Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Alasan Istri Merasa Jijik Saat Disentuh Suami

Apakah kamu pernah merasakannya?

Astri Amalia

Keintiman fisik merupakan salah satu elemen terpenting bagi setiap pasangan suami istri. Ini bisa meliputi pelukan, ciuman, hingga berhubungan seks. Namun, jika istri sering kali merasa enggan, atau bahkan jijik ketika suami hendak menyentuhnya, tentu akan memengaruhi dinamika hubungan rumah tangga.

Jika kamu salah satu yang merasakannya, kamu wajib tahu 10 alasan istri merasa jijik saat disentuh suami, yang dikutip dari laman Ask April berikut ini. Simak sampai selesai ya, Bela!

1. Dia nggak terhubung secara emosional denganmu

Pexels.com/Timur Weber

Jika seorang suami benar-benar mencintai istrinya dan mampu terhubung secara emosional, dia nggak akan mengabaikan kerentanan dalam hubungannya. Justru dia akan selalu bersedia untuk membagikan pemikiran dan perasaannya.

Saat kamu merasa jijik disentuh oleh suami, bisa jadi karena dia nggak bisa terhubung secara emosional denganmu atau hadir secara utuh dalam hubungan. Alasannya bisa bermacam-macam, tetapi alasan yang paling umum ialah ketegangan yang belum terselesaikan di antara kalian berdua.

2. Nggak ada usaha darimu

Pexels.com/Antoni Shkraba

Saat kamu merasa nggak nyaman saat disentuh oleh suami, cobalah untuk refleksi diri terlebih dahulu. Mungkin kamu masih menyimpan kekesalan atas apa yang suamimu lakukan di masa lalu, sehingga kamu merasa jijik dengannya.

Jika kamu merasa siap, proseslah perasaan kesalmu itu agar nggak terus terpendam dalam diri, yang mana mengakibatkan kamu semakin menjauh dari keintiman dengan suami.

3. Kamu "diduakan"

Freepik.com/Drazen Zigic

Saat kamu merasa suamimu lebih memprioritaskan kebutuhannya daripada kebutuhanmu dan nggak menunjukkan kasih sayangnya, ini bisa menimbulkan perasaan jijik ketika dia menyentuhmu. Untuk mengatasi hal ini, jangan ragu untuk coba mengutarakan hal itu padanya ya, Bela.

4. Kamu nggak puas dengan kehidupan seksmu

menshealth.com.au

Seks adalah salah satu bagian terpenting dari setiap hubungan pernikahan. Dengan demikian, kamu mungkin merasa jijik disentuh suami karena kehidupan seksmu nggak memuaskan, yang mengakibatkan kamu kesulitan terhubung secara emosional dengan pasanganmu.

Setiap pasangan perlu berbicara tentang harapan dan kepuasan seksual mereka secara terus-menerus. Maka dari itu, berusahalah untuk mengutarakan hal tersebut padanya.

5. Kamu merasa nggak pede dengan bentuk tubuhmu

pexel.com/ SHVETS production

Bisa jadi kamu merasa jijik saat suami menyentuhmu karena merasa nggak pede dengan bentuk tubuhmu. Akan tetapi, kamu perlu membicarakan masalah ini dengannya secara jujur. Dengan begitu, suamimu bisa ikut membantumu dalam melawan rasa nggak pede kamu tersebut.

6. Kamu takut akan keintiman

pexel.com/Kat Jayne

Ketakutan akan keintiman adalah hal lainnya yang membuatmu merasa jijik disentuh suami. Terlepas dari apa pun penyebabnya, pertama-tama kamu perlu mengidentifikasi dari mana datangnya ketakutanmu tersebut. Kamu bisa coba minta bantuan pasanganmu atau melakukan terapi jika merasa diperlukan. 

7. Hubungan pernikahanmu toxic

pexels.com/Timur Weber

Penyebab lainnya adalah hubungan pernikahanmu nggak sehat alias toxic. Apabila pasanganmu sering kali berlaku kasar, rasa jijik bisa saja muncul sebagai bentuk pertahanan diri ketika ia hendak menyentuhmu. 

Terlepas dari apa pun penyebab nggak sehatnya hubungan pernikahanmu, ada baiknya untuk mencari bantuan profesional untuk menyelesaikan permalasahan ini.

8. Kamu masih marah setelah bertengkar dengan suami

Pexels/Timur Weber

Sering bertengkar dengan suami dapat memengaruhi kehidupan seksmu. Karena saat permasalahan nggak terselesaikan sepenuhnya, kamu akan menyimpan kemarahan itu yang mengakibatkan perasaan jijik saat ia mencoba menyentuhmu, atau mengajakmu melakukan hubungan seks.

Maka dari itu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menemukan cara untuk menyelesaikan permasalahan yang memicu pertengkaran. Ini akan membantumu mengembangkan perasaan dan reaksi positif terhadap suami. 

9. Kamu menyimpan trauma masa lalu

Pexels.com/Anete Lusina

Apabila kamu memiliki trauma yang bersifat seksual, mungkin kamu merasa panik, cemas, dan jijik terhadap sentuhan fisik. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah membicarakan hal tersebut pada suami, agar dia bisa memberikan dukungan yang kamu butuhkan. Namun, jika terasa begitu berat, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional untuk mengatasi traumamu ya, Bela.

10. Dia hanya tertarik dengan hubungan seks

insidehook.com

Jika suamimu hanya tertarik untuk berhubungan seks denganmu, ini bisa menyebabkan kamu merasa jijik jika ia menyentuhmu. Karena kamu nggak punya kesempatan untuk berbicara mendalam dengannya atau menghabiskan waktu non-seksual yang berkualitas bersama untuk berkembang dalam hubungan. Tidak adanya bentuk keintiman inilah yang dapat memengaruhi libidomu.

Itulah tadi 10 alasan istri merasa jijik disentuh suami. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Sex