Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

16 Pasangan Artis yang Menikah dengan Adat Minang, Ada Sivia Azizah

Mana pasangan favoritmu?

Windari Subangkit

Menggelar pernikahan impian tentu menjadi keinginan hampir semua orang. Maka dari itu, segala persiapan dilakukan secara matang agar acaranya berjalan lancar dan nggak terlupakan. Salah satu hal yang penting ialah menentukan konsep pernikahan. Ada yang memilih melangsungkan pernikahan dengan konsep modern, tapi ada juga yang tetap mengusung tema adat di hari bahagianya tersebut.

Seperti deretan selebritas berikut ini. Memiliki darah keturunan dari Sumatera Barat, mereka pun memilih melangsungkan pernikahan dengan adat Minang. Siapa sajakah itu? Keep on reading, Bela!

1. Sivia Azizah dan Pria

Instagram.com/terralogical

Tak pernah mengumbar kisah cintanya ke publik, Sivia Azizah sukses mengejutkan penggemar karena tiba-tiba melangsungkan pernikahan dengan lelaki bernama Pria pada 18 Juni 2022. Pernikahan mereka digelar secara tertutup dengan dihadiri oleh keluarga, kerabat, dan sahabat terdekat. Di hari bahagianya, mantan personel girlband Blink itu tampil memesona dalam balutan busana adat Minang, lengkap dengan suntiang di kepalanya. 

2. Vidi Aldiano dan Sheila Dara Aisha

Instagram.com/morden.co

Perjalanan cinta Vidi Aldiano dan Sheila Dara akhirnya bermuara ke pelaminan. Keduanya melangsungkan pernikahan pada 15 Januari 2022 di Hotel The Dharmawangsa Jakarta. Pernikahan mereka digelar dengan memadukan beberapa adat. Untuk resepsinya, Vidi dan Sheila mengusung adat Minang. Vidi tampil dalam balutan busana adat Minang pesisir. Sementara Sheila tampak anggun mengenakan kebaya modern dan suntiang.

3. Lesti dan Rizky Billar

Instagram.com/antv_official

Setelah melangsungkan akad nikah pada 19 Agustus 2021, Lesti dan Rizky Billar menutup rangkaian prosesi pernikahan mereka dengan acara ngunduh mantu. Acara tersebut digelar pada 5 September 2021 dan diawali dengan prosesi manjalang ka rumah mintuo. Pasangan pengantin ini tampak serasi mengenakan busana adat Minang berwarna emas. Tak lupa, Lesti memakai suntiang sebagai aksesori di kepalanya. Adat Minang dipilih lantaran Billar memiliki darah Sumatra Barat dari orangtuanya.

4. Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar

Instagram.com/aurelie.hermansyah

Aurel Hermansyah resmi menjadi istri Atta Halilintar pada 3 April 2021. Pasangan ini melangsungkan pernikahan mewah dengan di Hotel Raffles, Kuningan. Pernikahan mereka disiarkan secara langsung di televisi, bahkan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Pasangan muda tersebut menikah dengan adat Minang karena Atta merupakan keturunan Payakumbuh, Sumatra Barat. Maka, tak heran bila serangkaian acara pernikahan mereka digelar dengan adat Minang.

5. Nikita Willy dan Indra Priawan

Instagram.com/thebridestory

Nikita Willy resmi dipersunting Indra Priawan pada 16 Oktober 2020. Di momen akad nikah, pasangan ini mengusung adat Minangkabau sesuai dengan daerah asal Nikita. Aktris film Terlalu Tampan itu tampil anggun dalam balutan kebaya Minang modern berwarna merah, lengkap dengan suntiang yang menghiasi kepalanya. Sedangkan, Indra mengenakan busana adat Minang berwarna senada serta memakai saluak di kepalanya. Meski digelar di kediaman Nikita, proses sakral tersebut tetap berlangsung meriah dan mewah.

6. Irish Bella dan Ammar Zoni

Instagram.com/ammarzoni, dierabachir

Setelah menjalani masa pacaran yang cukup singkat, Ammar Zoni akhirnya resmi mempersunting Irish Bella pada 28 April 2019 di Pine Hill Cibodas, Jawa Barat. Menariknya, pasangan yang bermain dalam sinetron Cinta Suci ini melangsungkan prosesi akad nikah dengan mengusung adat Minang. Hal ini dipilih lantaran Ammar merupakan keturunan Minangkabau. Sebelumnya, Ammar dan Irish Bella juga sempat melakukan pemotretan pre-wedding dengan tema yang sama.   

7. Chikita Meidy dan Indra Adhitya

Instagram.com/chikitameidy

Mantan penyanyi cilik, Chikita Meidy, resmi menjadi istri Indra Adhitya pada 8 Juli 2018. Sama-sama berasal dari bumi Minangkabau, keduanya pun sepakat melangsungkan pernikahan dengan adat Minang yang kental. Keduanya pun tampak gagah dan menawan dalam balutan busana adat koto gadang dalam prosesi akad nikah. 

