Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Alasan Pentingnya Istirahat Berhubungan Seks

Banyak manfaatnya!

Astri Amalia

Seks merupakan salah satu bagian penting dalam menjaga keintiman dengan pasangan di dalam hubungan pernikahan. Maka dari itu, banyak pasangan yang memilih untuk menjadwalkan seks secara rutin.

Selain bermanfaat dalam meningkatkan keintiman, penjadwalan seks yang teratur juga bisa menjamin waktu berkualitas bersama pasangan.

Namun sebenarnya, pasangan juga perlu, lho, sesekali beristirahat dari kegiatan bercinta.

Lho, mengapa demikian?

Untuk menjawab rasa penasaranmu, berikut Popbela rangkum 5 alasan pentingnya istirahat berhubungan seks, dikutip dari laman Sex with Dr. Jess.

1. Meningkatkan libido

letseatcake.com/

Menurut sebuah penelitian, nyatanya beristirahat sementara waktu dari berhubungan seks dapat meningkatkan libido atau hasrat seksual. Sebab, ketika otak dan tubuh kekurangan rangsangan tertentu selama masa istirahat berhubungan seks, nantinya akan membantu memicu hasrat seksual secara spontan, yang cenderung nggak banyak terjadi pada pasangan dalam hubungan pernikahan.

2. Meningkatkan perasaan kasih sayang

Freepik.com/gpointstudio

Yang kedua ialah meningkatkan perasaan kasih sayang antar pasangan.

Yup, faktanya, dengan memberi jeda berhubungan seks sementara waktu, kamu dan pasangan bisa mengeksplor hal baru dalam mengekspresikan cinta, penghargaan, dan juga kasih sayang, Bela.

Dengan demikian, pasangan juga bisa semakin mesra dalam hubungan pernikahannya.

3. Dapat meningkatkan komunikasi seputar seks

bristolpost.co.uk

Memberi waktu istirahat untuk berhubungan seks berarti memberi kesempatan untukmu dan pasangan untuk berkomunikasi tentang kehidupan seks. Ini dapat mempermudahmu untuk menyampaikan keinginan, minat, serta batasan saat berhubungan seks.

Sehingga, dengan menjauh sementara waktu dari aktivitas intim bersama pasangan, dapat meningkatkan pemahaman kebutuhan seksual satu sama lain, supaya hubungan pernikahan terasa semakin hangat dan juga harmonis.

4. Pengalaman seksual yang lebih memuaskan

pexels.com/w-r-1450155

Istirahat berhubungan seks sementara waktu juga dapat membantumu mengubah pola hubungan seks dengan memasukkan lebih banyak variasi aktivitas dengan pasangan nantinya.

Kamu dan pasangan bisa mengeksplorasi lebih banyak hal, seperti menentukan waktu terbaik untuk berhubungan seks, hingga posisi yang hendak dicoba setelah jeda berhubungan seks selesai.

5. Meningkatkan kenikmatan seksual

Freepik.com/gpointstudio

Alasan pentingnya istirahat berhubungan seks sementara waktu yang terakhir ialah meningkatkan kenikmatan seksual.

Menurut salah satu penelitian, pasangan yang dengan sengaja tidak melakukan hubungan seks sementara waktu merasa adanya peningkatan secara signifikan terkait intensitas respons fisik dan psikologis saat kembali melakukan aktivitas seksual.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya jeda ini akan membantu meningkatkan kualitas kehidupan seksmu secara keseluruhan dengan pasangan.

Nah, jadi itu tadi 5 alasan pentingnya istirahat berhubungan seks dengan pasangan. Gimana, siap untuk mencobanya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Sex