Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tanda Pernikahan Akan Langgeng dan Jauh dari Perceraian

Perhatikan tanda-tandanya, Bela!

Raden Putri

Meskipun kita semua ingin percaya pada dongeng tentang cinta sejati yang selamanya, tetapi percaya akan hal tersebut tidak menjamin hubungan dengan pasangan akan langgeng. Pernikahan membutuhkan kerja keras dari kedua pasangan. Pasalnya, kebahagiaan dan keharmonisan pernikahan tidak akan selalu ada. Maka, kompromi dan komunikasi pasangan yang akan mempertahankannya.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tetapi, jika kamu melihat tanda-tanda ini di pernikahanmu, maka bisa jadi hubungan tersebut akan bertahan lama. Penasaran apa saja tanda-tandanya? Melansir Best Life, berikut 5 tanda pernikahan akan langgeng dan jauh dari perceraian. Yuk, simak!

1. Sama-sama berdedikasi pada hubungan

Pexels.com/Fernanda Latronico

Jika kamu dan pasangan sama-sama berinvestasi dalam hubungan, itu pertanda baik bahwa segala sesuatunya akan tetap berjalan sesuai rencana dalam pernikahan. Namun, apa maksud dari investasi tersebut? Investasi ini dapat berupa dialog terbuka, komunikasi yang jujur, dan membuat persetujuan bersama dengan pasangan.

Berinvestasi dalam pernikahan sangat penting karena kamu dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam dengan pasangan. Hal ini juga sekaligus membangun kepercayaan dan komunikasi satu sama lain.

2. Kamu adalah teman terbaiknya

Pexels.com/Hugo Martínez

Apakah pasanganmu tahu cara membuatmu tertawa? Apakah kamu dan dia suka menghabiskan waktu bersama? Bisakah kamu curhat kepada pasangan tanpa menyembunyikan apa pun? Itu semua adalah kualitas persahabatan yang hebat, yang sama pentingnya dengan chemistry seksual.

Meskipun perasaan cinta mungkin memudar seiring berjalannya waktu, tetapi pernikahan yang dibangun dengan hubungan persahabatan dapat bertahan dalam menghadapi ujian waktu. Persahabatan membutuhkan rasa saling percaya, kejujuran, dan dukungan. Semua ini harus ada dalam pernikahan agar hubungan romantis bisa berkembang dan bertahan.

3. Tidak menghindari konflik satu sama lain

Pexels.com/Vera Arsic

Meskipun berdebat tidak pernah menyenangkan, tetapi kemampuan untuk menghadapi momen tidak nyaman bersama pasangan sebenarnya adalah pertanda baik. Penting untuk kamu dan pasangan menyadari bahwa sejumlah konflik atau perselisihan tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, jika kamu dan si dia tidak menghindari konflik satu sama lain dan justru bekerja sama menemukan solusinya, maka hubunganmu mungkin bisa bertahan lama.

Debat, diskusi, dan argumen adalah alat untuk membantumu mencapai suatu pemahaman bersama pasangan. Pasalnya, menghindar dari permasalahan justru dianggap dapat merusak hubungan romantis karena berdampak buruk pada kesejahteraan relasional dan diri pasangan secara pribadi. Selain itu, menghindari konflik juga lebih merugikan hubungan dibanding menghadapinya berdua.

4. Kamu dan pasangan mengelola keuangan dengan baik

Pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Jika kamu dan pasangan bersedia membicarakan tujuan keuangan jangka panjang, dan memiliki pemikiran yang sama dalam hal kebiasaan berbelanja, ini adalah pertanda baik untuk masa depan hubungan. Selain itu, jika kamu saling mengetahui pemasukan, rekening, dan pengeluaran masing-masing, maka pernikahanmu mungkin akan langgeng. Pasalnya, ini berarti tidak ada hal yang disembunyikan dan kamu bisa berkomunikasi dengan pasangan tentang keputusan penggunaan keuangan.

5. Kamu bisa tetap jadi diri sendiri

Pexels.com/Vlada Karpovich

Tanda lain bahwa pernikahanmu berjalan dengan baik adalah ketika kamu merasa cukup didukung untuk mengeksplorasi kesenangan diri di luar hubungan tersebut. Meski sudah menikah, kamu tetap berhak untuk menjadi diri sendiri, memiliki rasa percaya diri, menikmati waktu sendiri, atau sekadar berkumpul dengan teman-teman di luar.

Meskipun kamu mungkin mencoba beberapa hobi bersama pasangan, namun masing-masing dari kamu dan dia harus tetap memiliki ruang untuk sendiri. Hal ini penting untuk bisa mengekspresikan diri sebagai seorang individu, bukan hanya sebagai seorang pasangan. Dengan catatan, hal ini dilakukan tanpa ada rasa cemburu atau curiga terhadap apa yang dilakukan oleh pasangan.

IDN Media Channels

Latest from Married