Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Meninggal Dunia, Ini Kenangan Kisah Cinta Artis Senior Nani Wijaya

Sempat menikah lagi dengan sahabat di usia tua

Natasha Cecilia Anandita

Artis senior Indonesia, Nani Wijaya, dikabarkan telah meninggal dunia pada usia 78 tahun. Pemeran Emak dalam sitkom Bajaj Bajuri ini berpulang ke pangkuan Sang Pencipta pada Kamis (16/3/2023) dini hari pukul 03.28 WIB. 

Kabar duka tersebut dibagikan oleh sang anak, Cahya Kamila, di akun Instagram-nya. Nani Wijaya sendiri merupakan seorang aktris terkenal sejak tahun 1950-an. Di masa tuanya pun tak sedikit judul film maupun sinetron yang ia bintangi, seperti Bajaj Bajuri dan Tukang Bubur Naik Haji yang benar-benar hits. 

Selain kariernya, kehidupan asmara Nani Wijaya juga tak kalah menarik perhatian. Apalagi dia sempat menikah dengan sahabatnya di usia tua. Berikut kisah cinta Nani Wijaya dari suami tercintanya sampai meninggal dunia. 

1. Menikah dengan sutradara legendaris

Dok. Internet

Sama-sama berkarier di dunia peran, bidang ini pun mempertemukan Nani Wijaya dan kekasih hatinya, Misbach Yusa Biran. Misbach diketahui adalah sutradara legendaris dan penulis. Keduanya akhirnya meresmikan hubungan mereka ke jenjang pernikahan pada tahun 1969. Dari pernikahan itu, Nani dan Misbach dikaruniai 6 orang anak. Nama anak mereka adalah Nina Kartika, Tita Fitrah Soraya, Cahya Kamila, Firdausi, Farry Hanief, dan Sukma Ayu. 

2. Dipisahkan dengan anak dan suaminya oleh maut

Dok. Internet

Selama pernikahan mereka, Nani Wijaya dan Misbach diketahui saling mendukung satu sama lain. Tak jarang mereka terlihat di ajang penghargaan film bersama. Dua anak mereka juga mengikuti jejak Nani dan Misbach di dunia film, yaitu Cahya Kamila dan Sukma Ayu.

Sayangnya, Sukma Ayu meninggalkan Nani dan Misbach lebih dulu pada September 2004 setelah koma selepas operasi.  Pada 11 April 2012, kabar duka kembali dirasakan Nani Wijaya, kekasih hatinya, Misbach, meninggal dunia di usia 78 tahun setelah menjalani perawatan di rumah sakit karena gangguan paru-paru. 

3. Cinta bersemi di usia tua sama sahabat suami

Dok. Internet

Setelah kepergian Misbach, Nani menjadi single parent di usia yang tak lagi muda. Tapi, akhirnya ia dekat dengan seorang sastrawan juga bernama Ajip Rosidi. Awal kisah cinta mereka bermula saat Ajip sakit.

Sebagai sahabat, Nani sering menjenguk Ajip yang juga telah kehilangan istrinya dari 2014. Dari rasa kasihan, peduli, perhatian yang diberikan Nani, muncullah rasa sayang sampai cinta. Ajip pun jadi menaruh perhatian juga padanya yang kala itu sudah kehilangan sang istri selama tiga tahun. 

Hal yang lebih menarik lagi, ternyata Ajip juga merupakan sahabat kecil Misbach. Ajip dan Misbach sudah berteman atau sering main bareng sejak kecil. Tak mengherankan bahwa keduanya juga sudah dekat dan menjadi sahabat.

4. Menjadi teman hidup di usia kepala tujuh

Dok. Internet

Sama-sama kesepian ditinggal pasangan dan kini jatuh cinta, Nani dan Ajip pun memilih untuk menikah walau usia mereka kala itu sudah memasuki kepala tujuh. Nani Wijaya dan Ajip Rosidi menikah pada 16 April 2017 di Masjid Kasepuhan Cirebon. Keduanya sah menjadi suami istri di hadapan Sultan Sepuh XIV, Arif Natadiningra, yang menjadi saksi pernikahan.

Kala itu, pasangan seniman ini menikah dalam usia senja, Ajip Rosidi berusia 79 tahun dan Nani Wijaya berusia 73 tahun. Ajip Rosidi mengungkapkan di usia kepala tujuh, Ajip butuh pendamping dan Nani menurutnya adalah orang yang tepat. Sedangkan Nani Wijaya sendiri bersedia menikah lagi juga untuk mencari teman hidup dan mengobrol bersama. 

5. Tiga tahun menikah, kembali dipisahkan oleh maut

Dok. Internet

Setelah menikah, Ajip sempat dilarikan ke rumah sakit, tepatnya pada September 2017 karena serangan jantung. Nani Wijaya setia mendampingi suaminya itu. Masa-masa bahagia mereka sayangnya hanya berlangsung selama 3 tahun. Pada 2020, Ajip Rosidi meninggal dunia meninggalkan Nani sendiri lagi. Ajip meninggal dunia pada 29 Juli 2020 setelah menjalani operasi. 

6. Berkumpul bersama kekasih hati, Nani Wijaya dikabarkan meninggal dunia

instagram.com/cahyakamila88

Selang tiga tahun berpulangnya Ajip, Nani pun menyusul pada hari ini, Kamis (16/3/2023). Nani menghembuskan napas terakhirnya pagi tadi setelah menjalani perawatan di rumah sakit karena kondisinya yang semakin lemah karena usia. 

Itulah kisah cinta Nani Wijaya yang kini telah berpulang ke pangkuan Sang Pencipta. Selamat jalan Nani Wijaya, karyamu akan selalu dikenang!

IDN Media Channels

Latest from Married