Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Fakta Keluarga Anies Baswedan, Didampingi Istri di Setiap Kariernya

Kariernya saat ini, terinspirasi dari kakek dan orangtuanya

Puspita Ramadhani

Debat perdana calon presiden (Capres) yang digelar pada Selasa (12/12/2023) malam, berlangsung sengit. Masing-masing Capres mulai mengemukakan gagasannya dan saling beradu argumen kepada rival mereka.

Kini, profil setiap calon pun tak luput dari perhatian. Salah satunya, seperti apakah latar belakang anies baswedan sebagai calon presiden nomor urut 1. Berikut ini, akan Popbela rangkum deretan fakta keluarga Anies Baswedan.

1. Cucu dari seorang diplomat

instagram.com/aniesbaswedan

Berkecimpungnya Anies dalam dunia politik ternyata tidak lepas dari peran pendahulunya. Dialah Abdurrahman Baswedan, kakek dari Anies Baswedan yang telah mengompori semangat juang para keturunan Baswedan ini.

Abdurrahman Baswedan merupakan seorang jurnalis sekaligus diplomat di masa revolusi kemerdekaan. Dalam peran jurnalis dan diplomatnya, ia vokal menyuarakan kepada bangsa-bangsa Arab untuk mengakui kemerdekaan Indonesia. Alhasil, Abdurrahman menjadi salah satu diplomat yang berhasil mendapatkan pengakuan de jure dan de facto pertama bagi eksistensi Republik Indonesia dari Mesir.

2. Orangtua yang aktif di dunia pendidikan

instagram.com/aniesbaswedan

Abdurrahman Baswedan mempunyai anak bernama Rasyid Baswedan, yang tak lain merupakan orangtua Anies Baswedan. Bedanya, Rasyid tidak mengikuti jejak Abdurrahman yang aktif dalam hal sosial politik. Ia justru memilih untuk sibuk sebagai pengajar dan guru besar.

Ayahnya, Drs. Rasyid Baswedan, S.U., adalah mantan Dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Islam Indonesia. Sedangkan, ibunya, Prof. Dr. Aliyah Rasyid, M.Pd, merupakan seorang Guru besar dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Negeri Yogyakarta.

Background pendidikan inilah yang membuat Anies bisa terjun ke dalam pemerintahan Indonesia. Kala itu, ia terpilih menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, tahun 2014.

3. Anak pertama dari tiga bersaudara

Dok. Internet

Figur pemimpin yang dimiliki Anies juga tak lepas dari perannya di dalam keluarga kandungnya. Diketahui, Anies Baswedan adalah anak sulung dari tiga bersaudara.

Kedua adiknya itu bernama Ridwan Rasyid Baswedan dan Abdillah Rasyid Baswedan. Tidak seperti abangnya yang menjajaki karier di dunia politik, kedua adik Anies punya kiprahnya masing-masing.

Sosok Ridwan Rasyid Baswedan memang sempat menjadi tim sukses dan penyusun strategi kampanye Anies saat akan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sayangnya, Ridwan wafat di tahun 2017, setelah mendapatkan perawatan intensif di RSCM Jakarta.

Sementara, Abdillah Rasyid Baswedan menerjunkan dirinya dalam dunia keuangan. Diketahui, ia adalah seorang anggota Komite Investasi. Selain itu, ia juga mengawasi pelaporan keuangan, audit, dan administrasi di Perusahaan Quvat Management Pte Ltd.

4. Kisah cintanya dengan sang istri

instagram.com/aniesbaswedan

Image keluarga yang bersahaja sangat melekat pada Anies Baswedan. Ternyata, ia dan istrinya, Fery Farhati, punya kisah cinta yang romantis, lho.

Dilansir dari berbagai sumber, Anies adalah sosok mahasiswa jurusan Ekonomi di Universitas Gadjah Mada yang sangat aktif mengikuti segudang aktivitas mahasiswa. Oleh karena itu, Fery yang kala itu menjadi mahasiswi Psikologi di universitas yang sama, telah mengenal siapa sosok Anies.

Perkenalan pun terjadi saat keduanya masih berkuliah. Dari pengakuan Anies, ia bisa berkenalan dengan Fery karena istrinya itu nge-kost di sebelah rumahnya.

