Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Makanan dan Minuman Penyegar Mulut Sebelum Berciuman 

Bye bye, bau mulut!

Gita Laras

Ada banyak hal yang bisa membuat napas bau seperti melewatkan sarapan, diet, merokok, dan obat-obatan tertentu. Tentunya kamu tidak ingin merusak adegan berciuman dengan napas yang tidak sedap. Oleh sebab itu, berikut ada 9 makanan dan minuman penyegar mulut sebelum berciuman yang juga bagus untuk kesehatan.

1. Air mineral

Shutterstock/sebra

Kamu membutuhkan hidrasi yang cukup agar napas tidak bau. Ini karena air melembapkan mulut dan tenggorokan. Ia juga membersihkan bakteri dan partikel makanan berbau tidak sedap yang menempel di mulut.

2. Permen karet

freepik.com/nakaridore

Ada alasan mengapa permen karet populer dikonsumsi sebelum berciuman. Makanan ini merangsang produksi air liur yang menjadi musuh bakteri. Permen karet juga tersedia dengan berbagai rasa yang menyegarkan dan membuat napas menjadi wangi.

Manfaat lainnya, permen karet bisa menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di gigi dan mencegah gigi berlubang.

3. Makanan kaya vitamin C

Healthmagazine.com

Vitamin C dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Kamu bisa mengonsumsi jeruk atau jambu biji sebelum berciuman. Makanan yang mengandung vitamin ini juga mampu menetralkan aroma dari makanan berbau menyengat seperti bawang.

4. Apel

freepik.com/ stockking

Apel membantu menghilangkan plak dari gigi dan menghasilkan air liur lebih banyak. Air liur sendiri kaya akan oksigen sehingga aktif melawan bakteri penyebab bau mulut.

5. Greek yoghurt

Shutterstock/Life morning

Makanan ini membantu menurunkan kadar hidrogen sulfida di mulut kamu. Greek yoghurt mengandung bakteri baik yang membunuh kuman dan memperbaiki enamel gigi.

6. Kayu manis

Healthline.com

Aromanya yang kuat membuat napas kamu lebih segar. Terdapat minyak esensial dalam kayu manis sehingga mencegah bakteri menetap di mulut. Jika kamu tidak bisa mengunyah batang kayu manis secara langsung, konsumsi makanan pencuci mulut yang mengandung bahan baku ini untuk menyegarkan mulut.

7. Teh hijau

Pexels.com/Leah Kelley

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut katekin. Senyawa ini mampu menghalau bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, kandungan flavonoid pada teh hijau juga membantu mencegah kuman menempel di gigi.

8. Parsley

freepik.com/azerbaijan_stockers

Parsley diketahui dapat mempermanis saliva sehingga mulut menghasilkan bau yang lebih lembut. Sifat antiinflamasi pada parsley juga membantu menetralkan racun dan polutan.

9. Sayuran ‘renyah’

freepik.com/stockking

Sayuran ‘renyah’ seperti wortel dan seledri dapat membantu menghilangkan penumpukan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain sehat dan bergizi, sayuran ini juga dapat meningkatkan produksi air liur yang melawan kuman di mulut.

Nah, itu dia 9 makanan dan minuman penyegar mulut yang membantu menghilangkan napas tidak sedap. Bisa kamu konsumsi sebelum berciuman, nih!

IDN Media Channels

Latest from Married