Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lakukan 7 Kebiasaan Ini Supaya Libido Tetap Sehat! 

Libido yang sehat penting untuk kehidupan seksmu ya, Bela.

Elga Windasari

Seperti tubuh yang harus dijaga kesehatannya, begitu juga dengan libido kita. Maunya libido tetap sehat dan stabil seterusnya, tetapi terkadang dorongan seks bisa melaju dengan kecepatan penuh sedangkan di lain waktu terhenti begitu saja.

Jika kamu sedang melalui fase sedang tidak mood bercinta, mungkin ini semua karena libido sedang tidak sehat. Jadi, bagaimana caranya supaya menjaga libido tetap sehat? Berikut ini tujuh kebiasaan yang biasa dilakukan perempuan, dilansir dari situs The Every Girl.

1. Prioritaskan waktu sendiri

pexels.com/andrea piacquadio

Perawatan diri dapat diterapkan pada banyak area yang berbeda, termasuk libido. Menghabiskan waktu sendiri memungkinkan diri untuk terhubung kembali dengan tubuh dan untuk memeriksa kesehatan mental saat ini.

Tubuh adalah organisme yang saling berhubungan. Jika kamu stres, sering kali akibatnya lebih dari sekadar kelelahan atau cepat marah, tetapi mungkin saja libido rendah. Jadi, meluangkan waktu untuk perawatan diri, bisa dengan berolahraga, meditasi, membuat jurnal, mandi yang nyaman di penghujung hari, atau memasak makanan yang disukai, adalah sangat penting.

2. Coba sesuatu yang baru

Dainis Graveris/Unsplash

Tidak ada cara yang lebih baik untuk merangsang libido selain dengan mencoba sesuatu yang baru. Mungkin saja kamu dan pasangan telah mengalami masa sulit dan tidak bisa langsung terhubung seperti dulu saat bercinta. Ini saatnya untuk mencoba sesuatu yang baru.

Jika ingin meningkatkan seks dengan pasangan, cobalah jadwalkan untuk bercinta minimal satu malam dalam seminggu. Mungkin terdengar tidak nyaman, tetapi ini bisa membuatmu dan pasangan keluar dari kebiasaan. Selain mencoba posisi seks baru, kamu dan pasangan bisa membawa mainan seks ke kamar tidur, atau menonton film dewasa bersama.

Selain bisa meningkatkan libido, cara-cara ini juga akan membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih sehat dengan pasangan. Jadi, jangan berhenti melakukannya meskipun kamu merasa libido sudah stabil.

3. Cari tahu apa yang disuka dan tidak suka

mondaymorningfresh.com

Salah satu cara menjaga libido tetap sehat adalah mengetahui apa yang kamu suka dan tidak suka. Cari tahu apa yang membuatmu bergairah dan terasa menyenangkan dengan yang tidak. 

Jika sedang mencoba posisi baru atau bermain peran dengan pasangan, cobalah untuk berani menyuarakan apa yang membuatmu merasa nyaman dan tidak. Seks adalah tentang kesenangan dua orang. Jadi, kamu juga memiliki izin untuk menikmati apa pun yang disuka, dan tidak seorang pun boleh memberitahumu sebaliknya. Ini adalah tubuhmu dan libidomu, jadi kamu yang paling tepat mengambil keputusan.

4. Bangun kepercayaan dan komunikasi yang kuat dengan pasangan

pexels.com/Andrea Piacquadio

Bersama pasangan, kamu perlu merasa aman dan terlindungi agar merasa nyaman membagikan keinginan seksualmu. Jika kamu merasa ada yang kurang, mungkin ini saatnya untuk memulai dialog terbuka dengan pasangan tentang kebutuhanmu ini.

Mulailah dengan merencanakan pembicaraan yang membuatmu merasa nyaman untuk menyuarakan perasaan dengan lebih terbuka kepada pasangan. Ingatlah kalau hubungan fisik bisa terasa memuaskan jika hubungan emosional juga kuat. Kamu berhak merasa aman berkomunikasi dengan pasangan mengenai seks.

5. Berolahraga secara teratur

wellandgood.com

Tidak mengherankan jika olahraga secara teratur bisa membuat seseorang lebih cenderung memiliki libido yang sehat. Ini karena saat berolahraga, endorfin yang dilepaskannya akan memberikan efek pada cara diri sendiri memandang tubuh secara sehingga dapat mempengaruhi libido.

Penelitian menunjukkan, ada hubungan antara massa tubuh, image tubuh yang negatif, dan penghindaran situasi seksual. Dengan kata lain, jika kamu ingin merasa percaya diri di kamar tidur dan meningkatkan libido, berolahraga secara teratur dan memprioritaskan tubuh adalah cara mencapainya.

6. Lepaskan tekanan yang dirasakan

Damir Spanic/Unsplash

Tekanan yang diberikan pada perempuan bisa sangat besar. Hal ini dapat memengaruhi hidupnya, termasuk untuk urusan libido.

Setiap perempuan sangat berbeda, bahkan dalam hal libido. Meskipun mungkin ada perempuan yang secara alami memiliki dorongan seks yang lebih tinggi, sedangkan kamu tidak, itu sama sekali tidak masalah.

Jangan biarkan tekanan mempengaruhi dirimu. Dengarkan tubuhmu dan nikmati seks dengan caramu sendiri. Lepaskan semua tekanan yang kamu rasakan.

7. Bicara dengan dokter

Kesehatan libido layak mendapat perhatian yang sama seperti masalah medis lain yang mungkin kamu miliki. Mungkin saja ada faktor-faktor mendasar yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Misalnya, masalah kesehatan mental, obat-obatan, perubahan fisik, perubahan hormonal, dan banyak faktor lainnya.

Jika kamu memiliki dorongan seks yang rendah secara konsisten, mungkin sudah saatnya untuk berbicara dengan dokter. Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter kandungan dan prioritaskan kesehatan seksual seperti halnya bagian tubuh lainnya.

IDN Media Channels

Latest from Sex