Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal Mengagumkan yang Dilakukan Suami untuk Menjaga Pernikahannya

Dimulai dari hal sederhana, mencintai diri sendiri!

Raden Putri

Setiap pernikahan pasti akan memiliki rintangan dan cobaan dalam setiap perjalanannya. Oleh karena itu, pasangan suami istri harus bekerja sama untuk menjaga hubungannya agar tetap sukses dan bahagia. Pasalnya, kehidupan rumah tangga itu tidak dijalankan seorang diri, entah pihak istri saja atau suami saja.

Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan. Tetapi, hal yang paling berhasil adalah ketika kedua pasangan memberikan ruang untuk melakukan sesuatu yang sederhana, namun bisa memberikan dampak kuat. Pada umumnya, perilaku tersebut dilakukan oleh pihak laki-laki sebagai cara untuk menunjukkan perasaannya.

Dilansir dari Your Tango, terdapat beberapa hal mengagumkan yang dilakukan suami untuk menjaga pernikahannya. Apa saja? Smak Informasinya berikut ini.

1. Berterima kasih kepada istri untuk semua hal

Pexels.com/William Fortunato

Saat sudah memiliki tugas masing-masing dalam hubungan pernikahan, umumnya kita cenderung akan menganggap remeh hal-hal yang dilakukan sehari-hari. Kita akan terbiasa dengan berbagai peran dan rutinitas sehingga lupa untuk saling mengucapkan terima kasih atas apa yang dilakukan untuk satu sama lain.

Dengan berterima kasih kepada istri, akan menimbulkan rasa saling menghormati satu sama lain dan menjaga penghargaan kepada pasangan. Di sisi lain, hal ini juga sebagai ungkapan rasa syukur suami karena istri selalu melakukan yang terbaik untuk rumah tangganya.

2. Memahami bahasa cinta istri

Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Seorang suami yang meluangkan waktu untuk mempelajari bahasa cinta dirinya dan pasangan, dapat membuat hati mereka selalu terhubung satu sama lain. Pasalnya, bahasa cinta setiap orang berbeda-beda sesuai jenisnya, mulai dari preferensi terhadap sentuhan fisik, menerima hadiah, waktu berkualitas, kata-kata positif, hingga tindakan pelayanan.

Dengan mengetahui bahasa cinta pasangan, mereka bisa melakukan hal-hal yang memang disukai oleh pasangan. Bahkan, jika bahasa cinta sang istri berbeda dengan dirinya sendiri, mereka akan dengan sadar berusaha memahami dan memenuhi keinginan sang istri.

3. Tertawa bersama istri

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Setelah menikah, kehidupan seseorang menjadi lebih sibuk untuk pekerjaan, urusan rumah tangga, dan anak-anak. Hal ini bisa membuat kita terjebak dalam kesibukan dan kehilangan selera humor. Oleh karena itu, suami yang menjaga cinta dalam pernikahannya akan mengingat hal-hal lucu pada awal hubungan untuk menyatukan kembali hatinya dan pasangan.

Mereka juga akan mengingat bagaimana istrinya tersenyum dan apa alasan yang membuat kebahagiaan tersebut hadir. Menjaga rasa humor dan tertawa bersama pasangan dapat melepaskan keseriusan hidup dan membuat hubungan menjadi semakin erat.

4. Mereka mencintai dirinya sendiri

Pexels.com/Anastasiya Gepp

Ketika seorang suami ingin mencintai istrinya lebih dalam, maka dia harus mencintai dirinya sendiri terlebih dahulu. Dengan memahami perasaannya sendiri, dia bisa mencintai pasangannya bahkan lebih besar dari yang dipikirkan. 

Dengan mencintai diri sendiri, dia jadi mengetahui jika kemampuan seseorang untuk mencintai orang lain hanya dibatasi oleh kedalaman cinta yang dimiliki untuk diri sendiri. Pasalnya, suami juga bertanggung jawab untuk menyembuhkan dirinya sendiri tanpa meminta istri untuk memperbaiki apa yang seharusnya mereka selesaikan.

5. Berbicara positif tentang istrinya

Pexels.com/RODNAE Productions

Berbicara hal baik dan positif tentang istri adalah salah satu cara suami untuk memberi tahu jika mereka sangat mencintai pasangannya. Ketika suami berbicara dengan orang lain tentang istrinya, mereka akan mengingatkan diri sendiri seberapa beruntung mereka memiliki pendamping hidup seperti pasangannya saat ini. Mereka juga tidak akan segan memuji istrinya dihadapan orang lain dan menunjukkan perasaan cintanya secara langsung.

Itu dia 5 hal mengagumkan yang bisa dilakukan oleh seorang suami untuk menjaga pernikahannya. Meski terkesan sederhana, tetapi hal-hal tersebut dapat menumbuhkan perasaan yang tulus dan penuh kasih sayang.

IDN Media Channels

Latest from Married