Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kumpulan Doa Ibu untuk Anak Perempuan dan Laki-Laki

Doa seorang ibu sangat mustajab, lho!

Windari Subangkit

Sebagai seorang ibu, kita tentu sangat menginginkan buah hati tumbuh menjadi anak yang baik, saleh, dan berbakti, kepada kedua orangtua. Untuk itu, kita harus senantiasa memanjatkan doa kepada Allah SWT agar sang buah hati kelak tumbuh menjadi pribadi yang kita harapkan.

Dalam ajaran agama Islam sendiri, kita dianjurkan untuk mendoakan anak sejak masih di dalam kandungan. Apalagi doa seorang ibu memang menjadi doa yang mustajab. Namun, kita perlu berhati-hati dalam mendoakan anak. Sebab, kalau kita mendoakan jelek pada anak, maka itu pun akan dikabulkan. Nah, berikut ini Popbela sudah menyiapkan kumpulan doa ibu untuk anak perempuan dan laki-laki yang bisa dipanjatkan.

1. Doa agar anak rajin ibadah

Freepik.com/Odua

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat. Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40)

2. Doa dijauhkan dari menyembah berhala

Freepik.com/Rawpixel.com

رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الأَصْنَامَ

“Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.” (QS. Ibrahim: 35)

3. Doa Nabi Ibrahim untuk anak cucunya

Freepik.com/Odua

 رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَآ أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ

"Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau." (QS. Al Baqarah: 128)

4. Doa Nabi Zakaria meminta anak yang baik

Freepik.com/Odua

 قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَآءِ

"Berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa." (QS. Ali Imran: 38)

5. Doa meminta kebaikan pada keturunannya

Freepik.com/Rawpixel.com

 قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَى وَالِدَيذَ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

"Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang Muslim." (QS. Al-Ahqaf: 15)

6. Doa agar anak menjadi ahli ibadah

Freepik.com/Odua

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah merangkulku ke dadanya lalu bersabda:

اللَّهُمَّ عَلِّمْهُ الْحِكْمَةَ وَفِي رِوَايَةٍ عَلِّمْهُ الْكِتَابَ

"Ya Allah ajarkanlah kepadanya Al hikmah."

Dengan karunia Allah 'azza wa jalla, berkat doa Rasulullah itu Ibnu Abbas menjadi pemuka ulama dan ahli tafsir Alquran.

7. Doa meminta anak yang banyak

Freepik.com/Odua

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Ummu Sulaim berkata, "Wahai Rasulullah, Anas menjadi pembantumu maka berdoalah kepada Allah untuk kebaikannya". Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَولَدَهُ وَبَارَكَ فِيْمَا أَعْطَيْتَهُ

"Ya Allah berikanlah kepada Anas harta dan anak yang banyak dan berkahilah apa-apa yang Engkau berikan kepadanya."

Anas radhiyallahu ‘anhu berkata,"Demi Allah hartaku banyak dan sungguh anak dan cucuku sampai seratus orang sejak hari ini."

8. Doa untuk kebaikan anak ketika sedang bepergian

Freepik.com/Odua

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu berdoa untuk kebaikan anak-anak ketika dalam keadaan bepergian, sebab doa pada saat itu sangat dikabulkan. Beliau berdoa:

 اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبَ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةَ فِي اْلأَهْلِ, اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلِبِ فِي الْمَالِ وَالأهْلِ وَالْوَلَدِ.

"Ya Allah Engkau adalah teman dalam perjalanan, pengganti di keluarga. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari gangguan perjalanan, kegelisahan penungguan dan buruknya kembali pada harta, keluarga, dan anak."

Anak yang saleh jadi aset amal jariyah orangtuanya

Freepik.com/luamduan

Memiliki anak-anak yang saleh merupakan sebuah aset yang sangat berharga bagi setiap orangtua. Sebab, doa anak yang saleh merupakan amal jariyah yang pahalanya tidak akan terputus meski orangtuanya sudah meninggal.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang saleh.” (HR. Muslim)

Itulah kumpulan doa ibu untuk anak perempuan dan laki-laki yang bisa kamu amalkan. Sebagai orangtua, kita perlu mendidik buah hati untuk menjadi pribadi yang baik dan saleh, serta mendoakan yang terbaik untuk mereka.

IDN Media Channels

Latest from Married