Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tips Menjaga Hubungan Tetap Intim Walau Sudah Punya Anak

Jangan jadikan anak alasan penghambat hubunganmu, ya!

Raizza Monik Setiawanti

Kehadiran anak tentu menjadi sebuah anugerah bagi setiap pasangan suami istri. Namun, ada kalanya, setiap pasangan merasa itu adalah hal yang sulit.

Akan ada banyak perubahan yang harus dihadapi setiap pasangan yang memiliki anak, salah satunya perihal keintiman. Waktu yang mereka punya tentu bukan hanya milik mereka, tetapi juga perlu dibagi kepada anak. Inilah yang menyebabkan hubungan intim dan hal-hal romantis menjadi berkurang.

Eits, tenang saja! Berikut ini Popbela sudah siapkan 6 tips menjaga hubungan intim walau sudah punya anak. Apa saja, ya, kira-kira?

1. Membuat dan menjaga batasan dari anak-anak

freepik.com/wirestock

Di segala situasi, privasi adalah hal yang penting dan harus dijaga, sekalipun itu dalam kehidupan keluarga. Setiap orang di rumah tetap memiliki hak untuk privasinya masing-masing.

Untuk itu, penting bagi kamu dan pasangan tetap memberi batasan kepada anak-anak. Caranya, bisa dimulai dari membuat anak tidur di kamar terpisah. Langkah ini tentu sangat efektif untuk bisa mengembalikan keintiman kamu dan pasangan yang sempat terhambat.

Akan tetapi, pastikan untuk melakukannya disaat anak sudah cukup umur, ya! Jangan lupa juga untuk ajarkan mereka bagaimana menghargai privasi dengan cara mengetuk pintu sebelum masuk kamar misalnya.

2. Jadwalkan untuk sesekali ngedate berdua

Pexels.com/Elina Sazonova

Kunci dari sebuah keintiman adalah waktu kualitas berdua. Jadi, tips menjaga hubungan intim walau sudah punya anak yang wajib kamu coba adalah menjadwalkan waktu nge-date berdua. Yup! Tanpa anak-anak dan siapa pun, ya.

Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk saling berbagi kesenangan, pandangan, dan perasaan. Coba rileks dan nikmati setiap detik momen yang sangat jarang kalian miliki.

Kalian juga bisa, lho, mengingat-ingat kenangan manis saat kencan dahulu. Selain bisa menambah keintiman, pastinya kalian juga akan lebih bersyukur atas apa pun yang sudah dilewati selama ini.

3. Menjaga komunikasi tetap romantis lewat chatting

https://www.pexels.com/@olly

Komunikasi memang bisa menjadi solusi atas beberapa hal, salah satunya masalah keintiman. Meskipun, beberapa orang lebih menyukai bentuk tindakan daripada sebuah kata-kata atau kalimat, tetapi komunikasi tetaplah penting.

Percaya atau tidak, terkadang membaca kembali pesan-pesan yang dikirim pasangan saat pacaran dulu, bisa meningkatkan mood, lho! Jadi, untuk mencegah hubungan semakin renggang setelah memiliki anak, coba deh untuk rangkai ulang cara komunikasimu dengan pasangan.

Jangan hanya karena hubungan sudah berlangsung lama, tingkat kepedulian di antara kalian jadi berkurang, ya! Coba sesekali untuk memberi ucapan semangat atau kata-kata romantis ke pasangan.

4. Selalu luangkan waktu untuk bercinta

unsplash.com/wevibe

Kalau bicara soal keintiman, ini adalah tips yang paling wajib diterapkan. Masalah yang paling umum dijumpai setiap pasangan yang sudah memiliki anak adalah soal waktu. Kebanyakan merasa sulit untuk menciptakan momen intim bersama.

Untuk itu, cobalah luangkan waktu yang kalian miliki untuk tetap berhubungan intim. Waktu libur bisa banget kalian manfaatkan, lho. Tidak ada salahnya untuk mencuri-curi momen di waktu senggang. Pastikan untuk melakukan sesi bercinta di ruangan yang aman, ya.

5. Belajar untuk mengendalikan argumen

Freepik.com

Sebesar apa pun usaha setiap pasangan untuk menjaga keharmonisan, argumen dan pertengkaran tetap tidak bisa dihindari. Namun, yang perlu diingat adalah salah satu aspek yang menentukan dari pernikahan yang kuat adalah kemampuan untuk melewati pertengkaran.

Masalah kedua pasangan saja sudah cukup berat, belum lagi harus ditambah dengan permasalahan anak. Jadi, tips menjaga hubungan intim walau sudah punya anak yang harus diingat adalah belajar mengendalikan argumen.

6. Nikmati waktu bersama dengan kebahagiaan dan canda tawa

freepik.com/lookstudio

Cara terbaik untuk menjalani hidup yang bahagia adalah selalu melibatkan humor dan tawa. Cara ini pun wajib kamu terapkan dalam kehidupan rumah tanggamu, terlebih kamu yang sudah memiliki anak.

Demi keintiman dan keeratan hubungan dengan pasangan ke depannya, cobalah untuk menjalankannya dengan rasa bahagia dan penuh canda tawa.

Itulah beberapa tips menjaga hubungan intim walau sudah punya anak yang bisa kamu coba. Jadi, jangan lagi jadikan anak sebagai alasan untuk apapun yang terjadi dalam hubungan kalian, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married