Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Tingkatkan Kepercayaan Diri saat Seks Setelah Melahirkan

Nggak insecure lagi, deh!

Astri Amalia

Cukup banyak perempuan yang merasakan penurunan kepercayaan diri saat berhubungan seks setelah melahirkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, beberapa di antaranya ialah perubahan bentuk tubuh, hingga fluktuasi hormon.

Kendati bikin insecure, bukan berarti kepercayaan diri untuk berhubungan seks nggak bisa ditumbuhkan kembali setelah melahirkan.

Untuk itulah, kali ini Popbela akan membahas 5 cara meningkatkan kepercayaan diri saat berhubungan seks setelah melahirkan, dilansir dari laman Beem.

Simak artikel selengkapnya berikut ini.

1. Tidak usah berburu-buru untuk kembali berhubungan seks

Freepik.com/freepik

Setelah melahirkan, sangat wajar ketika kamu merasa kelelahan, baik secara emosional, mental, hingga fisik. Sebab, waktu tidurmu akan berubah cukup signifikan. Kamu pun akan mengalami fluktuasi hormonal yang bisa memengaruhi suasana hatimu.

Untuk itulah, kamu nggak perlu terburu-buru untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk kembali berhubungan seks.

Selain itu, pertimbangkan saran dokter kandungan. Biasanya, membutuhkan waktu sekitar minimal empat minggu agar jaringan pulih dan menghindari komplikasi.

Namun, jika dalam kurun waktu tersebut kamu masih merasa belum siap, kamu bisa memilih waktu terbaik menurutmu.

2. Tingkatkan keintiman dengan pasangan

Freepik.com/gpointstudio

Untuk meningkatkan kepercayaan diri saat berhubungan seks setelah melahirkan, cobalah untuk kembali meningkatkan keintiman, baik secara emosional dan fisik dengan pasangan.

Salah satunya dengan berkomunikasi agar tetap terhubung, entah melalui percakapan mendalam, hingga sentuhan fisik seperti berpegangan tangan atau berpelukan.

3. Gunakan posisi seks yang aman

letseatcake.com/

Agar kamu merasa nyaman dan semakin percaya diri saat seks setelah melahirkan, ada baiknya untuk memilih posisi seks spooning atau menyendok. Sebab di masa ini, penting untukmu menghindari posisi seks yang riskan.

Di samping itu, sesaat setelah melahirkan, level estrogen akan kembali normal, seperti sebelum masa kehamilan, dan hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada vagina.

Untuk itulah, kamu mungkin perlu untuk mempertimbangkan penggunaan alat bantu seks, seperti pelumas, untuk merasakan kepuasan seksual yang maksimal.

4. Lakukan latihan kegel

freepik.com/benzoix

Faktanya, otot bagian panggul akan menjadi lemah setelah proses kelahiran. Kamu mungkin membutuhkan waktu agar bisa kembali mendapatkan kekencangan otot seperti sebelum melahirkan.

Jadi, cobalah untuk melatih bagian dasar panggulmu dengan senam kegel.

Senam ini akan membantu mengembalikan aliran darah ke otot dasar panggul dan meningkatkan kekencangan otot.

Hal ini tentu akan membuatmu merasa lebih nyaman dan PD saat berhubungan seks.

5. Yang terpenting, cintai dirimu sendiri

freepik.com/pikisuperstar

Cara paling penting untuk mengembalikan kepercayaan diri untuk berhubungan seks setelah melahirkan adalah mencintai diri sendiri. Ini bisa terwujud dengan memberi apresiasi saat proses kehamilan hingga persalinan.

Meski tubuhmu mungkin nggak bisa kembali seperti sebelum masa kehamilan, namun kamu patut berbangga diri, sebab dia menunjukkan perjuanganmu yang sangat luar biasa selama ini.

Cintailah tubuhmu apa adanya. Kirimkan afirmasi positif untuk diri sendiri dan lakukan perawatan tubuh yang membuatmu makin nyaman dengan diri sendiri.

Itulah tadi 5 cara tingkatkan kepercayaan diri saat seks setelah melahirkan. Semoga bermanfaat untukmu, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Sex