Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

50 Kata-Kata Keluarga Bahagia Islami yang Bijak dan Bermakna

Menyentuh hati

Nafi' Khoiriyah

Menjelang hari lebaran, kata-kata keluarga bahagia Islami perlu kamu baca. Kata-kata ini bisa disampaikan saat momen hari raya ataupun saat menjelang hari raya. Isinya adalah nasihat dan kalimat inspiratif. 

Meski hanya sebuah kalimat, tetapi kata-kata ini akan berkesan dan menyentuh untuk siapa saja yang mendengarnya. Langsung saja baca dan resapi kalimat di bawah ini untuk tahu apa makna di baliknya, ya!

1. Kata-kata keluarga bahagia Islami yang inspiratif

Pexels.com/Monstera

Kumpulan kata-kata yang pertama ini bisa kamu sampaikan kepada suami dan anak-anak agar mereka terinspirasi dengannya. 

  1. "Keluarga adalah harta yang tidak perlu kamu cari, sebab keluarga akan selalu ada untukmu. Itulah mengapa kamu perlu melindungi dan menyayangi keluargamu!"
  2. "Jika kita ikhlas saat berupaya untuk kebahagiaan kehidupan keluarga, maka Allah SWT akan memudahkan dan menunjukkan jalan."
  3. "Keluarga adalah kompas yang membimbing kita. Mereka adalah inspirasi untuk mencapai tempat yang luar biasa dan pemberi kenyamanan saat kita sesekali goyah."
  4. "Kehidupan keluarga yang Islami adalah terbentuknya keluarga yang memperoleh ridha dan rahmat dari Allah, bahagia dan sejahtera, baik di dunia maupun di akhirat."
  5. "Saat beban terlalu berat, janganlah kamu putus asa. Sebab, Allah SWT memberikan kita keluarga agar berusaha demi mereka."
  6. "Lima hal yang harus didahulukan: Pencipta sebelum penciptaan, sunnah sebelum tradisi, orang tua sebelum teman, keluarga sebelum bekerja, dan doa sebelum shalat."
  7.  "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."
  8.  "Ketika suami istri saling memandang satu sama lain dengan penuh cinta dan kasih sayang, maka Allah SWT memandang keduanya dengan tatapan kasih sayang."
  9.  "Tak peduli ke mana kita mengembara, mereka selalu menarik kita untuk dekat dengan orang yang kita cintai dan menarik hati kita kembali ke rumah."
  10. "Sebagian dari kesempurnaan kebahagiaan di dunia adalah memiliki keluarga yang bahagia."

2. Kata-kata keluarga bahagia Islami yang bermakna

Freepik.com

Kata-kata keluarga bahagia Islami selanjutnya akan memberimu dan keluarga makna akan keluarga yang lebih dari yang selama ini dipikirkan. 

  1. "Kalau kamu mencintai karena Allah SWT, maka cintamu tak akan pernah mati."
  2. "Keluarga adalah tempat terbaik bagi kita untuk belajar tentang sebuah pengorbanan."
  3. "Cintailah keluargamu dengan sepenuh hati, sebab mereka adalah kesatuan jiwa yang penuh cinta, saling percaya, dan pengertian."
  4. "Ya Allah, terima kasih Engkau telah memberi kami rezeki yang luas, halal, dan baik serta tidak memberatkan bagi keluarga kami."
  5. "Cinta keluarga adalah kasih sayang, kepercayaan, dan pemahaman yang tumbuh dari dalam hati."
  6. "Kehangatan dalam sebuah keluarga tidak diukur dari seberapa luas rumahnya, tetapi luasnya kebahagiaan orang-orang yang menempatinya."
  7.  "Cintai keluarga, karena keluarga adalah kesatuan jiwa yang penuh dengan rasa saling menyayangi, saling mempercayai dan saling memahami."
  8.  "Tidak ada kekayaan atau kesuksesan yang bisa menggantikan waktu yang dihabiskan bersama keluargamu."
  9.  "Ucapkan Alhamdulillah saat kamu bisa duduk bersama dengan keluarga. Karena ada seseorang di suatu tempat yang ingin sekali berkumpul bersama keluarganya."
  10.  "Cinta sebuah keluarga adalah nikmat terbesar dalam hidup."

3. Kata-kata keluarga bahagia Islami yang menyentuh

freepik.com/Yan Krukau

Jika sedang berdua bersama suami, kata-kata di bawah akan membuat kalian lebih bersyukur atas keluarga yang selama ini kamu miliki. 

