Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

16 Tahun Menikah, 6 Fakta Perceraian Aktor Ari Wibowo dan Inge Anugrah

Proses cerai, keduanya akui masih serumah dan seranjang

Natasha Cecilia Anandita

Kabar perpisahan kembali datang dari dunia hiburan Indonesia. Aktor yang populer tahun 90-an, Ari Wibowo, dikabarkan menggugat cerai istrinya setelah 16 tahun bersama. Gugatan itu ternyata diajukan sejak 3 April 2023 dan sudah mengikuti persidangan yang digelar pada Senin (17/4/2023) kemarin di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Beberapa rumor pun beredar di kalangan netizen. Hingga akhirnya pihak Ari Wibowo dan Inge Anugrah memberikan penjelasan mereka untuk menghentikan rumor yang tak masuk akal. Berikut beberapa fakta perceraian dari Ari Wibowo dan Inge Anugrah. 

1. Sedang dalam proses cerai, Ari dan Inge masih seranjang

instagram.com/ariwibowo_official

Dalam unggahan video di Instagram, Ari dan Inge memberikan penjelasan tentang perceraian mereka. Terlihat begitu kuat, keduanya mengatakan bahwa unggahan mereka dan kabar perpisahan itu tak ingin dijadikan lahan gosip. 

Mereka juga menjelaskan sudah santai dan baik-baik saja. Dalam proses cerai ini, mereka juga ternyata masih serumah bahkan seranjang. Alasan perpisahan keduanya juga sangat pribadi dan bukan untuk konsumsi publik. 

“Kami pun saat ini masih serumah, bahkan seranjang, tapi tekad kami sama-sama sudah bulat untuk berpisah. Apa pun alasannya, sifatnya pribadi, dan bukan untuk menjadi konsumsi publik,” tulis Ari di Instagram-nya. 

2. Sudah tidak ada keharmonisan

instagram.com/ariwibowo_official

Dalam video tersebut, keduanya juga mengatakan salah satu alasan mereka untuk berpisah adalah sudah tidak ada lagi keharmonisan antara satu sama lain. Rasa sayang di antara keduanya juga sudah tidak ada lagi. 

Mereka masih menyayangi anak-anaknya. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk berpisah daripada harus berpura-pura menjadi suami-istri yang baik di depan anak mereka. 

“Kalau terlihat seakan kami kuat dan santai, itu semata-mata karena kami sudah melampaui masa-masa kaget dan kecewanya, juga demi anak-anak kami harus tetap kuat, dan agar proses perceraian ini bisa berlangsung dengan baik dan tenang, ngga harus dipenuhi rasa emosi maupun amarah dan saling menjatuhkan. 

This is for real, bukan drakor. 

Kami sudah dewasa, dan kami tetap sama-sama sayang anak, tapi di antara kami rasa sayangnya sudah tidak ada lagi. Dan kalau kami lanjutkan, justru yang kasian adalah anak-anak, karena keharmonisan juga sudah tidak terjalin, dan kami tidak bisa menjadi contoh suami-istri yg baik dan saling mencintai. Semoga keterangan singkat ini cukup menjelaskan situasi kami. Tetap doakan terus ya... GBU.”

3. Ada perjanjian pranikah, Inge tak punya aset

instagram.com/ariwibowo_official

Sebelum menikah pada 2006 lalu, Ari dan Inge membuat perjanjian pranikah terlebih dahulu. Hal ini menjadi sorotan karena terlihat malah memberatkan Inge. Kabarnya, tidak ada harta gono-gini dalam pernikahan mereka dan seluruh harta yang ada tercantum atas nama Ari Wibowo.

"Sebelum mereka menikah pada 2006 sudah membuat pranikah, jadi praktis memang mereka punya harta tapi semua atas nama Ari, Inge tidak punya apa-apa, nol, termasuk uang bulanan," ungkap pengacara Inge, Petrus Bala Pattyona, saat ditemui media usai persidangan.

Dari berita yang beredar, Ari Wibowo juga membeli dua unit apartemen yang tertulis atas namanya. Hal itu yang tampaknya akan diperjuangkan oleh Inge karena selama menikah, dia selalu patuh pada sang suami untuk mengurus rumah tangga.

Petrus menilai Ari tidak adil dalam hal pembagian harta dalam perjanjian pranikah. Menurutnya, Inge layak mendapatkan bagian dari harta tersebut karena sudah rela hidup tanpa penghasilan dan hanya berfokus mengurus anak dan rumah tangga saja. 

4. Selama menikah, Ari hanya beri kartu kredit untuk Inge

instagram.com/ariwibowo_official

Mengutip dari pernyataan kuasa hukum Inge, selama pernikahan, Ari tidak memberi uang tunai untuk istrinya itu. Inge hanya diberikan kartu kredit dengan limit tertentu untuk keperluan dapur.

"Hanya untuk belanja dapur dikasih kartu kredit dengan limit tertentu. Tetapi, selama hidup bersama, dia nggak pernah pegang uang," kata Petrus di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (17/4/2023).

5. Rumah tangga mulai renggang sejak 2018

instagram.com/ariwibowo_official

Kerenggangan rumah tangga Ari Wibowo dan Inge Anugrah diketahui sudah mulai retak sejak 2018. Mereka sudah mulai cekcok kala itu, Inge pun ingin berpisah. Tapi, Ari masih banyak job saat itu dan tak ingin menjadi sorotan publik dengan mengajukan gugatan cerai. Ari juga masih ingin mempertahankan rumah tangganya.

Keduanya pun menunda untuk bercerai, sampai gugatan cerai pun akhirnya dilayangkan pada 3 April 2023 lalu. Sidang pertama mereka dilaksanakan pada Senin (17/4/2023). Dalam sidang itu, Ari tampak tidak hadir dan diwakili oleh kuasa hukumnya. Sementara Inge hadir bersama pengacara dan kedua orangtuanya. 

6. Akan perjuangkan hak asuh anak

instagram.com/ariwibowo_official

Menikah pada 7 Juli 2006 silam, rumah tangga mereka jauh dari isu miring dan keretakan. Kebersamaan itu berlangsung selama 16 tahun. Dari pernikahan itu, Ari dan Inge dikaruniai dua orang anak, Kenzo (15) dan Marko (13). 

Walau berpisah secara baik-baik, pihak Inge ternyata masih keberatan soal hak asuh anak. Ari ingin mendapatkan hak asuh kedua anaknya dengan ditetapkan sebagai wali. Ia ingin Inge diberi hak untuk mengunjungi tapi harus izin dan persetujuan dari Ari. Pihak Inge Anugrah keberatan karena kedua anaknya masih berusia di bawah umur dan seharusnya masih di bawah asuhan Inge.

"Nah, ini kami yang keberatan karena menurut UUD anak-anak di bawah umur itu kan sebelum mencapai 18 tahun kalau terjadi perceraian maka anak-anak harus ikut ibunya ditetapkan sebagai wali," ujar pengacara Inge Anugrah.

Itulah 6 fakta perceraian aktor Ari Wibowo dan Inge Anugrah setelah 16 tahun menikah. 

IDN Media Channels

Latest from Married