Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Susunan Panitia Pernikahan yang Ideal Beserta Tugasnya

Bisa membantu pernikahanmu!

Natasha Cecilia Anandita

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan pernikahan. Ada banyak hal kecil juga yang tak bisa sampai terlewat. Salah satu yang penting dalam menggelar pernikahan adalah panita pernikahan. 

Meskipun sudah menggandeng wedding planner ataupun wedding organizer, kamu tetap membutuhkan bantuan orang lain demi kelancaran pesta pernikahanmu. Orang-orang tersebut bisa kamu pilih dan tempatkan dengan membuat panitia pernikahan.

Kira-kira apa saja susunan panitia pernikahan yang ideal dan apa tujuannya dibuat? Simak penjelasannya berikut ini, ya! 

Tujuan panitia pernikahan

unsplash.com/analise-benevides

Seperti pada acara lainnya, panitia pernikahan hadir untuk mengoordinir sebuah acara agar dapat berjalan sukses dan lancar. Kepanitiaan ini dibentuk untuk membantu mempelai mempersiapkan acara pernikahan yang berkesan dan memorable.

Wedding organizer atau wedding planner mungkin bisa membantu mewujudkan dream wedding kamu. Namun, bagi kamu yang lebih suka privasi, beberapa hal mungkin lebih baik diorganisir oleh orang terdekat saja.

Beberapa peran penting panitia pernikahan, termasuk memastikan seluruh rangkaian acara pernikahan berjalan aman dan lancar dari mulai persiapan hingga resepsi selesai. Panitia ini juga berperan mengoordinir berlangsungnya acara, ketertiban dan ketersediaan sarana serta prasarana pendukung lainnya yang dibutuhkan.

Susunan panitia pernikahan dan tugasnya

1. Seksi acara

unsplash.com

Bertugas di balik layar, seksi acara bertanggung jawab mengurusi segala hal terkait kelancaran acara, mulai dari akad, resepsi, hingga ritual pernikahan lainnya. Acara menjadi yang terpenting di acara pernikahan. 

Oleh karenanya, lebih baik memilih anggota yang mengerti dengan baik acara pernikaha, selalu siap sedia atau standby selama acara berlangsung. Orang-orang di seksi ini juga harus bisa perhatian dengan detail dan menyenangkan. 

Seksi acara biasanya memilih dan mengawasi master of ceremony atau MC. Tugas lainnya dari seksi acara adalah menghubungi para pengisi acara, termasuk penghulu, band pengiring, penyanyi ataupun penari-penari yang disewa untuk mengisi acara.

2. Seksi dekorasi dan perlengkapan

unsplash.com

Selanjutnya yang penting dalam sebuah pernikahan adalah venue dan dekorasi beserta semua perlengkapannya. Tugas dan tanggung jawab dari seksi satu ini adalah mengurusi segala sesuatu yang menyangkut sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pernikahan.

Para anggota seksi akan memastikan lokasi acara dalam keadaan baik, dekorasi terpasang, kursi dan area VIP sudah sesuai, sound system aman, dan berbagai perlengkapan penunjang acara lainnya. Terutama untuk pernikahan dengan adat, seksi perlengkapan juga perlu memastikan semua atribut yang dibutuhkan tersedia dan tak ada yang tertinggal.

3. Seksi konsumsi

unsplash.com

Konsumsi merupakan poin penting. Ini bisa menjadi perbincangan banyak orang yang datang. Oleh karenanya, penting untuk menghadirkan seksi konsumsi. Panitia ini bertugas mengoordinir hal-hal yang berkaitan dengan jamuan pada saat pesta diselenggarakan.

Mulai dari menu, ketersediaan jumlah porsi makanan, piring dan alat makan semua menjadi tanggung jawab seksi konsumsi. Mereka juga akan mengatur kapan makanan harus dikeluarkan atau ditahan. 

4. Seksi tata rias dan busana

tallypress.com

Seksi tata rias dan busana juga tak kalah penting, Bela. Seksi ini bisa membantu kamu maupun keluarga untuk memilih riasan serta busana apa yang akan dipakai nantinya. Baik dari model pengantin untuk akad atau pemberkatan, untuk resepsi dan lainnya. 

Seksi ini juga bisa membantu mencarikan MUA terbaik dan stylist terbaik. Di hari H, biasanya mereka akan membantu mengingatkan penata rias atau penata gaya apabila ada hal-hal yang perlu diperbaiki dari penampilan pengantin. 

5. Bendahara dan sekretaris

pexels.com/karolina-grabowska

Bendahara dalam panitia pernikahan adalah orang yang dipercaya untuk mencatat dan mengorganisir segala macam bentuk pengeluaran selama persiapan pernikahan dilakukan.

Ini penting dilakukan agar kamu tetap bisa memantau budget pernikahan sehingga jelas apa saja yang sudah dibelanjakan, apakah minus atau berlebih. Bendahara juga bertanggung jawab mengawasi kotak uang hadiah dari para tamu, serta melakukan pembayaran kepada para vendor pernikahan.

Di samping itu, sekretaris bertugas mencatat notulen dalam setiap rapat yang dilakukan. Ia juga bertugas untuk membantu mempelai mendata nama, alamat dan kontak para tamu yang akan diundang. 

6. Seksi dokumentasi

brides.com

Pernikahan tak lengkap tanda dokumentasi, maka itu seksi dokumentasi penting dihadirkan. Seksi ini bisa membantu mempelai dalam mencari vendor fotografi dan videografi dan melakukan briefing tentang apa momen penting yang perlu didokumentasikan.

7. Seksi keamanan

foreverphotony.com

Seksi keamanan dimandatkan untuk menjaga keamanan saat acara berlangsung. Ini termasuk mengurus izin penyelenggaraan acara, memastikan ketersediaan lokasi parkir untuk para tamu, serta memilih petugas keamanan yang akan menjaga acara tetap kondusif.

Itulah susunan panitia pernikahan yang ideal beserta tugas-tugasnya. Kamu lebih memilih membuat panitia atau menyerahkan pada WO?

IDN Media Channels

Latest from Married