Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Arti Mimpi Bertengkar dengan Suami, Pertanda Apa?

Ada yang sampai menangis saat terbangun.

Raizza Monik Setiawanti

Mimpi buruk itu memang ada berbagai macam jenisnya. Mengalami pertengkaran dengan suami adalah salah satunya. Pernahkah kamu terbangun di malam hari karena mengalami pertengkaran seperti ini? Nah, artinya bisa beraneka macam, lho.

Bisa jadi, konflik yang kamu alami dengan pasangan terlalu besar dan berlarut-larut, tapi bisa juga itu hanya pengaruh perasaan dan mood saja. Daripada menduga-duga karena penasaran. Lebih baik simak beberapa arti mimpi bertengkar dengan suami berikut ini.

1. Tanda adanya komunikasi yang buruk

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Adanya pertengkaran dalam rumah tangga biasanya diakibatkan oleh miskomunikasi antar kedua pasangan. Maka, kalau kamu mimpi bertengkar dengan suami, hal ini bisa menjadi tanda kalau komunikasi kamu dengannya di dunia nyata sedang buruk.

Kalian cukup sering mengalami perbedaan pendapat atau bahkan gesekan dalam pandangan sehingga terbawa masuk ke alam bawah sadar mimpimu. 

Oleh karena itu, sebagai pasangan suami istri untuk menjaga keharmonisan hubungan tentunya haruslah menjalin komunikasi yang baik. Cobalah luangkan waktumu dan suami di tengah kesibukan masing-masing untuk saling mengobrol.

2. Amarah yang terpendam

unsplash.com/Isabela Drasovean

Emosi dalam diri kita itu adalah bentuk ekspresi yang memang seharusnya kita tuangkan. Entah itu senang, sedih, marah, semua harus diluapkan dan diekspresikan, Bela. Jika dipendam, tidak hanya menyiksa dan melukai diri kita, tetapi juga akan terus terbawa ke mana pun bahkan sampai alam mimpi.

Jadi jangan kaget kalau kamu tiba-tiba mengalami mimpi bertengkar dengan suami, saat kondisi rumah tanggamu yang sebenarnya memang sedang dilanda pertengkaran.

Bayangkan, betapa menyiksanya dirimu saat menyimpan amarah di dunia nyata, tapi di alam mimpi pun harus mengalami pertengkaran hebat dengan suami? 

Oleh karena itu, tunjukkanlah emosimu tanpa harus meledak-ledak, Bela. Jangan dipendam, karena itu hanya menambah aura yang negatif dalam rumah tangga.

3. Ada rasa ragu dan cemas berlebihan

Pexels.com/Rodnae Productions

Selain amarah, dalam kebanyakan kasus, arti mimpi bertengkar dengan suami bisa melambangkan rasa cemas berlebihan yang selama ini dirasa. 

Jadi, saat mengalami mimpi tersebut, coba cari tahu asal muasal perasaan ini timbul. Obrolkan dengan pasangan untuk mencari titik terangnya. Sebab mungkin, karena adanya sesuatu yang kamu sembunyikan sehubungan dengan perasaan yang dialami. 

Mimpi tersebut membuatmu perlu belajar bagaimana menempatkan segala sesuatunya dalam perspektif dan memeriksa setiap situasi dengan lebih lembut. Jangan mudah terpengaruh oleh sudut pandang orang lain.

4. Mood yang tidak stabil

Pexels.com/Rodnae Productions

Seperti yang disebutkan dalam laman Psychology Today, mimpi manusia hingga kini tetap menjadi salah satu pertanyaan besar yang belum terjawab. Mimpi mungkin saja memiliki tujuan, namun mungkin juga bukan untuk mengirimi seseorang pesan tersirat.

Seperti misalnya, ketika seseorang mengalami mimpi bertengkar dengan suaminya. Ini bisa saja tidak memberikan pesan terkait hubungan rumah tangga, hanya saja karena bawaan mood diri sendiri yang tidak stabil.

Sebab, banyak pakar menilai bahwa mimpi berkaitan dengan memori dan pengaturan suasana hati seseorang.

5. Ada peristiwa traumatis

Pexels.com/Masha Raymers

Dilansir dari laman HelpGuide, mimpi bertengkar dengan suami menandakan kalau kamu sebelumnya pernah mengalami rasa trauma yang cukup serius.

Trauma itu bisa tentang perceraian orang tua, mendapat kekerasan, dan sebagainya. Pengalaman buruk yang meninggalkan luka serius itulah yang memberikan dampak pada dirimu di masa sekarang, terutama untuk kesehatan mental.

6. Terlibat konflik panjang

pexels.com/Timur Weber

Konflik panjang yang tidak segera diselesaikan juga menjadi salah satu penyebab kenapa kamu bisa mimpi bertengkar dengan suami. Pikiranmu terus menerus dihantui dengan konflik yang tidak selesai-selesai sehingga tanpa sadar masuk ke dalam mimpi.

Jadi, cobalah selesaikan urusanmu dengan pasangan. Jangan dibiarkan berlarut-larut tanpa adanya solusi. Jika memang masih butuh waktu, komunikasikan dengan pasangan bahwa kamu ingin sendiri dulu dan akan membahas masalah tersebut saat pikiran kalian sudah sama-sama tenang.

7. Ekspektasi tinggi pada suami yang tidak tercapai

freepik.com/Drazen Zigic

Kamu habis mengalami mimpi bertengkar dengan suami, bahkan sampai mengeluarkan nada suara yang tinggi? Kalau iya, ini bisa jadi pertanda kalau kamu terlalu berekspektasi tinggi pada suami.

Kamu mungkin menaruh banyak harapan padanya untuk melakukan ini dan itu, namun sayangnya, ia tidak mampu memenuhi semuanya. Alhasil, ada rasa kekecewaan yang muncul. Rasa inilah yang pada akhirnya terus terbayang-bayang dan akhirnya masuk ke dalam mimpimu saat tidur.

8. Rasa tidak suka dengan sikap suami

Freepik.com/yanalya

Arti mimpi bertengkar dengan suami selanjutnya bisa jadi karena kamu menyimpan rasa tidak suka terhadap beberapa sikap yang ia tunjukkan. Kamu tidak berani menyampaikan sehingga emosi itu meresap masuk ke dalam mimpi.

Padahal, sebenarnya kamu harus mengatakan apa yang tidak disukai. Dengan begini, kamu telah membiarkan diri sendiri untuk lebih rileks dan terhindar dari mimpi buruk semacam pertengkaran, Bela. 

9. Sedang mengalami depresi atau ada tekanan

Pexels.com/Liza Summer

Selanjutnya, mimpi bertengkar dengan suami bisa menandakan bahwa kamu sedang mengalami tekanan dalam hati.

Mungkin kamu baru saja mengalami depresi pasca persalinan karena belum siap untuk segera beralih peran menjadi ibu. Bisa juga karena kamu sedang mengalami kelelahan merawat anak dan sangat khawatir, sehingga tekanan tiba-tiba meningkat.

Nah, di saat-saat seperti itu memang wajar kalau kamu membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan peran baru tersebut. Kekhawatiran dan tekanan yang muncul memberikan dampaknya pada mimpi buruk yang kamu alami.

Itulah dia sejumlah arti mimpi bertengkar dengan suami. Bagaimana, sudah lebih tenang kah?

IDN Media Channels

Latest from Married