Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lika-Liku Asmara Yama Carlos dan Istri, Sempat Rujuk Kini Cerai Lagi

Beda agama, isu orang ketiga, sampai hak asuh anak

Natasha Cecilia Anandita

Aktor Yama Carlos hingga kini masih ramai diberitakan terkait kehidupan rumah tangganya. Ia mengaku sudah tiga bulan tidak bertemu sang anak dan hanya bisa menciumi bajunya saja. Geram, ia pun melaporkan sang istri, Arfita Dwi Putri, ke polisi. 

Yama Carlos dan istri kini benar-benar dalam proses cerai setelah sebelumnya rujuk kembali. Kehidupan asmara keduanya memang penuh drama. Berikut lika-liku asmara Yama Carlos dan sang istri.

1. Berawal dikenalkan oleh teman

instagram.com/arfitadwip

Saat bertemu dengan Arfita, Yama Carlos adalah seorang duda. Ia pernah menikah dengan  Masayu Widya Paramita pada 2012 lalu dan akhirnya bercerai di tahun 2014. Lama sendiri, Yama dikenalkan temannya kepada seorang pramugari bernama Arfita Dwi Putri. Kepribadiannya yang suka ikut kegiatan sosial menjadikan Yama semakin jatuh hati pada Arfita. 

2. Menikah beda agama dan terpaut usia jauh

instagram.com/arfitadwip

Pada 2016, keduanya mantap menikah. Pernikahan mereka diketahui digelar secara tertutup karena perbedaan agama di antara keduanya. Tak hanya itu, Yama dan Arfita juga memiliki perbedaan usia yang jauh, yaitu 12 tahun. 

3. Berkali-kali dilanda isu cerai, tapi kembali rujuk

instagram.com/arfitadwip

Tak selalu berjalan mulus, kehidupan rumah tangga mereka sempat dilanda isu cerai. Bahkan, sebanyak empat kali ucapan gugatan cerai dilontarkan. Pertama terjadi pada 2017, di mana usia pernikahan mereka juga masih seumur jagung.

Hal ini karena Arfita dan Yama sering cekcok dengan mertua. Mereka sempat pisah rumah selama empat bulan, tapi kembali rujuk dengan beberapa persyaratan.

Kemudian, gugatan cerai kembali terlontar pada 2019. Yama menggugat cerai istrinya karena dugaan selingkuh dengan seorang laki-laki yang berprofesi sebagai pengacara. Tapi, akhirnya Yama memilih memaafkan dan kembali bersama dengan Arfita. 

4. Kini kembali cerai karena perbedaan agama

instagram.com/arfitadwip

Awal 2023 kemarin, tepatnya di bulan Februari, Yama Carlos digugat cerai sang istri. Namun, sepertinya kali ini mereka sulit untuk rujuk karena berselisih. Proses perceraian keduanya masih berlangsung di Pengadilan Negeri Tangerang.

Arfita mengaku menyesal menikah beda agama dengan sang suami. Dalam sebuah unggahan di akun Yama Carlos, Arfita menulis di kolom komentar bahwa ia mengakui pernikahannya selama ini salah, ingin kembali ke jalan Tuhan dan meminta Yama Carlos menghargai keputusannya bercerai.

"Padahal saya ini cuma mau berpisah, dan dari awal sudah minta baik-baik... tapi kok malah merembet ke mana-mana, sih, Pak? Saya hanya mau kembali ke Tuhan saya, yaitu Allah SWT, pernikahan beda agama kita ini salah, tolong dihargai keputusan saya," tulis Arfita.

5. Adanya isu orang ketiga

instagram.com/arfitadwip

Berbeda dari sang istri, menurut aktor berusia 42 tahun itu, sang istri diduga menceraikannya karena adanya sosok ketiga. Hal itu juga yang membuat rumah tangganya hancur. Yama Carlos bahkan menduga sang istri memakai kedok agama guna menutupi perselingkuhan tersebut.

"Dia bawa Marco untuk menceraikan saya, plus ada tandemnya, yang men-support dia selama ini," kata Yama Carlos saat ditemui di Polda Metro Jaya, Selasa (2/5/2023).

"Mereka berdua bersembunyi, menyembunyikan itu semua dengan hal-hal yang berbau dengan keyakinan, mau menunjukkan ke orang-orang mereka orang yang taat, supaya tindakan yang mereka lakukan semuanya halal," tambahnya.

Yama meminta istrinya itu agar tidak munafik menutupi alasan perceraian yang sebenarnya dengan membawa-bawa soal agama.

"Maksudnya gini, jangan membungkus kebusukan dengan hal-hal yang berbau dengan keyakinan, sudah lo busuk, busuk saja. Tapi jangan membungkus kebusukan ini dengan sosok orang yang taat," ujar Yama Carlos.

6. Sempat berebut anak

instagram.com/arfitadwip

Dari pernikahan mereka, Yama dan Arfita dikaruniai satu orang anak bernama Marco. Pada 2019, Yama sempat dua kali membawa kabur anaknya dari Arfita. Hal ini ia lakukan karena ia telah dua kali diberikan peringatan dari istri laki-laki berinisial R yang menghubunginya, yang diduga merupakan selingkuhan Arfita.

Yama sudah ingin menceraikan istrinya, tapi ia kembali mengurungkan niat karena memikirkan sang anak. Ia membawa kabur Marco dari rumah sebagai pelajaran kepada istrinya karena telah melakukan perselingkuhan.

"(Karena) Marco, udah itu jawabannya cuma satu. Dan dua kali saya bawa Marco karena tindakannya dia sendiri yang tidak pantas dalam rumah tangga," katanya.

"Tindakan dia sendiri yang sangat tidak pantas di dalam rumah tangga, makanya saya kasih pelajaran. Marco saya bawa, supaya dia ampun, dan janji nggak ngulangin perbuatan yang sama," ucap Yama.

Namun kini, keadaan berbalik di mana sang istri membawa kabur Marco serta menggugat cerai Yama Carlos. Ia mengaku sudah tiga bulan tak bertemu dengan sang anak sejak gugatan cerai itu. Ia hanya bisa membawa baju sang anak dan menciuminya. Yama mengatakan ia hanya diberikan video call sekali saat ulang tahun Marco. 

"Dari 21 Februari, berarti tiga bulan. Video call pernah, tapi juga baru dikasih akses itu saat Marco ulang tahun, 23 April. Itu pun harus saya minta. Bukti chat-nya ada. Setelah itu akses ditutup lagi," jelas Yama. 

Yama Carlos akhirnya melaporkan sang istri, Arfita Dwi Putri ke Mapolda Metro Jaya, Jakarta, pada Selasa (2/5/2023). Ia marah karena dipisahkan padahal perkara hak asuh anak juga belum diresmikan. 

Itulah lika-liku asmara Yama Carlos dan istri yang berulang kali ingin cerai, rujuk, hingga kini menjalani proses cerai dan berselisih. 

IDN Media Channels

Latest from Married