"Jadi kalau saya tinggal di Jogja, rumah saya di situ. Kalau Fery karena dia kost, kostnya itu di deket rumah saya. Nah, di situ kemudian mulai interaksi dekat. Terus saya suka saja. Kita ngobrol, cocok, nyaman, there we go," ucap Anies membicarakan perjalanan cintanya.

Namun sayang, tidak ada kelanjutan perkenalan itu lantaran Anies disibukkan dengan dunia aktivisnya. Barulah seusai berkuliah, Anies dan Fery kembali bertemu. Tepat di tanggal 11 Mei 1996, Anies akhirnya menikahi Fery Farhati.

5. Dikaruniai empat anak

instagram.com/mutiarabaswedan

Dari pernikahannya dengan Fery Farhati, laki-laki keturunan Arab-Yogyakarta ini dikaruniai oleh empat orang anak. Mereka adalah Mutiara Annisa Baswedan (1997), Mikail Azizi Baswedan (2000), Kaisar Hakam Baswedan (2005), dan Ismail Hakim Baswedan (2009).

Tak kalah dari orangtuanya, anak-anak Anies juga punya prestasi di bidangnya masing-masing. Sebut saja, Mutiara dan Mikail yang sudah sering mengikuti pertukaran pelajar sejak keduanya masih di bangku SMA.

6. Pola asuh Anies dan sang istri

instagram.com/aniesbaswedan

Kesibukannya sebagai politikus tidak menghalangi Anies menjadi laki-laki yang tetap mementingkan keluarganya. Dengan dibantu sang istri, Anies mampu membesarkan keempat anaknya itu dengan penuh cinta dan tanggung jawab.

“Dengan cinta kasih, seorang anak akan nyaman. Ketika ada masalah, mereka akan curhat pada orangtua, bukan kepada orang lain,” ungkap Fery menceritakan bagaimana pola asuh ia dan suaminya.

Dalam membesarkan keempat anak mereka, Anies dan Fery selalu menjunjung tinggi kenyamanan anak-anaknya. Kenyamanan itu mereka bangun agar anak-anaknya tetap memiliki 'rumah' dan tidak segan untuk kembali pulang setelah berkelana di dunia mereka masing-masing.

7. Punya menantu dokter muda

instagram.com/mutiarabaswedan

Lahir di tahun 1997, anak pertama Anies, Mutiara Annisa Baswedan, kini telah melepas masa lajangnya. Mutiara atau yang sering disapa Tia, telah menikah dengan seorang dokter muda pada Juli 2022 lalu.

Ia adalah Ali Saleh Alhuraiby, yang berhasil meminang anak perempuan satu-satunya Anies Baswedan. Ternyata, kisah cinta mereka pun tak jauh berbeda dari orangtuanya.

Ali dan Tia sama-sama memulai percintaan mereka dari bangku kuliah. Kala itu, ketidaksengajaan Ali untuk menoleh ke belakang dan melihat Tia yang mengantre di belakangnya, membuat laki-laki yang berkuliah di Fakultas Kedoteran Universitas Indonesia angkatan 2016 ini langsung jatuh hati.

8. Kebiasaan yang jadi ciri khas

instagram.com/aniesbaswedan

Baik saat suaminya menjabat sebagai menteri, Gubernur DKI Jakarta, hingga sekarang menjadi calon presiden, sosok Fery Farhati tak pernah absen berada di dekat Anies. Perempuan kelahiran 1971 itu senantiasa mendampingi ke mana pun Anies pergi untuk memberikan orasinya.

Bahkan, ada satu momen di mana keromantisan Anies dan Fery menjadi sorotan. Saat itu, Anies yang ingin menaiki panggung, terlebih dahulu mendatangi istrinya dan saling bertukar kecupan tangan. Hal itu dilakukan mereka sebagai bentuk saling mendukung dan saling mendoakan.

Ternyata, kebiasaan itu telah lama dilakukan Anies. Alhasil, keromantisannya dengan istrinya itu pun jadi salah satu ciri khas calon presiden nomor urut 1 ini.

Itulah tadi fakta keluarga Anies Baswedan yang perlu diketahui sebagai calon presiden nomor urut 1. Apakah kamu jadi salah satu pendukungnya?

IDN Media Channels

Latest from Married