Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Fakta Gugatan Cerai Shandy Aulia & Suami, Tak Perebutkan Hak Asuh

Ujian rumah tangga akan selalu ada

Puspita Ramadhani

Setelah beberapa kali diisukan bercerai, akhirnya pernikahan Shandy Aulia dengan David Herbowo benar-benar berada di ujung tanduk. Pasalnya, pernikahan yang sudah berjalan selama 11 tahun itu harus berakhir karena berbagai permasalahan rumah tangga.

Lewat kuasa hukumnya, Shandy Aulia telah mendaftarkan gugatan cerai itu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Tak menuntut soal harta, inilah beberapa fakta tentang perceraian Shandy Aulia dan David Herbowo.

1. Sudah menikah belasan tahun

instagram.com/shandyaulia

Shandy Aulia dan David Herbowo pada 12 Desember 2011. Sama seperti perempuan berumah tangga lainnya, Shandy Aulia juga sering membagikan potret bahagia keluarga kecilnya di media sosial. Dalam potret unggahannya itu, Shandy juga sering membagikan caption betapa sulitnya berumah tangga.

Kendati demikian, Shandy selalu menyelipkan kata-kata bahagianya atas pernikahannya bersama David. Bahkan tak jarang, Shandy juga memuji sang suami. 

Namun, semuanya jadi terlihat berbeda semenjak kabar gugatan cerai Shandy diketahui publik. Setelah 11 tahun menikah, ungkapan syukur yang pernah disampaikannya di Instagram itu mulai dipertanyakan.

2. Layangkan gugatan cerai

instagram.com/shandyaulia

Di tengah potret liburannya di Italia bersama buah hatinya, Claire Herbowo, ternyata Shandy telah melayangkan gugatan cerai kepada suaminya. Lewat kuasa hukumnya, Wijayono Hadi Sukrisno dan Sandy Arifin Shandy mendaftarkan gugatan cerai itu pada 11 April 2023 dan telah terdaftar dengan nomor perkara register 361/Pdtg 2023/PN JAKARTA SELATAN.

"Jadi pada tanggal 11 April 2023, hari Selasa memang dari data di sistem informasi perurusan perkara PN Jakarta Selatan itu ada perkara masuk didaftarkan atas nama penggugatnya Nyimas Shandy Aulia. Kemudian tergugatnya David Herbowo. Gugatannya itu gugatan perceraian," ujar Djuyamto, humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

3. Alasan perceraian

instagram.com/shandyaulia

Pihak PN Jakarta Selatan juga membeberkan alasan pasangan itu ingin berpisah. Menurut laporan yang masuk, Shandy menuliskan permasalahan rumah tangga sebagai alasan perceraiannya.

"Alasan gugatan karena perselisihan yang terus menerus (antara) penggugat dengan suaminya," kata Djuyamto.

4. Sidang pertama sudah dijadwalkan

instagram.com/shandyaulia

Sebelum benar-benar bercerai, Shandy dan David harus mengikuti rangkaian prosedur yang telah ditetapkan Pengadilan Negeri. Sejak didaftarkan pada 11 April kemarin, sidang perdana akan dimulai pada 3 Mei 2023 mendatang untuk melakukan mediasi antara dua pihak.

"Kemudian majelis yang ditunjuk sudah menetapkan hari sidangnya yaitu nanti hari Rabu, 3 Mei 2023. Itu sidang pertama," tutur Djuyamto.

Melihat Shandy yang masih berlibur di Eropa, pihak PN Jakarta Selatan juga menjelaskan apa yang terjadi jika salah satu pihak tidak hadir dalam sidang mediasi pada Mei nanti.

"(Agenda sidang) nah tergantung, pada sidang pertama apakah para pihaknya hadir semua, misal penggugat tergugat kalau hadir tentu kemudian diwajibkan untuk menempuh proses mediasi terlebih dahulu. Tapi misalkan salah satu pihak tidak hadir tentu majelis hakim akan memanggil lagi agar kedua duanya hadir," lanjutnya.

5. Tidak menuntut pembagian harta dan hak asuh anak

instagram.com/shandyaulia

Berbeda dari kebayakan artis Tanah Air saat bercerai dengan pasangannya, Shandy justu tak menuntut apa pun dari suaminya. Dari laporan yang masuk, Djuyamto menjelaskan bahwa pemain Eiffel I'm in Love itu tidak menyinggung soal harta gono-gini dan juga hak asuh anak.

"Tadi dalam gugatan yang didaftarkan ini tidak ada mengenai harta gono gini, tidak ada," ungkap Djuyamto.

Tak ingin egois, Shandy membiarkan Claire, anaka yang dinantikan selama 7 tahun itu, tetap diasuh kedua orangtuanya meski nanti telah berpisah.

"Tuntutan yang lain hak asuh anak mereka, Claire Herbowo. Itu hak asuhnya ada pada kedua belah pihak yaitu antara penggugat dan tergugat. Itu saja tuntutannya," pungkasnya.

6. Pernah diisukan cerai

instagram.com/shandyaulia

Sebelumnya pada 2021, di hari jadi pernikahan mereka yang ke-10 tahun, Shandy dan David pernah diisukan bercerai. Namun, gosip tak sedap itu dipatahkan Shandy lewat unggahannya yang menunjukkan keharmonisan keluarga kecilnya. 

"Selamat Hari Jadi yang ke-10, Hun. Tidak ada jalan pintas menuju pernikahan yang sembuh, hanya usaha yang disengaja. Tuhan dapat menyembuhkan pernikahan apa pun. Tetapi kita harus rela memberikan kepada-Nya pecahan-pecahan itu. Terkadang kita perlu merasakan kedalaman keputusasaan untuk mulai memahami di mana kita berada dan di mana kita harus berada," tulis Shandy memberi ucapan pada sang suami.

Melihat semakin banyak unggahan Shandy bersama suaminya, akhirnya publik percaya bahwa rumah tangga artis 35 tahun ini baik-baik saya. Meskipun, saat ini isu yang pernah terhembus kemarin menjadi kenyataan. Kita doakan yang terbaik untuk Shandy dan David, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Married