Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Perceraian Seleb Hollywood Termahal Sepanjang Masa

Dari cinta, ujung-ujungnya masalah duit

Raizza Monik Setiawanti

Tidak hanya proses pernikahan yang membutuhkan biaya, nyatanya perceraian juga begitu. Bahkan, untuk beberapa selebriti, biayanya tidak kalah mahal dari biaya perceraian itu sendiri. Di ranah Hollywood, misalnya, biaya penyelesaian perceraian atau settlement bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta dolar AS. 

Perpisahan pasangan selebriti bukan hanya meninggalkan kesedihan bagi, tetapi juga menimbulkan masalah di beberapa kondisi lainnya termasuk soal uang, terutama jika tidak ada perjanjian pranikah. Perpisahaan tersebut bisa mengarah ke drama besar, banyak pengacara, dan pembayaran tunai yang begitu besar. Belum lagi jika ada tuntutan lainnya setelah sidang perceraian dan perebutan hak asuh anak.

Berikut ini adalah 10 pasangan selebriti Hollywood yang menghabiskan banyak uang atau setidaknya setengah kekayaan bersih untuk biaya settlement perceraian. Beberapa dari pernikahan ini berakhir karena perselingkuhan, tuduhan yang merusak, atau kesepakatan bersama bahwa satu sama lain bukanlah "satu-satunya". 

1. Johnny Depp dan Amber Heard

People.com

Biaya penyelesaian perceraian: US$7 juta

Perceraian pertama adalah perceraian pasangan selebriti yang sempat menimbulkan konflik dan drama beberapa waktu ke belakang, yaitu Johnny Depp dan Amber Heard.

Setelah bertemu di lokasi syuting film The Rum Diary pada tahun 2011, pasangan itu mengikat janji pernikahan dalam upacara private empat tahun kemudian. Pasangan yang pernah menjadi lawan main ini mengumumkan perpisahan mereka setelah hanya 15 bulan menikah, dengan alasan perbedaan yang tidak dapat didamaikan.

Hanya beberapa hari setelah pengajuan awal, Amber mengajukan perintah penahanan terhadap aktor Pirates of the Caribbean, yang mencakup tuduhan kekerasan dalam rumah tangga.

Perintah itu kemudian dibatalkan, dan pada akhirnya, Amber mengatakan mendonasikan seluruh biaya penyelesaian perceraian US$7 jutanya dari Depp ke American Civil Liberties Union. Namun dalam persidangan pencemaran baik Johnny vs. Amber pada bulan Mei kemarin terungkap, Amber belum mendonasikan uang tersebut, baru berjanji akan melakukannya.

2. Mike Tyson dan Robin Givens

dailymail.co.uk

Biaya penyelesaian perceraian: US$10 juta

Setelah delapan bulan yang singkat, aktris Robin Givens dan petinju Mike Tyson mengakhiri hubungan mereka. Robin mengaku bahwa pernikahan mereka dipenuhi "siksaan" baik secara mental maupun fisik. Dari perceraian tersebut, Robin dilaporkan menerima US$10 juta dari penyelesaian perceraian. Meski begitu Robin mengatakan, dia tidak menikahi Tyson karena uang.

3. Jennifer Lopez dan Cris Judd

foxnews.com

Biaya penyelesaian perceraian: US$14 juta

Jennifer Lopez pernah terlibat hubungan asmara dengan salah satu penari latarnya, Cris Judd. Mereka bertemu di lokasi syuting video musik JLo yang berjudul Love Don't Cost a Thing, dan menikah di tahun 2001. Namun, di tahun 2002, JLo mengajukan gugatan cerai dari suaminya kurang dari setahun. JLo yang akhirnya membayar Cris sebesar $14 juta atau sekitar Rp198 miliar untuk sembilan bulan pernikahan.

4. Mick Jagger dan Jerry Hall

mirror.co.uk

Biaya penyelesaian perceraian: US$25 juta

Setelah 13 tahun bersama, vokalis Rolling Stones Mick Jagger dan supermodel Jerry Hall menikah pada 1990 di Indonesia. Akan tetapi, sembilan tahun kemudian, tersiar kabar bahwa Jagger telah menjadi ayah dari seorang anak dengan model Brasil, Luciana Morad, dan Hall mengajukan gugatan cerai. Dari perceraiannya itu, Jerry Hall menerima US$25 juta atau sekitar Rp369 miliar.

