Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Artis yang Menggelar Prosesi Langkahan dalam Pernikahan Adat Jawa

Ada yang berikan batik hingga tas untuk sang kakak

Natasha Cecilia Anandita

Pernikahan dengan prosesi adat masih banyak digelar di kalangan masyarakat Indonesia. Tak hanya orang biasa, para artis pun tak sedikit yang menggelar pernikahan dengan prosesi adat. 

Contohnya adalah prosesi pernikahan adat Jawa yang umum. Ada serangkaian upacara termasuk langkahan di dalamnya. Prosesi langkahan nikah sendiri adalah upacara yang dilakukan apabila seorang adik yang akan menikah terlebih dahulu, mendahului kakaknya.

Pada zaman dahulu, prosesi ini dilakukan dengan memberi sesuatu yang diminta oleh sang kakak untuk mendapat izin melangkahi pernikahan. Nah, berikut ada beberapa artis yang menggelar prosesi langkahan, baik karena ia dilangkahi sang adik maupun melangkahi sang kakak. 

1. Ayushita

Instagram.com/ayushita

Aktris sekaligus penyanyi, Ayushita, melangsungkan prosesi langkahan adat Jawa beberapa hari lalu. Prosesi tersebut sebagai permohonan doa restu dan meminta izin dari sang adik bungsu, Wiranatanegara Nugraha, yang akan segera menikah mendahuluinya. 

Momen prosesi tersebut dibagikan Ayu pada Senin (20/11/2023) kemarin. Dalam fotonya, terlihat Ayu dan Wira yang melangkah bergandengan, berpelukan, hingga Wira yang bersujud meminta restu. Penuh kebahagiaan, Ayu pun memberikan restu dan doanya yang juga ia tuangkan dalam caption Instagram. 

2. Adinia Wirasti

Instagram.com/adiniawrst

Sebelum sah menjadi istri Michael Wahr, Adinia Wirasti juga melangsungkan prosesi langkahan karena mendahului sang kakak, Wisnu Hardana. Momen mereka begitu disorot saat itu karena Adinia dan sang kakak jarang mengunggah momen bersama. Prosesi itu pun berjalan penuh haru dan hangat, walau baru diberitakan ke publik usai Adinia diberitakan resmi menikah. 

3. Lesti Kejora

Dok. Internet

Punya satu kakak, Beni Mulyana Sopian, Lesti Kejora juga menggelar prosesi langkahan saat hendak menikah dengan Rizky Billar pada 19 Agustus 2021 lalu. Penuh air mata, prosesi langkahan Lesti ditayangkan juga secara live streaming di YouTube. 

4. Erina Gudono

Dok. Internet

Jadi anak pertama yang menikah, Erina Gudono juga melangkahi dua kakaknya. Erina diketahui merupakan anak ketiga dari dua bersaudara. Ia memiliki satu kakak laki-laki dan satu kakak perempuan. Sebagai pelangkah, Erina memberikan kain batik dan bawahan batik untuk kedua kakaknya. 

5. Chacha Frederica

Dok. Internet

Pada 2015 lalu, artis Chaca Frederica menjalankan tradisi langkahan karena akan menikah mendahului kakak keduanya, Rezky Reverino. Acara langkahan tersebut berlangsung di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat. Ia meminta doa dari sang kakak supaya rumah tangganya membawa berkah bagi banyak orang.

6. Revalina S Temat

Dok. Internet

Sebelum menggelar pernikahan di Bali pada 2015 lalu, Revalina S Temat juga melakukan prosesi langkahan. Ia melangkahi kakak tertuanya, Rangga, untuk menikah. Tak macam-macam, Rangga hanya meminta diberikan sebuah tas untuk naik gunung sebagai pelangkah dari Reva.

Itu dia deretan artis yang menggelar prosesi langkahan karena mendahului kakaknya untuk menikah. 

IDN Media Channels

Latest from Married