Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kumpulan Doa agar Rumah Tangga Bahagia Dunia dan Akhirat

Yuk, diamalkan, Bela!

Windari Subangkit

Setiap pasangan suami istri tentu menginginkan rumah tangganya berjalan harmonis dan bahagia. Menjaga keharmonisan rumah tangga juga bukanlah hal yang mudah. Selain kasih sayang, dibutuhkan juga komunikasi yang baik, saling pengertian, serta mau menurunkan ego masing-masing.

Dalam ajaran agama Islam, pasangan suami istri juga dianjurkan untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT agar dikaruniai rumah tangga yang harmonis dan bahagia. Berikut ini Popbela telah merangkum kumpulan doa agar rumah tangga bahagia. Check this out!

1. Doa agar rumah tangga bahagia

Instagram.com/ugurtekdal

Islam mengajarkan banyak cara untuk membangun keluarga yang sakinah (rukun), mawadah (cinta), dan warahmah (kasih sayang). Salah satunya dengan memanjatkan doa dalam Alquran surat Al Furqan ayat 74.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

"Robbanna hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a'yun, waajalnaa lilmuttaqiina imaama"

Artinya: 

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS. Al Furqan: 74)

2. Doa agar keluarga bahagia di dunia dan akhirat

Freepik.com/Mkitina4

Umat Muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa agar seluruh anggota keluarganya dapat bahagia di dunia dan akhirat, serta dijauhkan dari api neraka. Doa tersebut ada dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 201.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar"

Artinya:

"Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab api neraka." (QS. Al Baqarah: 201)

3. Doa kebahagiaan rumah tangga agar dipermudah segala rencana hidup

Freepik.com/Eakkachaihalang

Selanjutnya, ada doa kebahagiaan rumah tangga agar dipermudah segala rencana hidup. Selain berusaha mewujudkan keinginan bersama pasangan, kita juga perlu memanjatkan doa agar segala urusan rumah tangga dipermudah oleh Allah SWT. Berikut doanya:

رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

 "Robbanaaa aatinaa mil ladungka rohmataw wa hayyi lanaa min amrinaa rosyadaa"

Artinya:

“Wahai Tuhan kami, karuniakanlah kami rahmat dari sisi-Mu dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.” (QS. Al-Kahfi: 10)

4. Doa diberikan anak yang saleh

Freepik.com/Odua

Dalam pernikahan, setiap pasangan tentu menginginkan hadirnya buah hati untuk melengkapi kebahagiaan mereka. Untuk itu, umat Muslim dianjurkan berdoa agar dikaruniai anak yang saleh. 

رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَآءِ

"Robbi hab lii mil ladungka zurriyyatang thoyyibah, innaka samii'ud-du'aaa"

Artinya:

"Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa." (QS. Ali Imran: 38)

5. Doa keberkahan rezeki dalam rumah tangga

Freepik.com/Freepik

Rezeki menjadi salah satu sumber kebahagiaan dalam rumah tangga. Maka dari itu, kita harus memohon kepada Allah agar dikaruniakan rezeki yang berkah. Seperti doa dalam hadits Rasulullah SAW. berikut ini:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي

"Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii"

Artinya:

"Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri." (HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480)

6. Memanjatkan doa dengan bahasa sendiri

Freepik.com/Meen_na

Pada dasarnya, setiap umat Muslim dapat memanjatkan doa dalam bahasa dan redaksi yang dibuat sendiri. Misalnya, memohon agar cinta antara kamu dan pasangan tetap abadi hingga maut memisahkan. Atau, bisa juga memohon agar cinta kalian tak hanya di dunia saja, tapi juga disatukan di surga. Berikut salah satu contoh doa dalam bahasa sendiri:

"Semoga cinta yang ada di dunia ini Allah tetapkan terus ada antara aku dan kau (suamiku tercinta) hingga di surga Firdaus Al A’la. Aamiin Yaa Mujibass Sailin."

Itulah kumpulan doa agar rumah tangga bahagia. Yuk, diamalkan, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married