5. Michael Douglas dan Diandra Luker

newsweek.com

Biaya penyelesaian perceraian: US$45 juta

Aktor pemenang penghargaan Oscar, Michael Douglas menikahi Diandra Luker, putri seorang diplomat Australia, ketika dia baru berusia 19 tahun. Diandra mengajukan gugatan cerai pada tahun 1995 dan menerima penyelesaian sebesar US$45 juta, setengah dari kekayaan bersih Douglas.

6. James Cameron dan Linda Hamilton

nme.com

Biaya penyelesaian perceraian: US$50 juta

James Cameron adalah sutradara terkenal di Hollywood. Karya-karyanya selalu menjadi blockbuster, seperti Titanic dan Avatar. James dan aktris Linda Hamilton bertemu saat syuting film The Terminator. Namun rumor perselingkuhan antara sang sutradara dan seorang aktris membuat Linda mengajukan gugatan cerai. James Cameron, yang telah menghasilkan US$100 juta untuk Titanic, memberinya setengah dari penghasilannya.

7. Madonna dan Guy Ritchie

huffingtonpost.com

Biaya penyelesaian perceraian: Antara US$76 juta dan US$92 juta

Penyelesaian perceraian multi-juta dolar pasangan selebriti ini terjadi pada tahun 2008, ketika Madonna dan sutradara film, Guy Ritchie, memutuskan untuk bercerai setelah menikah hanya di bawah delapan tahun. 

Ritchie mengklaim bersamanya seperti berada di dalam sinetron, sementara Madonna mengatakan perpisahan itu karena kehilangan gairah dalam hubungan mereka.

8. Adele dan Simon Konecki

womanandhome.com

Biaya penyelesaian perceraian: Dilaporkan US$90 juta

Adele mulai berkencan dengan Simon Konecki pada 2011, dan menggelar pernikahan private lima tahun kemudian. 

Lalu, pada April 2019, mereka mengumumkan bahwa mereka berpisah dan berada di tahap akhir menyelesaikan perceraian. Pengadilan Los Angeles mengabulkan permintaan Adele untuk merahasiakan semuanya, jadi jumlah penyelesaian yang tepat tidak diketahui publik.

Namun, dari laman Marie Claire, disebutkan pasangan itu tidak menandatangani perjanjian pranikah, jadi Konecki mungkin telah menerima hingga setengah dari kekayaan Adele. Menurut laman People, kekayaan Adele bernilai sekitar US$182 juta.

9. Angelina Jolie dan Brad Pitt

Elle.com

Biaya penyelesaian perceraian: US$100 juta

Perpisahan Brad Pitt dan Angelina Jolie menjadi salah satu perceraian selebriti yang menarik perhatian banyak orang di dunia. Brad dan Angelina yang kerap dipanggil "Brangelina" menikah pada 2014 setelah lebih dari 8 tahun bersama. Namun pernikahan mereka ternyata tak berjalan mulus dan keduanya memutuskan berpisah pada 2016.

Perceraian mereka begitu pelik hingga baru difinalisasi pada 2019. Kabarnya penyelesaian perceraian mereka mencapai US$100 juta. Nggak cukup sampai di situ, tahun 2022 ini, Brad Pitt menggugat Angelina karena menuduhnya menjual saham perkebunan anggur milik mereka berdua pada investor kompetitor. Hal itu cukup membuat Brad marah, karena merasa Angelina secara sengaja melakukan itu untuk menyakiti dirinya.

10. Michael Jordan dan Juanita Vanoy

wikispouse.com

Biaya penyelesaian perceraian: US$168 juta

Pebasket Chicago Bulls Michael Jordan menikahi Juanita Vanoy pada tahun 1989. Ada desas-desus pada tahun 2002 bahwa keduanya akan berpisah, tetapi mereka memutuskan untuk menyelesaikannya.

Hubungan mereka bertahan selama empat tahun lagi, sampai mereka secara resmi membuat keputusan untuk bercerai pada tahun 2006. Bisa dibilang mereka berpisah dengan baik, karena keduanya tetap hadir bersama di pertandingan bola basket putra mereka, tepat setelah perceraian selesai. Tapi mungkin itu juga karena nilai settlement yang sangat besar itu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Married