkar dengan pasanganmu, segera tuntaskan itu dan jangan membiarkannya berlarut. Konflik yang tidak terselesaikan dapat memengaruhi hubungan seksual.

Komunikasi sangat penting untuk membangun kepercayaan dan untuk mencegah kebencian menumpuk. Melakukan percakapan yang terbuka dan jujur ​​dengan pasangan bisa menjadi cara yang baik untuk menghilangkan kekhawatiran dan mengatasi masalah yang sedang berlangsung. 

Kamu juga bisa menambahkan rutinitas lain bersama pasanganmu. Misalnya, makan malam romantis setiap bulan, mengecup pipi atau bibir sebelum dan bangun tidur, mengatakan kata-kata romantis setiap hari, menonton film bersama, dan lainnya. 

9. Fokus pada foreplay

unsplash.com/sabina-tone

Memiliki pengalaman seksual yang lebih baik dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk berhubungan seks, sehingga meningkatkan libido mereka. Foreplay bisa menjadi obat perangsang wanita alami.

Dalam banyak kasus, orang dapat meningkatkan pengalaman seksual mereka dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyentuh, berciuman, menggunakan mainan seks, dan melakukan seks oral dengan pasangan. 

Bagi perempuan, foreplay mungkin sangat penting dalam meningkatkan gairah dan mencapai orgasme. Menurut penelitian tahun 2017, hanya sekitar 18% perempuan yang orgasme dari hubungan penetrasi saja, sementara 33,6% melaporkan bahwa stimulasi klitoris diperlukan untuk perempuan mencapai orgasme.

Itulah 9 obat perangsang wanita alami yang bisa tingkatkan gairah. Menjalin hubungan intim dan menjaga gaya hidup sehat bisa sangat membantu untuk kamu selalu bergairah. 

IDN Media Channels

Latest from Sex