Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Mengembalikan Pernikahan Tanpa Cinta, Jangan Biarkan Berlarut!

Selamatkan rumah tanggamu sebelum semakin jauh

Puspita Ramadhani

Kehilangan rasa cinta dalam pernikahan merupakan hal yang wajar. Pasalnya, kamu akan hidup dengan orang yang sama selama bertahun-tahun. Alhasil, pernikahan tanpa cinta yang dipenuhi ketidakpedulian dan hidup masing-masing itu akan terjadi.

Saat kamu dan pasangan mengalami pernikahan tanpa cinta ini, ada dua pilihan yang bisa kamu jalani. Pertama, kamu berpisah dengan pasanganmu, atau mencoba memperbaikinya bersama-sama. 

Memperbaiki pernikahan tanpa cinta bukanlah sesuatu yang mustahil selama di antara kalian berdua sama-sama berkomitmen untuk membuatnya lebih baik. Jadi, untuk kamu yang ingin memperbaiki pernikahan tanpa cinta, simak caranya di bawah ini, ya!

1. Mulai bangun komunikasi

pexels.com/william-fortunato

Komunikasi adalah salah satu elemen terpenting untuk membuat pernikahanmu bisa berjalan kembali. Sebab, tak mungkin keharmonisan itu akan tercipta lagi apabila kamu tak memulainya dengan keterbukaan.

Mulailah menjadikan komunikasi sebagai misi menumbuhkan cinta di antara kalian. Hal ini bisa dimulai dengan menjadwalkan percakapan setiap malam sebelum tidur dan membicarakan banyak hal.

2. Cari lagi alasan jatuh cinta

pexels.com/marina-abrosimova

Jika pernikahan tanpa cinta telah merenggut kebahagiaanmu, cobalah untuk mengingat kembali siapa dirimu saat pertama kali bersama dengannya. Pikirkan sesuatu yang membuat kalian berdua jatuh cinta lagi, dan lakukan hal-hal romantis itu seperti saat kamu dan pasangan kencan untuk pertama kalinya.

Kamu juga perlu mengingat kembali perasaan-perasaan positif dan bahagia dahulu kala. Pasalnya, mengatasi pernikahan tanpa cinta akan menjadi lebih mudah bila keduanya merenungkan apa alasan yang membuat kalian bersatu.

3. Tambahkan keseruan dan spontanitas

pexels.com/katerina-holmes

Rasa bosan timbul karena kamu telah melakukan pekerjaan yang sama dalam waktu yang lama. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu tindakan spontanitas seperti pergi kencan mendadak dan seadanya. Membuat janji di malam hari untuk melakukan hubungan intim dan merasakan api asmara yang sudah lama kalian rindukan juga bisa dilakukan.

4. Jadikan pasanganmu prioritas

pexels.com/shvets-production

Untuk mematahkan pola tidak sehat dalam pernikahan tanpa cinta, kamu dan pasangan perlu menyediakan waktu berdua saja. Dalam waktu tersebut, kamu bebas melakukan apa pun demi membuat pasanganmu senang. 

Dengan menjadikan pasangan prioritas satu sama lain, maka kamu akan mementingkan kesenangan dan kenyamanan pasangan agar bisa kembali bersama. Pikirkanlah mengapa kalian menikah dan rayakan itu sesering mungkin!

5. Susun ekspektasi yang realistis

pexels.com/nikhil-singh

Tak ada hubungan yang selamanya akan dipenuhi dengan rasa bahagia. Adakalanya, hubungan yang kini kamu jalani akan mengantarkanmu pada ujian yang cukup berat. Itulah pentingnya membuat ekspektasi yang realistis dalam hubunganmu.

Oleh karena itu, alih-alih membuat daftar ekspektasi kebahagiaanmu di dalam pernikahan, lebih baik kamu dan pasangan menyusunnya menjadi dos and don'ts. Dengan begitu, kamu bisa bahagia dengan setiap proses yang dilakukan. 

6. Memberikan perhatian kecil

Pexels.com/Katerina Holmes

Pertanyaan sederhana seperti, "bagaimana harimu?", dan mendengarkan keluh kesah pasangan adalah perhatian kecil yang dinilai mampu menumbuhkan rasa cinta dengan kepedulian. Selain itu, masih ada banyak perhatian sederhana yang bisa kamu berikan kepada pasangan secara berkala.

7. Habiskan waktu berkualitas bersama

pexels.com/gustavo-fring

Memiliki waktu berkualitas sangat penting bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Satu kali dalam dua atau tiga minggu, kamu bisa menitipkan anak-anak kepada keluarga lain dan lakukanlah kencan seperti dulu kala saat kalian masih berdua.

Perlu kamu ketahui juga, jika saat berkencan nanti hindari membicarakan anak-anak atau urusan rumah tangga yang bisa memicu pertikaian. Cukup beradu tatap, saling memberikan gombalan, dan hal lain yang kalian sukai.

8. Ucapkan terima kasih

pexels.com/lepta-studio

Tak bisa dipungkiri bahwa pasanganmu telah memberikan banyak hal dalam kehidupan rumah tanggamu. Hanya saja, jasa yang diberikannya sering kali tertutup dengan kesalahan yang pernah dilakukan. 

Maka dari itu, untuk menghilangkan pernikahan tanpa cinta yang sedang kalian rasakan, mulailah memberikan apresiasi dengan mengucapkan terima kasih. Dengan berterima kasih, artinya kamu sudah menghargai semua jerih payahnya, dan pasanganmu juga jadi bahagia karena merasa telah dihargai olehmu.

9. Memperbarui penampilan

Saat kalian PDKT dulu, penampilan adalah aspek penting yang tak lepas dari penilain. Maka dari itu, agar rasa cinta bisa muncul kembali seperti masa pacaran perlu untuk memberi perubahan pada penampilanmu. Ganti gaya rambut, sedikit berdandan, hingga mengenakan baju bagus dan wangi adalah cara yang bisa dilakukan.

10. Pemulihan hubungan intim

pexels.com/jessica-ticozzelli

Hal terakhir namun cukup genting dalam pernikahan tanpa cinta adalah perbaikan hubungan intim. Terlalu lama hidup tanpa cinta juga bisa membuat salah satu di antara kalian enggan untuk melakukan hubungan seksual.

Mulailah mengatasi frustrasi seksual dengan memulai seks yang menyenangkan dan menemukan cara baru yang menyenangkan dan menarik untuk dilakukan di kamar tidur. Dengan seksual yang membara, perasaan cinta itu akan tumbuh dengan cepat.

Perasaan yang memudar dan pernikahan tanpa cinta memang bisa terjadi. Akan tetapi, dengan melakukan cara-cara di atas, kamu bukan hanya mengembalikan cinta kepada pasangan, tetapi juga untuk anggota keluarga lainnya.

IDN Media Channels

Latest from Married