  1. "Banyak orang yang sibuk mengejar harta hingga melupakan keluarga. Padahal tanpa kita sadari, keluarga adalah harta yang tak ternilai harganya."
  2. "Kamu akan selalu mendapatkan cinta di tengah keluarga, yaitu cinta tanpa syarat dan cinta yang menerima kamu apa adanya."
  3. "Keluarga adalah tempat di mana kehidupan dimulai dan cinta yang tak berkesudahan."
  4. "Akan lebih baik hidup sederhana tapi bermakna, daripada hidup mewah tapi mengorbankan cinta keluarga."
  5. "Keluarga mungkin berdebat, tapi cinta selalu ada di akhir perjalanan."
  6. "Akhlak yang indah adalah warisan berharga untuk keluarga dan masyarakat."
  7. "Dalam upaya membahagiakan keluarga, ketulusan dan doa adalah kunci kesuksesannya."
  8. "Cinta dalam keluarga adalah tali yang mengikat hati kita satu sama lain."
  9. "Surga yang nyata saat ini dan yang bisa kita rasakan adalah rumah kita penuh dengan kehangatan dari keluarga kita."
  10. "Kamu tidak memilih keluargamu. Mereka adalah karunia Tuhan untukmu, seperti halnya kamu untuk mereka."

4. Kata-kata keluarga bahagia Islami yang penuh nasihat

Pexels.com/Hussein Altameemi

Nasihat juga bisa disampaikan lewat kata-kata keluarga bahagia Islami. Kamu bisa menyampaikannya untuk anak maupun suami sendiri. 

  1. "Jangan terlalu mementingkan orang yang baru kita cintai. Bahkan, sampai mengabaikan dan melupakan keluarga."
  2. "Janganlah takut mencoba hal yang baru, gapailah impianmu. Tapi ingatlah, tak peduli ke mana kamu pergi, keluarga adalah tempat kamu kembali."
  3. "Jangan pernah menyerah, apalagi jika yang kamu usahakan adalah untuk keluarga. Sebab akan selalu ada jalan selama itu diiringi dengan usaha dan doa."
  4.  "Jangan pernah menyerah dalam hidupmu, terutama untuk keluarga. Selama kamu berusaha dan berdoa, akan selalu ada jalan terbuka."
  5. "Keluarga yang berpegang teguh pada ajaran-Nya, akan selalu berada dalam naungan-Nya."
  6. "Orang yang takut pada Allah SWT dan orang yang paling saleh adalah teman yang sempurna bagi siapa pun yang sedang mencari pasangan hidup yang baik."
  7. "Setiap rumah tangga yang senantiasa berkomunikasi dengan Allah SWT dan sesama anggota keluarganya, maka keharmonisan akan senantiasa terjaga."
  8.  "Setiap orang tua harus menjadi teman yang baik dan mengajarkan ilmu keagamaan pada anak-anaknya."
  9.  "Sedekah itu kaya akan kebaikan dan pahala untuk diri sendiri dan keluarga."
  10.  "Komunikasi di dalam suatu keluarga akan senantiasa terpelihara selama komunikasi dengan Tuhan juga tetap terjaga."

5. Kata-kata keluarga bahagia Islami yang berkesan

Pexels.com/William Fortunato

Terakhir, kalimat yang berikut ini bukan hanya kalimat yang islami saja, tapi juga memberikan makna mendalam. 

  1. "Keluarga itu seperti sebuah cabang pohon, kita semua tumbuh ke arah yang berbeda, tetapi akar kita tetap satu."
  2. "Allah SWT mencintai orang-orang yang selalu berjuang memperbaiki diri, baik untuk keluarga maupun masyarakat."
  3.  "Keluarga sakinah bukan keluarga yang tanpa masalah, tapi mereka terampil mengelola konflik menjadi buah yang penuh hikmah."
  4.  "Perasaan tentram dalam keluarga bisa dibangun melalui hubungan yang positif baik dari rohani, pikiran, maupun jasmani."
  5. "Kebersamaan dalam keluarga menjadi sempurna saat senyuman setiap orang di dalamnya penuh dengan keikhlasan dan kasih sayang."
  6.  "Bersyukurlah pada Allah SWT jika memiliki keluarga yang senantiasa harmonis dan utuh. Hal tersebut adalah berkah dan nikmat terbesar yang Allah SWT berikan padamu."
  7. "Tidak ada keluarga yang sempurna. Terkadang kami berdebat, berkelahi, bahkan satu waktu berhenti berbicara satu sama lain. Namun pada akhirnya, keluarga tetaplah keluarga, dimana cinta akan selalu ada."
  8. "Warisan termahal dan terbaik dari diri kita untuk keluarga, keturunan, dan masyarakat adalah keindahan akhlak kita."
  9. "Keluarga adalah amanat dari Tuhan. Hendaknya segala yang kamu lakukan adalah untuk kedamaian dan kebahagiaan keluarga."
  10. "Zaman memang sudah berubah, tapi manusia tetap sama. Kita tetap butuh cinta, kebahagiaan, dan kehangatan sebuah keluarga."

Kata-kata keluarga bahagia Islami di atas semoga bisa menginspirasimu untuk menjadi lebih menghargai keluarga. Ternyata, keluarga memang menjadi tempat kembali yang paling nyaman dan aman. 

IDN Media Channels

Latest from Married