Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Berhubungan Intim yang Tidak Menyebabkan Kehamilan

Terbukti aman dan ampuh!

Adinda Tasya Mutiara

Hai, Bela! Bagi kamu yang sedang menunda kehamilan, tetapi ingin tetap berhubungan seksual, rupanya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk tetap menjaga keromantisan, namun tidak mengakibatkan kehamilan, lho.

Memang, berhubungan intim tetap bisa dilakukan saat kamu dan pasangan sedang melakukan program menunda anak, sampai-sampai tak sedikit yang mencari dan mencoba posisi seks yang bisa membantu kalian dalam mencegah kehamilan tersebut. 

Nyatanya, hal itu belum 100 persen membantu. Seharusnya, kamu perlu memahami hal-hal pasti dan terbukti efektivitasnya untuk mencegah kehamilan saat berhubungan seksual. Nah, kira-kira apa saja, ya? Berikut cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan.

1. Hindari masa subur

Pexels.com/Leeloo The First

Cara pertama, kalian harus menghindari masa subur saat ingin berhubungan intim. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan paling sederhana tanpa memerlukan biaya atau usaha yang besar. Setelah mengetahuinya, kalian bisa menentukan ingin tetap bercumbu atau tidak. Mudah, kan?

2. Senggama terputus

Unsplash.com/Womanizer Toys

Senggama terputus atau biasa yang disebut dengan ‘keluar di luar’ merupakan metode alami yang bisa mencegah kehamilan. Cara ini biasanya dilakukan oleh seorang laki-laki dengan melakukan orgasme di luar vagina atau menarik penis sebelum merasa ejakulasi.

Namun, untuk melakukannya, para lelaki harus mengetahui waktu yang tepat ketika ingin orgasme agar senggama terputus bisa membantu kalian untuk mencegah kehamilan.

3. Menggunakan kondom

Unsplash.com/Reproductive Health Supplies Coalition

Memakai kondom saat bercumbu sudah terbukti dapat mencegah kehamilan, meskipun banyak yang mengatakan kondom mengurangi kenikmatan dalam berhubungan. Tetapi, cara ini bisa dikatakan ampuh karena bisa mencegah masuknya sperma ke dalam vagina.

Selain itu, kondom juga merupakan alat yang bisa melindungi kalian dari penyakit kelamin serta berbagai penularan seks, seperti HIV atau AIDS.

4. KB suntik

Pexels.com/Anna Shvets

KB suntik merupakan jenis kontrasepsi hormonal, di mana cara ini melibatkan hormon untuk menunda kehamilan. KB suntik sendiri terdiri dari dua jenis, yakni KB suntik 1 bulan dan KB suntik 3 bulan. Cara kerja kedua KB ini sama, cuma yang membedakannya adalah hormon turunan yang digunakannya.

5. Pil kontrasepsi darurat

Pexels.com/Artem Podrez

Pil ini umumnya dianjurkan untuk diminum dalam waktu 120 jam atau lima hari saja setelah berhubungan intim tanpa menggunakan kondom. Tetapi, pil kontrasepsi ini sangat efektif bila digunakan segera setelah berhubungan seksual untuk mencegah kehamilan. 

6. Menghitung masa subur

Unsplash.com/Makyzz

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan selanjutnya adalah dengan menghitung masa subur untuk menjadwalkan berhubungan seks bersama pasangan. Pertama-tama, para perempuan harus mengetahui masa subur dengan memahami siklus haid dan mengetahui tanda-tanda ovulasi untuk menghindari berhubungan di waktu tersebut.

Di dunia yang sudah modern ini, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi yang dapat membantu untuk mencatat siklus haid dan melihat tanggal berapa saja kalian berada dalam masa subur atau ovulasi.

7. Memakai IUD

Unsplash.com/Reproductive Health Supplies Coalition

Alat ini termasuk dalam metode kontrasepsi yang bisa kalian gunakan. Intrauterine device atau IUD merupakan perangkat plastik atau tembaga berbentuk huruf T yang akan dimasukkan ke dalam rahim perempuan.

Hebatnya, alat ini bisa melindungi kalian dari kehamilan selama 5-10 tahun. Jadi, buat kamu yang ingin menunda anak dengan jangka waktu panjang, alat ini bisa kamu coba sebagai pilihan utama.

8. Sterilisasi

Unsplash.com/Reproductive Health Supplies Coalition

Teruntuk kamu yang sudah punya keputusan bulat untuk tidak mempunyai keturunan lagi, sterilisasi merupakan cara yang cocok untuk tidak mengakibatkan kehamilan. Cara ini dapat dilakukan, baik bagi perempuan dengan menutup kedua saluran telur, maupun untuk laki-laki dengan penutupan saluran sperma kanan dan kiri sehingga cairan mani yang keluar tidak mengandung sperma lagi.

9. Nuvaring

Unsplash.com/Reproductive Health Supplies Coalition

Nuvaring adalah alat berbentuk cincin yang akan dimasukan ke dalam vagina. Alat ini berfungsi untuk menghambat sperma yang masuk menuju sel telur dan efektif 99 persen mencegah kehamilan.

10. Pil KB

Pexels.com/Anna Shvets

Sama dengan KB suntik, pil KB ini juga mencegah kehamilan melalui hormon. Di mana pil KB merupakan obat berisi hormon yang dapat membantu kalian untuk menunda momongan, bentuknya berupa paket pil yang harus kamu minum rutin setiap harinya. 

Itu dia 10 cara berhubungan seksual yang tidak menyebabkan kehamilan. Kamu dan pasangan wajib mencobanya, ya!

IDN Media Channels

Latest from Sex