8. Haykal Kamil dan Tantri Namirah

Bridestory.com

Pada 25 Maret 2017 lalu, Haykal Kamil resmi menikah dengan Tantri Namirah. Memadukan adat Jawa dan Minang, Tantri tampil dalam balutan kebaya berwarna pink. Suntiang keemasan yang menjadi aksesori di kepalanya seakan menonjolkan nuansa Minang di dalam pernikahan Haykal dan Tantri.

9. Acha Septriasa dan Vicky Kharisma

Instagram.com/septriasaacha, ppfphoto

Acha Septriasa menikah dengan teman masa kuliahnya, Vicky Kharisma, pada 11 Desember 2016. Pernikahan mereka pun digelar dengan cukup meriah di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat. Saat resepsi, mereka mengusung adat Minang karena kedua keluarganya sama-sama memiliki darah Sumatera Barat. Sementara untuk momen akad nikahnya, Acha dan Vicky mengenakan busana adat Jawa. 

10. Tika Bravani dan Dimas Aditya

Instagram.com/tikabravani, why_moments

Berawal dari cinta lokasi saat bermain dalam sitkom Saya Terima Nikahnya, akhirnya Dimas Aditya dan Tika Bravani resmi menjadi suami istri. Keduanya menggelar pernikahan pada 7 Agustus 2016 dengan suasana Minang yang kental. Selain dekorasi yang sangat khas, Tika dan Dimas juga mengenakan busana koto gadang layaknya pengantin Minang. 

11. Ben Kasyafani dan Nesya Nabila

Instagram.com/benkasyafani

Beberapa tahun setelah bercerai dari Marshanda, Ben Kasyafani pun menikah lagi dengan Nesya Nabila, tepatnya pada Juli 2016. Pernikahan mereka pun sukses mencuri perhatian publik kala itu. Pada prosesi akad nikah, Ben dan Ines mengenakan pakaian serba putih. Namun, saat resepsi keduanya mengenakan busana adat Minang berwarna rose gold. 

12. Fedi Nuril dan Calysta Vanny Widyasasti

Instagram.com/calystavannyws

Tanpa menjalani masa pacaran, Fedi Nuril resmi mempersunting Vanny Widyasasti pada 17 Januari 2016. Pernikahan mereka sempat membuat para penggemar Fedi patah hati, lho! Pemain film Ayat-Ayat Cinta ini melangsungkan resepsi di Balai Sudirman, Jakarta Selatan. Fedi dan Vanny tampak serasi di atas pelaminan dengan busana adat Minang. Penampilan Vanny pun begitu anggun dengan suntiang, hiasan kepala khas Minang.  

13. Mario Irwinsyah dan Ratu Anandita

weddingku.com

Aktor sekaligus presenter, Mario Irwinsyah, melepas lajangnya dengan mempersunting Ratu Anandita pada 11 Oktober 2015. Pemain film 3 Nafas Likas ini memiliki darah keturunan Minangkabau, jadi nggak heran kalau pernikahannya pun digelar dengan adat Minang. Mengenakan busana pengantin berwarna merah, Mario dan Dita terlihat seperti pasangan bangsawan.

14. Temmy Rahadi dan Ira Wahyuni

Instagram.com/polar_photograph

Pesinetron sekaligus presenter televisi, Temmy Rahadi, juga mengusung adat Minang dalam momen pernikahannya dengan Ira Wahyuni. Keduanya tampak serasi dalam balutan busana Minang berwarna kuning keemasan di hari bahagianya tersebut. Pesta yang digelar pada Mei 2015 ini pun berlangsung meriah dan menjadi sorotan publik kala itu. 

15. Ferry Ardiansyah dan Tasya Nur Media

Dok. internet

Ferry Ardiansyah dan Tasya Nur Media resmi menikah pada 11 April 2010. Di hari bahagianya, pasangan ini tampil serasi dalam balutan busana pengantin adat Minang dengan perpaduan warna putih dan silver. Layaknya pengantin Minang pada umumnya, Tasya juga memakai suntiang gadang di kepalanya. 

16. Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair

Dok. internet

Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair resmi menikah pada 8 November 2008 silam. Keduanya melangsungkan pernikahan di dua tempat, yakni Jakarta dan Malaysia. Saat menggelar resepsi di Jakarta, aktris yang akrab disapa BCL ini memutuskan untuk mengenakan busana adat Minang, lengkap dengan suntiang yang diletakkan di atas kepalanya. Seperti diketahui, BCL memang memiliki darah asli Minangkabau. 

Meski pernikahan modern semakin banyak diminati generasi muda, tapi deretan artis ini tetap memilih mengangkat konsep adat dari daerah asalnya. Bikin kagum, deh! 

IDN Media Channels

Latest from Married