Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Fakta Pernikahan Crazy Rich Surabaya Ryan Harris dan Gwen Ashley

Dekorasinya saja capai Rp75 miliar

Natasha Cecilia Anandita

Lagi-lagi pernikahan Crazy Rich Surabaya menyorot perhatian publik. Kali ini ada pasangan, Ryan Harris dan Gwen Ashley, yang merupakan dua anak konglomerat. Pernikahan yang disebut royal wedding itu berlangsung pada Sabtu (18/11/2023). 

Media sosial pun ramai dengan berita pernikahan mereka, mulai dari spill harga dekorasi yang mencapai miliaran rupiah, menghadirkan artis dalam dan luar negeri, sampai suvenirnya yang mewah. Berikut 8 fakta pernikahan pasangan Crazy Rich Surabaya, Ryan Harris dan Gwen Ashley. 

1. Berawal dari pertemuan di SCBD

instagram.com/gwen_ashley

Dalam unggahannya di Instagram, Gwen menceritakan awal perkenalan sampai akhirnya jatuh cinta dengan Ryan. Dua tahun lalu, keduanya pertama kali bertemu di sebuah restoran di daerah SCBD, Sudirman, Jakarta, tepatnya di Mr. Fox. 

Gwen baru jatuh cinta dengan Ryan setelah bertemu lagi di Cork n Screw. Mereka pun pacaran hingga Ryan melamar Gwen pada 28 Desember 2022 lalu. Beberapa bulan setelahnya, Gwen dan Ryan melangsungkan pertunangan alias Sangjit pada 12 Oktober 2023 kemarin. 

2. Menikah usai 2 tahun pacaran

instagram.com/gwen_ashley

Gwen dan Ryan akhirnya resmi menjadi sepasang suami istri pada Sabtu (18/11/2023) kemarin. Pernikahan mereka digelar di Surabaya, Jawa Timur dengan dihadiri 2000 tamu undangan. Saat menikah, ternyata Gwen baru berusia 19 tahun, lho, Bela. Ia lahir pada 1 Oktober 2004.  

3. Persatuan dua keluarga konglomerat

instagram.com/gwen_ashley

Pernikahan mereka sekaligus menjadi persatuan dua keluarga konglomerat Indonesia. Ryan diketahui adalah seorang pengusaha asal Jawa Timur, yang memiliki beberapa bidang usaha, salah satunya adalah PT. Unichem Candi Indonesia.

Pada tahun 2015, Ryan diketahui membangun sebuah pabrik pengolahan garam di daerah JIIPE Manyar, Gresik, Jawa Timur. Salah satu produk garam lokal keluarannya adalah Refina. Ryan juga merupakan putra tunggal dari bos Air Asia Indonesia.

Gwen sendiri diketahui bekerja sebagai desainer di Nancy Warren Couture yang berbasis di Surabaya. Nancy Warren Couture merupakan perusahaan fashion milik ibu Gwen, Warren Tjandra, yang juga dikenal sebagai desainer gaun high end. Sementara ayah Gwen yang bernama Markus Widodo, merupakan seorang pengusaha di bidang real estate, yakni PT Griyo Mapan Santosa.

4. Menikah di hotel mewah bintang 5

instagram.com/majestichocuspocus

Royal wedding itu digelar mewah di ballroom hotel bintang 5 populer di Surabaya. Bertempat di Grand Ballroom The Westin, tempat tersebut dikenal sebagai hotel bintang 5 yang ada di Pakuwon, Surabaya.

The Westin Surabaya merupakan hotel dengan ballroom terbesar di Jawa Timur dan restoran pemenang penghargaan terbaik di Surabaya. Menurut warga setempat yang membagikan laporannya di media sosial, terlihat sekitar ratusan bahkan mungkin ribuan karangan bunga berjajar di sepanjang jalan sekitar hotel.

5. Raup biaya Rp75 miliar, ada mobil mewah dalam dekorasinya

instagram.com/majestichocuspocus

Dipenuhi nuasa merah, pink, dan ungu, beserta bunga-bunga asli, diperkirakan dekorasi pernikahan pasangan ini mencapai Rp75 miliar. Setiap sisi ballroom dipadati bunga asli yang wangi segar.

Belum lagi chandelier-chandelier cantik yang megah mempercantik dekorasi. Dikenal suka mobil mewah, di dalam ballroom itu pun terpajang mobil Ferrari yang dihias dengan kelopak mawar merah yang memenuhi seluruh sisi mobil.

6. Undang bintang internasional untuk isi acara

instagram.com/majestichocuspocus, raffinagita1717

Pernikahan tak lengkap tanpa kehadiran entertainer, kan? Kedua pengantin tak tanggung-tanggung dalam menggelar pestanya, karena mereka menghadirkan langsung sederet penyanyi Hollywood, mulai dari Nicole Scherzinger yang membawakan lagunya "Never Enough", Brian Mc Fadden eks Westlife yang melantunkan "Beautiful in White", dan Keith Duffy. Brian sampai mengajak sang pengantin untuk menyanyi bersama dalam serangkaian lagu yang ia bawakan. 

7. Dipandu Raffi Ahmad dan Melaney Ricardo, Lyodra juga turut tampil

instagram.com/gwen_ashley

Selain artis luar negeri, artis Tanah Air juga turut mengambil bagian. Resepsi tersebut dipandu oleh MC populer, Raffi Ahmad dan Melaney Ricardo. Sementara itu, Raisa, Lyodra, dan Via Vallen turut meramaikan acara dengan melantunkan lagu-lagu mereka. Para undangan turut bernyanyi bersama saat Via Vallen menyanyikan lagunya yang populer, "Sayang". 

8. Tamu dilarang bawa amplop sampai suvenirnya mewah banget

tiktok.com/widyawonok

Hal menarik lain dari pernikahan Gwen dan Ryan adalah undangan dan suvenirnya. Undangan mereka didesain sangat istimewa menggunakan sebuah kotak besar yang diisi beberapa lembar undangan dan beberapa barang lain.

Hal yang membuat makin tercengang adalah para tamu diinformasikan untuk tidak memberikan amplop sebagai hadiah pernikahan. Bahkan, pasangan ini menanggung perjalanan pesawat dan penginapan untuk semua tamu yang berasal dari luar kota. 

Suvenir akan berbeda untuk setiap tamu. Dari konten yang beredar di media sosial, ada sebuah suvenir yang diekspos, yaitu sebuah piring dari rumah mode Hermes yang harganya sekitar Rp3-4 juta. Mereka yang hadir juga diberikan gelang menyala seperti di konser Coldplay yang membuat resepsi semakin meriah. 

Itu dia fakta di balik pernikahan Crazy Rich Surabaya, Gwen Ashley dan Ryan Harris. Siapa yang terpesona?

IDN Media Channels

Latest from Married